Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 151)

  • Khasiat Surat Al-Qariah,...
    Hikmah
    Senin, 04 September 2023 - 19:16 WIB
    Barangsiapa yang menulisnya dan mengalungkannya kepada orang yang bernasib buruk dari keluarga dan pelayannya, maka Allah akan membukakan kebaikan dan rezekinya.
  • Selain Makkah dan Madinah,...
    Muslimah
    Selasa, 09 Maret 2021 - 14:50 WIB
    Ada kisah-kisah dalam Al Quran yang berlatar di kota-kota yang juga mengandung hikmah sekaligus menjadi saksi bagaimana suatu kaum melewati sejarah kegemilangannya.
  • Kisah Hikmah: Tiga Pertanyaan...
    Hikmah
    Senin, 15 Mei 2023 - 09:47 WIB
    Dia adalah Muawiyah bin Abu Sufyan merupakan salah seorang sahabat di masa Rasulullah SAW, dan sempat diangkat sebagai salah seorang pencatat wahyu setelah bermusyawarah dengan Malaikat Jibril
  • Tadabbur Al-Baqarah...
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • Syeikh Ahmad: Jangan...
    Hikmah
    Jum'at, 22 November 2019 - 05:15 WIB
    Ulama Mesir yang kini menetap di Jakarta, Syeikh Ahmad Al-Mishri mengajak umat Islam agar menjadikan Maulid Nabi sebagai momentum untuk menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah SAW
  • Nabi Muhammad dalam...
    Tausyiah
    Kamis, 12 September 2024 - 12:39 WIB
    Pada usia 40 tahun, yang disebut oleh Al-Quran surat Al-Ahqaf ayat 15 sebagai usia kesempurnaan, Muhammad SAW diangkat menjadi Nabi. Ditandai dengan turunnya wahyu pertama Iqra bismi Rabbik.
  • Biodata dan Profil Habib...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Februari 2024 - 09:37 WIB
    Habib Hanif Al Athos adalah salah satu tokoh aktivis Front Pembela Islam (FPI) di Indonesia dan merupakan suami dari putri Habib Muhammad Rizieq Shihab, yang bernama Syarifah Zulfa Shihab.
  • Siapa yang Tidak Wajib...
    Tausyiah
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 14:31 WIB
    Siapakah yang tidak wajib mempelajari qadar karena takut salah? Dia harus mendalami dan memohon pertolongan Allah agar mampu memahami dan meyakininya sehingga permasalahannya menjadi sangat jelas.
  • Hadis dari Sayyidah...
    Tausyiah
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi menjelaskan di antara ulama yang mengharamkan bahwa musik dan lagu adalah haram bersandar pada hadis dari Sayyidah Aisyah ra. Hadis tersebut berbunyi sebagai berikut:
  • Ingin Diberi Keturunan...
    Tips
    Sabtu, 04 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Memiliki keturunan pasti didambakan pasangan keluarga, apalagi yang baru menikah. Salah satu keinginan itu, yakni dikaruniai anak laki-laki
  • Keajaiban Al-Quran yang...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 23:20 WIB
    Al-Quran itu mujizah dalam segala aspeknya. Dari segi bahasa misalnya, pernahkah kita perhatikan keindahan, bahkan pilihan kata per kata yang sangat pas dan imbang?
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Ia menjabat sebagai khalifah setelah khalifah pendahulunya, Al-Mashur, melanggar wasiat khalifah pertama, As-Saffah, yang menunjuk Isa bin Musa sebagai khalifah pengganti Al-Manshur.
  • Surat Al-Jumuah Ayat...
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:20 WIB
    Surat Al-Jumah ayat 4, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar harta yang kita miliki menjadi berkah. Adapun caranya yaitu dengan membaca ayat tersebut..
  • Allah Itu Indah dan...
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Mungkin ada sebagian manusia yang mengira bahwa mencintai keindahan itu bisa mengurangi keimanan atau memasukkan seseorang ke lingkup kelalaian dan kesombongan.
  • Mahmud Syaltut: Al-Quran...
    Tausyiah
    Selasa, 04 April 2023 - 04:00 WIB
    Sesungguhnya Tuhan tidak menurunkan Al-Quran untuk menjadi satu kitab yang menerangkan kepada manusia mengenai teori-teori ilmiah, problem-problem seni serta aneka warna pengetahuan.
  • Dalil-dalil Al Quran...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 15:15 WIB
    Ada banyak dalil dalam al Quran dan hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, terkait larangan dan dosa riba. Ini menunjukkan bahwa riba merupakan perkara yang sangat dilarang dalam Islam.
  • Kisah Al-Mustashim Billah,...
    Dunia Islam
    Senin, 22 November 2021 - 05:15 WIB
    Hulagu Khan mengeluarkan perintah mengeksekusi khalifah dengan cara menggulungnya dengan karpet tebal, lkemudian secara bersama-sama diinjak oleh barisan pasukan kuda Hulagu sampai syahid.
  • Kisah si Kafir Abu Jahal...
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Abu Jahal diam-diam mengagumi Al-Quran. Seringkali, secara diam-diam pula ia mencuri dengar Rasulullah SAW membaca Kitab Suci tersebut. Nabi pernah berdoa agar musuhnya ini masuk Islam.
  • Riba Jelas Haram, Lalu...
    Tausyiah
    Senin, 12 Oktober 2020 - 13:42 WIB
    Keharaman riba telah disepakati oleh setiap Muslim berdasarkan ayat-ayat Al-Quran serta ijma seluruh ulama Islam, apa pun mazhab atau alirannya. Lalu, apa sesungguhnya riba menurut Al-Quran?
  • Nasehat Syaikh Abdul...
    Tausyiah
    Sabtu, 14 November 2020 - 05:00 WIB
    Janganlah mengeluh sedikit pun, walau jasadmu digunting-gunting menjadi serpihan-serpihan kecil daging. Selamatkanlah dirimu! Takutlah kepada Allah! Takutlah kepada Allah!