Topik Terkait: Hal Yang Membatalkan Sholat (halaman 2)

  • Adakah Waktu yang Tepat untuk Mengqadha Sholat? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 25 Juli 2022 - 13:23 WIB
    Tak bisa dipungkiri, terkadang kita tidak bisa melaksanakan kewajiban sholat fardhu tepat waktu. Entah karena terlupa, atau dalam posisi perjalanan atau karena alasan lainnya.
  • Agar Doa Cepat Dikabulkan, Perhatikan Tiga Hal Ini!
    Muslimah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 06:03 WIB
    Muslimah, doa juga merupakan tanda bukti ketundukan seorang hamba kepada Allah bahwa dia adalah hamba yang fakir, perlu kepada Allah dan perlu berdoa. Maka berdoa adalah kebutuhan seorang mukmin
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan Puasa
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • Hal-hal yang Dilalaikan Kaum Perempuan
    Muslimah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 20:09 WIB
    Perempuan muslimah harus senantiasa mencari tahu apa apa saja yang boleh dilakukan, dan apa apa saja yang tidak boleh dilakukan oleh muslimah. Sekecil apapun itu, ketaatan harus tetap dijalankan.
  • 5 Perkara Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Bersedekah
    Tips
    Minggu, 11 September 2022 - 14:06 WIB
    Sedekah adalah amalan yang sangat mulia, namun ternyata ada beberapa perkara penting yang perlu diperhatikan sebelum bersedekah ini. Perkara apa saja dan bagaimana dalil-dalilnya?
  • Begini Niat Sholat Qobliyah Jumat 2 Rakaat
    Tips
    Kamis, 01 September 2022 - 13:00 WIB
    Niat sholat sunnah sebelum shalat Jumat yang disepakati ulama adalah sholat tahiyatul masjid atau sholat mutlak atau juga sholat sebelum (qobliyah) Jumat.
  • Rukun Sholat yang Perlu Diketahui dan Tidak Boleh Terlewatkan
    Tips
    Minggu, 25 September 2022 - 05:15 WIB
    Rukun sholat sangat penting diketahui. Jika salah satu rukun ini tidak ada, maka sholat pun tidak dianggap sholat secara syari dan juga tidak bisa diganti dengan sujud sahwi.
  • Banjir Pahala dari Sholat  Dhuha
    Muslimah
    Kamis, 25 Maret 2021 - 09:04 WIB
    Bagi ibu rumah tangga, yang banyak waktu luang di rumah, sangat sayang jika melewatkan waktu Duha tanpa mengerjakan sholat sunnah ini. Sebab dari sholat Dhuha, kita akan mendapatkan banjir pahala berlimpah.
  • Ketika Kaum Muslimah Sholat Berjamaah Sendiri, Inilah Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi
    Muslimah
    Rabu, 24 Agustus 2022 - 09:31 WIB
    Syariat tetap membolehkan mereka untuk melakukan sholat secara berjamaah. Hanya saja, ketika kaum wanita muslimah melaksanakan sholat jamaah ada beberapa cara dan syarat yang harus dipenuhi.
  • 4 Jenis Balasan Dunia dan Akhirat bagi yang Suka Meninggalkan Salat
    Hikmah
    Minggu, 12 November 2023 - 14:51 WIB
    Ibadah salat fardhu 5 waktu, merupakan perintah Allah Taala dan kewajiban untuk seluruh umat Islam. Apabila kewajiban ini tidak dilaksanakan, selain dosa ada konsekuensi bagi pelakunya
  • 3 Hal yang Harus Dihindari Muslimah di Hari Raya Idulfitri
    Muslimah
    Senin, 08 April 2024 - 07:41 WIB
    Bagi kaum muslimah, agar Idulfitri yang akan kita rayakan ini penuh keberkahan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, atau bahkan kita hindari. Hal apa saja itu?
  • Perkara-Perkara yang Harus Dihindari Muslimah agar Puasa Ramadan Tidak Sia-Sia
    Muslimah
    Sabtu, 01 April 2023 - 03:05 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, selain menunaikan kewajiban, kita juga berharap pahala dari Allah subhanahu wa taala. Namun, jika puasa tidak bernilai pahala, tentu akan sangat melelahkan dan sia-sia
  • Mengapa Sholat Disebut Bermakna Instrumental? Begini Penjelasan Nurcholish Madjid
    Tausyiah
    Kamis, 12 Januari 2023 - 20:48 WIB
    Nurcholish Madjid mengatakan sholat disebut bermakna instrumental, karena ia dapat dipandang sebagai sarana untuk mencapai sesuatu di luar dirinya sendiri.
  • Inilah Fadhilah dan Keutamaan sholat Fajar, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 12 Mei 2022 - 20:55 WIB
    Ada banyak fadhila dan keutanaan sholat fajar menurut fiqih. Sholat fajar sendiri merupakan sholat sunnah yang dilaksanakan setelah terbit fajar dan masuknya terbitnya fajar berarti masuknya waktu subuh yang ditandai dengan azan subuh.
  • Surat yang Paling Utama Dibaca Ketika Sholat Dhuha
    Tips
    Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:30 WIB
    Sholat Dhuha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan Rasulullah shollallohu alaihi wasallam. Berikut surat yang dibaca beliau ketika melaksanakan sholat sunnah Dhuha.
  • Sudah Ribuan Kali Sholat Tapi Tidak Tahu Arti Bacaannya, Bagaimana Hukumnya?
    Tausyiah
    Selasa, 28 November 2023 - 19:36 WIB
    Sholat merupakan perkara paling penting dalam Islam dan menjadi rukun kedua setelah Syahadat. Bagaimana hukum orang yang sholat tapi tidak tahu arti bacaannya?
  • 3 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa
    Tips
    Kamis, 06 April 2023 - 09:07 WIB
    Ramadan merupakan bulan mulia berlimpahnya pahala, karena itu umat Islam dari belahan dunia berlomba-lomba dalam kebaikan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya pahala.
  • Rahasia dan Keutamaan Sholat Witir yang Jarang Diketahui
    Tips
    Kamis, 21 Juli 2022 - 23:10 WIB
    Di antara banyak sunnah Nabi, ada satu sholat sunnah yang memiliki keutamaan agung. Sholat sunnah ini tidak pernah ditinggalkan Baginda Nabi dan para sahabat.
  • Adab Imam dan Makmum dalam Sholat Berjamaah
    Tips
    Minggu, 12 September 2021 - 21:13 WIB
    Adab imam dan makmum dalam sholat berjamaah penting untuk diketahui kaum muslimin. Sebagaimana diriwayatkan, sholat berjamaah lebih utama dari sholat sendirian 27 derajat.
  • Doa Setelah Sholat Sunnah Syuruq dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 10 Oktober 2023 - 22:57 WIB
    Setelah sholat Subuh, umat muslim dianjurkan tetap duduk di masjid berdoa dan berdzikir hingga tiba waktu syuruq (matahari terbit). Tunggu 15 menit lalu mengerjakan sholat Syuruq 2 rakaat.