Topik Terkait: Gaya Hidup Muslim (halaman 37)

  • Ketakutan Dengan Pasukan...
    Hikmah
    Kamis, 14 Mei 2020 - 15:15 WIB
    Setelah pihak Muslimin sampai di Tabuk dan Rasulullah mengetahui pihak Romawi menarik diri dan berada dalam ketakutan, maka pasukan pun balik ke Madinah.
  • Siti Khadijah: Hanya...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Di saat lain Nabi SAW melihat (malaikat) yang dilihatnya di Gua Hira, Khadijah membuka pakaiannya sambil bertanya, Sekarang, apakah engkau masih melihatnya?
  • Inilah Amalan Terbaik...
    Tausyiah
    Senin, 25 September 2023 - 10:38 WIB
    Ada amalan terbaik setelah amalan-amalan wajib yang penting diketahui umat Islam. Namun, amalan tersebut tidak sama dari satu orang ke orang lainnya. Kenapa demikian? Bagaimana dalilnya?
  • 7 Wajib Haji Ini Perlu...
    Tausiyah
    Kamis, 08 Agustus 2019 - 21:23 WIB
    Berada di daerah Muzdalifah semalaman atau menurut Syafii mayoritas malam adalah salah satu wajib Haji.
  • Hati-hati, Anak Buah...
    Muslimah
    Selasa, 22 Juni 2021 - 15:06 WIB
    Sesungguhnya anak buah Iblis, yakni setan, sangat bersemangat untuk menceraikan antara seorang laki-laki dengan istrinya. Hubungan suami Istri akan dicoba dirusak setan dengan memisahkannya setelah terjadi pernikahan sah.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Ummu Hani Sepupu Nabi...
    Muslimah
    Selasa, 08 Februari 2022 - 15:30 WIB
    Namanya memang tidak sepopuler para shahabiyah, namun Ummu Hani memiliki keistimewaan di mata Rasulullah, karena ia merupakan saksi peristiwa besar yang dialami Nabi SAW yakni Isra Miraj.
  • Mengenal Ragam Zakat...
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • Dahsyatnya Pahala Mendoakan...
    Tips
    Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:32 WIB
    Mendoakan sesama muslim tanpa sepengetahuan orangnya termasuk dari sunnah yang telah diamalkan turun-temurun oleh para Nabi dan juga orang-orang saleh yang mengikuti mereka.
  • Kisah Libya Menjadi...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 16:28 WIB
    Menurut angka Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), ada lebih dari 700.000 orang migran di Libya saat ini, yang merupakan lebih dari 10% dari total populasi negara itu.
  • 4 Hal Ini Mengangkat...
    Tausiyah
    Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:28 WIB
    Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Habsyi menyampaikan kajian tentang adab dan akhlak kemuliaan di Pondok Pesantren Nurul Muhtadin Baalawy Srengseng Jakarta Barat, Kamis malam (30/10/2019).
  • Kekayaan Mansa Musa...
    Dunia Islam
    Selasa, 21 September 2021 - 11:24 WIB
    Kekayaan Mansa Musa raja muslim Mali tercatat sebagai terbesar sepanjang masa. Kaisar yang memerintah kerajaan Mali pada 1312-1337 ini, menjadikannya sebagai orang terkaya sejagat.
  • Doa Memintakan Ampunan...
    Tips
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 12:25 WIB
    Doa memintakan ampunan untuk ahli kubur sangat dianjurkan ketika kita sedang berziarah kubur. Doa tersebut intinya mendoakan ahli kubur dengan memintakan ampunan, rahmat dan keselamatan.
  • Nabi Muhammad Tidak...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Juli 2021 - 10:37 WIB
    Nabi shallallahu alaihi wasallam benar-benar sosok teladan dalam bergaul baik dengan tetangga maupun dengan non-muslim. Berikut lanjutan kisahnya.
  • Menjaga Kewibawaan Pasangan...
    Muslimah
    Selasa, 28 September 2021 - 17:30 WIB
    Satu perkara yang tidak boleh dilupakan sebagai orang tua di dalam keluarga adalah kewibawaan. Hal ini karena hanya dengan kewibawaan itulah perkataannya akan diperhatikan dan ditaati oleh anak-anak.
  • Teman adalah Cerminan...
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 15:03 WIB
    Memilih teman yang shaleh adalah wajib, selektif dalam memilih teman juga merupakan prinsip utama dalam Islam. Karena teman itu layaknya sebuah cermin bagi diri sendiri.
  • Saling Memberi Nasihat...
    Muslimah
    Rabu, 05 Oktober 2022 - 15:36 WIB
    Saat ini, kita berada di zaman yang begitu dahsyat dengan godaan-godaan yang menghantarkan kepada kebinasaan, keburukan dan kehancuran. Karena itulah sebagai muslim, saling memberikan nasihat merupakan kebutuhan.
  • Benarkah Ada Kemiripan...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Januari 2023 - 19:24 WIB
    Benarkah ada kemiripan antara sikap golongan kolonialis muslim -- tepatnya pemikiran Spanyol -- dan golongan kolonialis Eropa. Lalu, benarkan penjajahan Eropa mendorong kembangkitan Islam?
  • Qanaah Dalam Kehidupan
    Muslimah
    Minggu, 21 Februari 2021 - 15:45 WIB
    Kefakiran itu adalah seburuk-buruk kemelaratan dan kesengsaraan. Dan Rasulullah pun melarang kita untuk meninggalkan keluarga kita dalam keadaan fakir, meminta-minta manusia.
  • Ustaz Abe: Tantangan...
    Tausyiah
    Minggu, 07 Mei 2023 - 14:56 WIB
    Setelah satu bulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan, tantangan yang mesti dihadapi ke depan adalah keistiqomahan dalam ketakwaan.
  • Sifat Malu Menjadi Tanda...
    Muslimah
    Minggu, 28 Mei 2023 - 11:26 WIB
    Dalam Islam, rasa atau sifat malu adalah benteng pertahanan bagi seluruh akhlak. Ia merupakan keutamaan yang agung dan karenanya perilaku manusia menjadi terarah.