Topik Terkait: Evaluasi Diri Yang Sering Dilalaikan (halaman 2)

  • Penyakit Ain, Dosa yang Sering Disepelekan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 08:07 WIB
    Dalam kitab Mukholafat Nisaiyyah. 100 Mukholafah Taqoufiha IKatsir mina n-Nisabi Adillatiha sy-Syariyyah, Syaikh Abdul Lathif bin Hajis Al-Ghomidi menjelaskan, penyakit Ain merupakan dosa yang sering diremehkan, terutama oleh kaum perempuan.
  • Kesempatan Muhasabah Diri di Waktu Akhir Ramadhan
    Muslimah
    Minggu, 09 Mei 2021 - 14:22 WIB
    Ada kekhawatiran yang sangat ketika Ramadhan yang akan usai, namun amal-amal yang telah dikerjakan ini teryata ditolak oleh Allah subhanahu wa taala. Bagaimana bila hal ini terjadi?
  • 3 Hal yang Diharamkan dari Rambut Tapi Sering Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Rabu, 06 September 2023 - 10:06 WIB
    Rambut sebagai salah satu bagian dari kepala wanita bisa memikul dosa yang cukup berat bagi pemiliknya. Ironisnya, beberapa hal tentang kepala tersebut, sekarang dianggap biasa oleh kaum Hawa itu sendiri.
  • Muhasabah Diri dan Dalil-dalilnya dalam Al-Quran
    Muslimah
    Jum'at, 31 Desember 2021 - 19:40 WIB
    Seorang muslim diperintahkan untuk selalu mawas diri untuk melaksanakan segala perintah Allah Subhanahu wa ta ala dan menjauhi larangan-Nya. Caranya dengan selalu melakukan muhasabah diri
  • Senang Shopping? Waspada Bahayanya Bagi Muslimah
    Muslimah
    Minggu, 19 Juli 2020 - 09:20 WIB
    Ada sebagian orang yang tergila-gila pada aktivitas shopping, sampai rela menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di mall, supermarket, swalayan atau bahkan pasar.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Berkeluh Kesah, Dosa yang Sering Disepelekan Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 06:51 WIB
    Berkeluh kesah merupakan sikap yang tidak terpuji dan akan mendapatkan kemurkaan dari Allah Subhanahu wa taala, serta kemudharatan akan ditimpakan kepada dirinya.
  • Berakhlak yang Baik Menjadi Pemberat Timbangan
    Muslimah
    Rabu, 02 Desember 2020 - 15:13 WIB
    Sesungguhnya disyariatkan bagi setiap muslim untuk berakhlak yang baik. Karena di antara tujuan diutusnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.
  • Dahsyatnya Doa Orang yang Didzalimi
    Muslimah
    Rabu, 17 Februari 2021 - 15:41 WIB
    Ini mengenai kejahatan dan dampak buruk dari sebuah fitnah. Bukan hanya merugikan orang lain yang kita fitnah saja, melainkan tentu bagi diri kita sendiri karena akan mendapat azab dari Allah.
  • 3 Macam Rasa Malu yang Perlu Melekat Pada Diri
    Muslimah
    Sabtu, 03 April 2021 - 16:04 WIB
    Rasa malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah. Ia adalah pagar yang melindungi tatatnan nilai dan moral.
  • Meruqyah Diri Sendiri dan Tata Caranya
    Muslimah
    Senin, 15 Februari 2021 - 08:48 WIB
    Ruqyah seharusnya menjadi pilihan pertama pengobatan tatkala seorang muslim tertimpa penyakit. Sebagai sarana penyembuhan, ruqyah tidak boleh diremehkan keberadaannya.
  • Umur, Anugerah yang Sering Disia-siakan
    Muslimah
    Senin, 05 April 2021 - 18:45 WIB
    waktu adalah sesuatu yang terpenting untuk diperhatikan. Jika ia berlalu tak akan mungkin kembali. Setiap hari dari waktu kita berlalu, berarti ajal semakin dekat. Umur merupakan nikmat yang seseorang akan ditanya tentangnya.
  • Pelakor, Dosa Besar yang Sering Diremehkan Wanita
    Muslimah
    Rabu, 15 Juli 2020 - 10:10 WIB
    Tidak ada satupun manusia normal di bumi ini yang ingin kehidupan keluarganya hancur berantakan. Makanya, setiap orang yang sudah berkeluarga selalu berusaha untuk melindungi dan mempertahankan keluarganya supaya tidak hancur.
  • Wahai Muslimah, Yuk Katakan Tidak pada Ghibah!
    Muslimah
    Minggu, 21 Juni 2020 - 16:00 WIB
    Sangat disayangkan, bergosip atau ghibah pada hari ini sudah menjadi santapan di setiap forum dan menjadi kebiasaan terulang-ulang di kebanyakan pertemuan kaum wanita.
  • Hati-hati dengan Takhbib,  Ada Dosa Besar Menantinya
    Muslimah
    Jum'at, 17 Juli 2020 - 21:24 WIB
    Hancur dan rusaknya bahtera rumah tangga dan terjadinya perceraian sangat disukai oleh Iblis. Salah satunya terjadi karena perbuatan takhbib. Apa itu?
  • Ada Ghibah yang Diperbolehkan, Ini Syarat-syaratnya!
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:45 WIB
    Ghibah atau menggunjing adalah perbuatan yang tercela dan termasuk dosa besar. Namun ternyata, ada beberapa bentuk ghibah yang dibolehkan dalam syariat.
  • 4 Jenis Balasan Dunia dan Akhirat bagi yang Suka Meninggalkan Salat
    Hikmah
    Minggu, 12 November 2023 - 14:51 WIB
    Ibadah salat fardhu 5 waktu, merupakan perintah Allah Taala dan kewajiban untuk seluruh umat Islam. Apabila kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain dosa ada konsekuensi bagi pelakunya
  • Waspadai, 10 Amalan yang Sia-Sia
    Muslimah
    Selasa, 27 April 2021 - 18:24 WIB
    Dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, disadari atau tidak, manusia seringkali terjebak dalam amalan yang sia-sia (al-laghwu). Perbuatan yang kelak di hari kiamat tidak mendatangkan pahala.
  • Ternyata Ada 6 Bentuk Ghibah yang Diperbolehkan, Apa Saja Itu?
    Muslimah
    Selasa, 09 Februari 2021 - 12:17 WIB
    Ghibah atau menggunjing adalah perbuatan dan karakter yang tercela.Namun ternyata, ada beberapa bentuk ghibah yang dibolehkan dalam syariat. Apa saja bentuk ghibahnya?
  • Manfaat Menyembunyikan Amal dan Contoh Amalan yang Bisa Dirahasiakan
    Hikmah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 13:22 WIB
    Menyembunyikan amal kebaikan adalah salah satu cara untuk menghindari riya dan mendekatkan pada keikhlasan . Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa saat amal kebaikan disembunyikan, ada orang lain yang mengetahuinya.
  • Pesta Fitrah, Proses Penyucian dan Kemenangan Melawan Diri Sendiri
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 19:24 WIB
    Mereka yang tak kembali ke fitri hanya meraih hebatnya kegelapan yang diyakini kebajikan. Mereka deklarasikan kemaslahatan yang sebenarnya justru khancuran.