Topik Terkait: Forum Kerukunan Umat Beragama (halaman 34)

  • Pilih Dunia atau Akhirat?...
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Inilah 3 Amalan yang...
    Tausiyah
    Minggu, 13 Oktober 2019 - 05:30 WIB
    Berbicara tentang amal saleh, ada banyak amalan yang bisa mendatangkan ridha Allah Taala. Lantas, apa saja amalan yang paling dicintai Allah?
  • 8 Nasihat Imam Al-Ghazali...
    Tausiyah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Tidak hanya mengatur urusan ibadah seorang hamba dengan pencipta-Nya (ubudiyah) atau hablum-minallah, Islam juga mengatur urusan interaksi sosial (hamblum-minannas).
  • Kisah Pemuda yang Bikin...
    Hikmah
    Senin, 14 Oktober 2019 - 18:31 WIB
    Dalam Kitab Tanbihul Ghafilin (peringatan bagi orang yang lalai) karya Abu Laits As-Samarqandi diceritakan kisah seorang pemuda yang membuat kagum Nabi Sulaiman alaihis-salam (AS).
  • Kisah Umar bin Khattab,...
    Hikmah
    Selasa, 15 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Khalifah Islam kedua bernama lengkap Umar bin Khatthab bin Nufail bin Abdul Izzy bin Rabah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Kaab bin Luay Al-Quraisy Al-Adawy. Beliau terkadang dipanggil dengan Abu Hafash dan digelari Al-Faruq.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Biografi Utsman bin...
    Hikmah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 13:23 WIB
    Setelah Abu Bakar RA wafat, kekhalifahan Islam dipegang oleh sahabat Nabi bernama Utsman bin Affan. Beliau merupakan Khulafaur Rasyidin dengan masa kekuasaan terlama (644-656).
  • Nasihat Habib Ahmad...
    Tausiyah
    Rabu, 16 Oktober 2019 - 18:40 WIB
    Habib Ahmad mengulas satu perkara penting yang pernah dibahas oleh Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad dalam Kitab Nashoihud-Diniyah. Perkara apakah itu?
  • Keindahan Sosok Nabi...
    Tausiyah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:27 WIB
    Syeikh Ahmad Al-Mishry, Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta bercerita tentang kemuliaan dan keindahan sosok Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW).
  • Inilah Sifat Tawadhu...
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:13 WIB
    Tawadhu adalah sifat terpuji seorang mukmin dan kebalikan dari sifat sombong. Tawadhu merupakan sifat orang-orang saleh dan hanya sedikit yang memilikinya.
  • Biografi Ali bin Abi...
    Hikmah
    Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:57 WIB
    Ali bin Abi Thalib radhiallahu anhu (599-661) adalah Khalifah keempat (terakhir) dari Khulafa Ar-Rasyidun yang berkuasa sekitar 4-5 tahun.
  • Sahabat Bertanya Seperti...
    Hikmah
    Jum'at, 18 Oktober 2019 - 08:02 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di pikiran kita adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan keindahan. Seperti apakah gambaran surga itu?
  • Amalan-amalan Sunnah...
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: Barangsiapa yang menghidupkan sunnahku berarti ia telah mencintaiku. Barangsiapa yang mencintaiku maka kelak ia akan menemaniku di surga.
  • Ingin Masuk Surga? Lakukan...
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Oktober 2019 - 08:02 WIB
    Mendengar kata surga (Al-Jannah) tentu yang terbayang di pikiran kita adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan keindahan.
  • Yuk Amalkan, Doa Masuk...
    Tausiyah
    Sabtu, 19 Oktober 2019 - 14:37 WIB
    Ada satu doa memiliki keutamaan besar bagi yang mengamalkannya. Di zaman Rasulullah SAW, para sahabat hingga tabiin sering mengamalkan doa sekaligus zikir ini ketika memasuki pasar.
  • 3 Tipe Penuntut Ilmu,...
    Hikmah
    Minggu, 20 Oktober 2019 - 05:20 WIB
    Menuntut ilmu (tholabul ilmi) wajib hukumnya bagi setiap muslim dan muslimah sejak dari ayunan hingga liang lahat. Berikut 3 tipe penuntut ilmu.
  • Keutamaan dan Keberkahan...
    Tausiyah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Senin adalah hari kedua dalam satu pekan setelah hari Minggu (Ahad). Kata Senin diambil dari bahasa Arab yaitu Isnain yang berarti dua. Berikut keutamaannya.
  • Imam Al-Ghazali: Pelihara...
    Hikmah
    Senin, 21 Oktober 2019 - 08:01 WIB
    Hujjatul Islam Imam Al-Ghazali (1058-1111) dalam Kitab Bidayatul Hidayah memberikan nasihat agar manusia memelihara lidahnya dalam 8 perkara.
  • Islam Mana yang Lebih...
    Tausiyah
    Selasa, 22 Oktober 2019 - 15:29 WIB
    Allah Taala memuji orang-orang beriman dalam Alquran. Salah satunya firmanNya berbunyi Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman. (Al-Muminin: 1)
  • Pesan Ustaz Adi Hidayat...
    Tausiyah
    Rabu, 23 Oktober 2019 - 05:25 WIB
    Ustaz Adi Hidayat mengatakan, kekuasaan itu adalah kehendak Allah sebagaimana diabadikan dalam Alquran Surah Ali Imran ayat 26-27.
  • Rasulullah Jatuh Pingsan...
    Hikmah
    Kamis, 24 Oktober 2019 - 07:01 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) pernah jatuh pingsan ketika mendengar penjelasan Jibril tentang neraka dan penghuninya. Berikut kisahnya.