Topik Terkait: Hakikat Iman

  • Berikut Rukun Iman dan Islam Penjelasan Lengkap
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:46 WIB
    Rukun Iman dan Islam penjelasan lengkap diperlukan sebagai panduan bagi setiap muslim. Rukun iman ada 6, sedangkan rukun Islam ada 5. Rukun iman pertama adalah iman kepada Allah.
  • Prinsip-Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah tentang Iman
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 16:52 WIB
    Di antara prinsip-prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah bahwasanya iman itu perkataan, perbuatan, dan keyakinan yang bisa bertambah dengan ketaatan dan bisa berkurang dengan kemaksiatan.
  • 5 Tingkatan Iman dalam Islam, Nomor Terakhir Paling Istimewa di Sisi Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:11 WIB
    Seorang muslim yang mukallaf (orang yang telah baligh dikenai beban syariat) wajib mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum Islam. Berikut lima tingkatan iman dalam Islam.
  • Inilah Cara Mendeteksi Naik Turunnya Iman
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 13:19 WIB
    Seiring bergulirnya waktu dengan berbagai subhat dan syahwat yang menerpa, seringkali kadar keimanan mengalami pasang surut. Nah, bagaimana cara mendeteksi iman kita ini, apakah sedang naik atau malah turun?
  • Dalil-dalil Tentang Sifat Malu Sebagian dari Iman
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 12:29 WIB
    Banyak dalil tentang sifat malu sebagian dari iman yang disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan, Rasulullah menyebutkan malu adalah akhlak Islam.
  • Trilogi Ajaran Ilahi: Islam, Iman, dan Ihsan
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Januari 2023 - 13:40 WIB
    Ketiga istilah itu memberi umat Islam (Sunni) ide tentang Rukun Iman yang enam, Rukun Islam yang lima dan ajaran tentang penghayatan terhadap Tuhan Yang Maha Hadir dalam hidup.
  • Hakikat Roh dalam Pandangan Islam, Begini Kata Rasulullah
    Tausyiah
    Jum'at, 18 Februari 2022 - 21:46 WIB
    Hakikat roh dalam pandangan Islam menarik untuk dikaji agar keimanan kita bertambah kepada sang pencipta Roh. Kata Rasulullah SAW, roh-roh itu seperti pasukan.
  • Hadis Arbain: Kesucian itu Separuh dari Iman
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:46 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-23 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Risiko Berat Hukum Berucap Biar Satu Kata Seandainya
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 21:27 WIB
    Lain halnya jika perkataan lau tersebut merupakan ungkapan penyesalan sebagai bagian dari usaha untuk introspeksi atau mengambil hikmah dari suatu peristiwa dan tidak mengingkari takdir Allah.
  • Prinsip-Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah tentang Iman kepada Hari Kiamat
    Tausyiah
    Senin, 26 Februari 2024 - 06:51 WIB
    Sungguh telah mengingkari adanya hari akhir orang-orang musyrik dan kaum dahriyyun, sedang orang-orang Yahudi dan orang-orang Nasrani tidak mengimani.
  • Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah tentang Iman kepada para Malaikat
    Tausyiah
    Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:30 WIB
    Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjelaskan iman kepada malaikat, yakni membenarkan adanya para malaikat, dan bahwasanya mereka itu adalah makhluk dari sekian banyak makhluk Allah.
  • Hakikat Doa dan Rahasia Pengabulannya
    Tausiyah
    Jum'at, 08 November 2019 - 08:01 WIB
    Doa adalah intisari dari ibadah. Dalam Alquran, Allah memerintahkan kita untuk berdoa kepada-Nya dan Dia pasti mengabulkannya.
  • Amanah, Tanda-tanda Iman Seorang Mukmin
    Muslimah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:00 WIB
    Sebagai muslim, kita diajarkan untuk menjaga amanah yang kita terima dari orang lain. Bahkan, Islam mewajibkan kita untuk memelihara amanah, yaitu dengan bersikap jujur dan bisa dipercaya.
  • Begini Makna Islam dan Iman dalam Hadis tentang Dialog Rasulullah SAW dengan Jibril
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:30 WIB
    Dari sini dapat kita ketahui bahwa antara Islam dan Iman ada perbedaan jika digabungkan. Islam untuk amalan lahir dan iman untuk amalan batin. Dan iman lebih tinggi derajatnya daripada Islam.
  • Mengungkap Hakikat Rezeki dalam Surat Ar-Rad Ayat 26
    Tausyiah
    Minggu, 04 Juni 2023 - 23:21 WIB
    Jika ingin mengetahui hakikat rezeki, kita dapat mentadaburi Surat Ar-Rad Ayat 26. Surat Ar-Rad adalah surat ke-13 dalam Mushaf Al-Quran terdiri 43 ayat. Berikut penjelasannya.
  • Hakikat Kesabaran
    Tausyiah
    Kamis, 22 April 2021 - 16:30 WIB
    Melihat dari puasa yang kita laksanakan, ternyata puasa telah mampu mendidik kita menjadi orang yang sabar. Tetapi, apakah hakikat sabar itu sendiri?
  • Iman kepada Takdir dalam Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 12:02 WIB
    Segala sesuatu yang terjadi, baik maupun buruk, kafir, iman, taat, maksiat, itu telah dikehendaki, ditentukan, dan diciptakan-Nya. Dan bahwasanya Allah itu mencintai ketaatan dan membenci kamaksiatan.
  • 3 Penyebab Lemahnya Iman di Akhir Zaman, Nomor 2 Sering Diremehkan
    Tausyiah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:33 WIB
    Di antara fenomena akhir zaman yang akan menimpa umat Islam adalah melemahnya keimanan. Setidaknya ada tiga penyebab lemahnya iman ini. Simak ulasan berikut.
  • Hakikat Berlebaran
    Tausiyah
    Rabu, 13 Juni 2018 - 09:30 WIB
    Disebutkan dari beberapa riwayat tentang Imam Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu, bahwa beberapa hari Beliau terlihat memakai pakaian yang indah.
  • Hakikat Golongan Salaf Menurut Nurcholish Madjid
    Dunia Islam
    Kamis, 10 November 2022 - 15:38 WIB
    Belakangan ini terjadi polemik mengenai Wahabi dan Salafi. Hal ini menyusul adanya rekomendasi salah satu ormas Islam agar pemerintah melarang dua paham tersebut. Lalu apa sejatinya Salaf itu?