Topik Terkait: Hadis Pernikahan (halaman 2)

  • Hadis Arbain: Agama Ini Adalah Nasihat
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:43 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-7 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis
  • Ada Hadis Palsu yang Disebut sebagai Buatan Orang Bodoh yang Mengada-ada
    Tausyiah
    Selasa, 05 Juli 2022 - 17:57 WIB
    Ada hadis palsu yang disebut Ash-Saghani dalam deretan hadis-hadis maudhu sebagai hadis buatan orang-orang bodoh yang mengada-ada. Sebab, dari susunan bahasannya saja sudah dapat dilihat.
  • Hadis Arbain: Terjaganya Darah dan Harta Seorang Muslim
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 10:52 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-8 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Dhaif tentang Pembatalan Haji untuk Umrah
    Tausyiah
    Senin, 13 Mei 2024 - 15:29 WIB
    Hadis yang menyatakan: Bahkan hanya untuk kita saja. Yakni dibolehkannya membatalkan haji untuk umrah, menurut Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani adalah dhaif.
  • Bolehkah Pasangan Muslim Merahasiakan Pernikahan?
    Muslimah
    Jum'at, 06 November 2020 - 11:09 WIB
    Allah telah meletakkan kaidah-kaidah yang mengatur dan menjaga kehormatan setiap muslim. Salah satunya dengan pernikahan secara syari yang menjadikan hubungan antara laki-laki dan perempuan menjadi hubungan yang sakral yang melibatkan aturan ilahiah.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Hadis yang Menginformasikan Kemenangan Kaum Muslim Melawan Yahudi Jelang Kiamat
    Hikmah
    Sabtu, 20 April 2024 - 13:33 WIB
    Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqalani menyebut ada hadis yang menginformasikan tentang akan terjadinya perang antara kaum muslimin dengan Yahudi. Perang itu dimenangan kaum muslim.
  • Hadis Arbain: Tinggalkanlah Sesuatu yang Membuatmu Ragu
    Tips
    Rabu, 15 November 2023 - 11:02 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-10 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Milik Siapakah Mahar Pernikahan?
    Muslimah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Mahar pernikahan selebriti jadi trending topik. Bagaimana sebenarnya mahar pernikahan itu dalam pandangan syariat? Lantas, siapakah pemilik mahar tersebut, istri atau mertuanya?
  • 42 Hadis Arbain Karangan Imam Nawawi Lengkap
    Tips
    Selasa, 21 November 2023 - 06:32 WIB
    Hadis-hadis dalam Arban Nawawiyah karya Imam an-Nawawi merupakan landasan atau fondasi dalam agama Islam. Sebagian ulama berpendapat bahwa ajaran Islam sepertiganya berlandaskan pada hadis-hadis dalam kitab ini.
  • Mualaf Yahudi Muhammad Asad Bicara tentang Pentingnya Hadis
    Hikmah
    Kamis, 08 Desember 2022 - 16:29 WIB
    Mualaf Yahudi, Muhammad Asad yang sebelum masuk Islam bernama Leopold Weiss mengingatkan pentingnya kembali kepada al-Quran dan Hadis. Dia bicara banyak soal hadis Nabi.
  • Makna Hadis Umat Islam Banyak, Tapi Seperti Buih di Lautan
    Hikmah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 20:07 WIB
    Makna hadis Umat Islam saat ini sama seperti buih perlu dipahami oleh setiap muslim untuk memperkokoh akidahnya kembali. Karena kondisi umat muslim saat ini memang telah menggambarkan apa yang disebutkan oleh hadis tersebut.
  • Kumpulan Hadis Seputar Bulan Ramadhan (1)
    Tips
    Selasa, 21 April 2020 - 22:52 WIB
    Bulan Ramadhan yang dinanti akan segera tiba. Betapa bahagianya pahala diganjar berlipat ganda, dosa-dosa diampuni dan curahan berkah menyelimuti umat Islam.
  • Tuntunan Hadis dalam Meraih Keberkahan Makanan
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:20 WIB
    Agar makanan yang kita makan ini mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa taala, ada tuntutan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melalui hadisnya yang hendaknya kita contoh.
  • Hadis Arbain: Islam Dibangun di Atas 5 Dasar
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:39 WIB
    Islam itu dibangun di atas lima dasar: persaksian (syahadat) bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah subhanahu wa taala dan Muhammad adalah utusan Allah.
  • Hadis Maudhu: Bila Kiamat Tiba, Allah Taala Menumbuhkan Sayap pada Sebagian Umatku
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 16:35 WIB
    Syaikh Muhammad Nashruddin al-Albani menyebut salah satu hadis yang lumayan panjang tentang kondisi sebagian umat Nabi Muhammad SAW ketika kiamat tiba sebagai hadis palsu atau maudhu.
  • Inilah Beda Kriteria Hadis Kaum Rafidah dengan Sunni
    Hikmah
    Senin, 09 Oktober 2023 - 11:51 WIB
    Ketiga kriteria tersebut dipandang tidak sahih oleh ulama Sunni. Berikut ini ringkasan kriteria penerimaan riwayat hadis menurut ulama Suni, dengan perbedaan yang jelas.
  • Hadis Arbain: Balasan itu Sejenis dengan Amalan
    Tips
    Senin, 20 November 2023 - 01:30 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-36 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Perbedaan Orang Awam dan Ahli Fiqih Ketika Memaknai Hadis Nabi
    Tausyiah
    Jum'at, 13 Januari 2023 - 15:29 WIB
    Perbedaan orang awam dan ahli fiqih ketika memaknai Hadis Nabi menarik untuk dikaji. Banyak orang membaca Hadis tetapi tak memahami makna dan pesan Hadis tersebut.
  • 4 Dalih Ingkar Hadis dan Jawaban Al-Sibai
    Tausyiah
    Rabu, 22 Februari 2023 - 16:06 WIB
    Mereka tidak mengingkari sunnah, karena ingkar pada sunnah Nabi adalah mustahil bagi seorang muslim. Tetapi mereka ini dapat disebut sebagai golongan Ingkar Hadis (sebutlah Inkar al-Hadits).
  • Inilah Hadis-hadis Tentang Pernikahan yang Perlu Diketahui
    Muslimah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 14:02 WIB
    Sasaran utama dari disyariatkannya pernikahan dalam Islam di antaranya adalah untuk membentengi martabat manusia. Pernikahan melindungi manusia dari perbuatan kotor dan keji, yang dapat merendahkan dan merusak martabat manusia yang luhur.