Topik Terkait: Grand Syekh Al Azhar (halaman 386)

  • Muhammad SAW Sang Mutiara:...
    Tausyiah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Salah Satu hal yang biasa dipahami secara tidak proporsional tentang Rasulullah SAW adalah bagaimana relasi dan kewajiban umat ini kepada beliau. Ada 6 kewajiban kita kepada beliau.
  • Benarkah Taaruf adalah...
    Muslimah
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 11:03 WIB
    Dalam mencari jodoh seringkali seorang muslim dianjurkan untuk melakukan taaruf, karena dalam Islam tidak diperbolehkan adanya hubungan pacaran. Maka taaruf, seringkali disebut-sebut sebagai jenis pacaran Islami. Benarkah?
  • Mereka Mengklaim Diri...
    Dunia Islam
    Kamis, 13 Oktober 2022 - 12:28 WIB
    Tak sedikit tokoh yang mengklaim diri sebagai Imam Mahdi. Mereka tak segan-segan merekayasa agar sang tokoh tersebut cocok sebagaimana Imam Mahdi yang dimaksud Rasulullah SAW.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara:...
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:44 WIB
    Tak terpungkiri bahwa Nabi Muhammad SAW dihadirkan menjadi manusia terbaik. Penulis Barat menempatkan Muhammad sebagai pemimpin dunia paling berpengaruh.
  • Bacaan Sholawat Nariyah...
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 17:41 WIB
    Salah satu sholawat yang populer di kalangan muslim adalah Sholawat Nariyah. Keutamaannya dapat mengatasi segala persoalan hidup. Berikut bacaannya lengkap Arab dan latin.
  • Inilah Wanita-wanita...
    Muslimah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Tidak semua wanita muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Kualitas Kemanusiaan...
    Tausyiah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:55 WIB
    Allah memperingatkan bahwa kualitas kemanusiaan kita masih belum selesai atau setengah jadi, sehingga masih harus berjuang untuk menyempurnakan diri.
  • Selain Nabi Isa, Ini...
    Hikmah
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 16:13 WIB
    Selain Nabi Isa as, ada 14 bayi lagi yang bisa berbicara. Imam as-Suyuthi mendokumentasikan bayi-bayi yang bisa bicara tersebut lewat syair beliau yang terdiri dari empat bait syair.
  • Imam Mahdi Keluar Ketika...
    Dunia Islam
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Imam Mahdi keluar ketika terjadi perebutan harta di kota Mekkah diisyaratkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW dari Tsauban ra. Di sebutkan Al-Mahdi akan keluar dari arah timur.
  • Bolehkah Taubat Diumumkan?...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 10:16 WIB
    Taubat adalah perbuatan atau amal kebaikan seorang hamba untuk menyesali dan meminta ampun kepada Rabbnya Allah Subhanahu wa taala dari perbuatan yang dilarang oleh syariat.
  • 10 Doa-doa Pendek Rasulullah...
    Tips
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:07 WIB
    Salah satu contoh suri tauladan Rasulullah yang diajarkan kepada kaum muslim adalah membaca do-doa harian atau doa setiap akan memulai aktivitas maupun menghadapi suatu kejadian.
  • Penjelasan Ulama tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:21 WIB
    Islam mengajarkan agar jangan menunda-nunda sedekah. Karena sejatinya, semua harta adalah milik Allah Subhanahu wa Taala. Dan ketika Allah Taala menganjurkan sedekah, maka umat Islam tidak boleh lagi menunda-nunda, harus segera dilaksanakan.
  • Tips dari Ulama Tentang...
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 09:05 WIB
    Ketika seorang muslim malas melakukan ketaatan dan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Tala, lalu sulit terenyuh, maka perlu diwaspadai, karena bisa jadi itu adalah tanda mengerasnya hati.
  • Doa Ketika Bercermin...
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 11:17 WIB
    Doa ketika bercermin ini seringkali terlupakan, padahal doa pendek dan ringan ini sangat mudah diamalkan serta memiliki pahala luar biasa. Kenapa demikian?
  • Ciri-ciri Imam Mahdi...
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 13:40 WIB
    Ciri-ciri Imam Mahdi yang datang pada akhir zaman menurut keyakinan Ahlussunnah wal Jamaah, ia berasal dari Ahlu Bait, berkuasa selama 7 tahun, memenuhi dunia dengan keadilan.
  • Komaruddin Hidayat:...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 14:20 WIB
    Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan tasawuf bisa dikatakan sebagai inti keberagamaan dan karenanya setiap muslim semestinya berusaha untuk menjadi sufi.
  • Kisah Sufi: Tiga Kunjungan...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:01 WIB
    Kisah berikut adalah kisah Bahauddin Naqsyabandi ketika dikunjungi oleh para pencari. Mereka menemukannya di halaman, dikelilingi murid beliau. Banyak opini ketika itu.
  • Berdakwah Lewat Buku,...
    Dunia Islam
    Sabtu, 15 Oktober 2022 - 15:20 WIB
    Sebuah buku berisi kumpulan syair-syair Islam diluncurkan untuk umat Islam, kemarin. Buku kumpulan syair religi ini merupakan karya Anggito Abimanyu.
  • Polisi di Masa Khulafa...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 16:51 WIB
    Polisi dalam Islam disebut Syurthah, pernah mengukir kenangan indah pada masa Khulafa Ar-Rasyidin. Mereka menjadi pilar penting dalam penegakan syariat.
  • 7 Nabi yang Pernah Bertemu...
    Hikmah
    Senin, 17 Oktober 2022 - 20:03 WIB
    Ada 7 nabi yang pernah bertemu dengan Nabi Muhammad SAW. Mereka adalah Nabi Adam, Nabi Yahya, Nabi Isa, Nabi Yusuf, Nabi Idris, Nabi Harun, Nabi Musa, Nabi Ibrahim. Pertemuan ini terjadi dalam peristiwa Isra dan Miraj.