Topik Terkait: Harga Minyak Mentah (halaman 289)

  • Sosok Khalifah yang...
    Hikmah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 17:25 WIB
    Dari banyak sosok khalifah Islam, ada seorang khalifah yang memiliki julukan aneh. Beliau salah satu khalifah terkenal Dinasti Abbasiyah (750-1258 M) yang dijuluki si Serba Delapan.
  • Kisah Mayor Tentara...
    Dunia Islam
    Senin, 16 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Ia tinggal di Burma selama 25 tahun. Sehari-harinya ia bepergian sepanjang jalan air Burma dengan menggunakan sampan. Pengemudinya seorang Muslim, bernama Syekh Ali dari Chitagong, Bangladesh.
  • 5 Sultan Turki Utsmani...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 07:15 WIB
    Sultan yang pernah memimpin Turki Utsmani berjumlah 35 orang dalam lima periodesasi pemerintahan. Dari 35 Sultan yang pernah berkuasa, ada lima tokoh yang populer dalam sejarah Islam.
  • Menjawab Tantangan Dakwah...
    Dunia Islam
    Rabu, 18 Januari 2023 - 11:55 WIB
    Tantangan dakwah dan lembaga zakat di Indonesia terus meningkat seiring dengan meningkatnya kemudahan akses informasi dan hiburan di jagat maya.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 16:27 WIB
    Sebagai penutup Surat Al-Mulk ayat 30, Allah memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk mengingatkan manusia tentang beragam nikmat-Nya. Terutama nikmat air untuk kehidupan manusia.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Surat Yusuf Ayat 83:...
    Hikmah
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 23:08 WIB
    Mendengar kesaksian saudara Nabi Yusuf, Nabi Yakub alaihissalam ragu dan memilih untuk bersabar. Berikut kisah kesabaran Nabi Yakub dalam tadabur Surat Yusuf:
  • Begini Argumentasi Michael...
    Dunia Islam
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 10:38 WIB
    Michael H Hart memasukkan Nabi Isa as dalam urutan ke-3 sebagai tokoh berpengaruh dalam sejarah, di bawah Nabi Muhammad SAW (1) dan Isaac Newton (2). Apa dasarnya?
  • Ketika Pengaruh Alexander...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Michael H Hart mengatakan Alexander, Napoleon, dan Hitler punya persamaan dalam bobot pengaruhnya secara umum. Ia menempatkan Alexander Yang Agung di nomor urut 33 dari 100 tokoh berpengaruh dalam sejarah.
  • Tafsir Al-Mulk Ayat...
    Hikmah
    Senin, 09 Januari 2023 - 23:39 WIB
    Sebuah pelajaran berharga dapat kita ambil dalam Surat Al-Mulk ayat 28. Ayat ini menceritakan jawaban Nabi Muhammad SAW terhadap sikap dan ucapan kaum musyrik Mekkah.
  • Memahami Hukum Islam...
    Tausyiah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 15:05 WIB
    Anehnya bila golongan yang ditanya --Muhammadiyah, Persis, NU jawabannya satu. Semua golongan itu sepakat (ijma) untuk menyimpan uangnya di bank dan memanfaatkan bunganya.
  • Surat Yusuf Ayat 81:...
    Hikmah
    Minggu, 15 Januari 2023 - 22:19 WIB
    Pada ayat ini Allah menceritakan kisah saudara tertua Nabi Yusuf alaihissalam yang memilih tinggal di Mesir setelah gagal menjaga saudara mereka, Bunyamin.
  • Rumah Tangga, Target...
    Muslimah
    Senin, 16 Januari 2023 - 09:49 WIB
    Langkah iblis dalam upaya menyesatkan generasi anak Adam adalah dengan merusak sarana utamanya, yakni keluarga atau rumah tangga.
  • Manfaat Berdoa saat...
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 10:03 WIB
    Berdoa terlebih dahulu saat akan berpakaian ternyata memiliki banyak manfaat, salah satunya bahkan bisa menghapus dosa-dosa kita di masa yang lalu
  • 8 Marga Habib Tertua...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Januari 2023 - 10:16 WIB
    Setidaknya ada 8 marga atau fam habib yang dianggap sebagai pemula. Selain As-Sajjad, ada Al Baqir, Ash-Shadiq, Al Uraidhi, An-Naqib, Ar-Rummi, Al Muhajir, dan Al-Ustadz Al Adzam.
  • Kumpulan Hadis tentang...
    Hikmah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 17:09 WIB
    Saat ini kita sedang berada pada akhir zaman yang dipenuhi banyak fitnah (ujian) dan cobaan. Berikut kumpulan Hadis tentang Fitnah akhir zaman yang harus diwaspadai.
  • Dubai Bangun Masjid...
    Dunia Islam
    Senin, 23 Januari 2023 - 17:35 WIB
    Dubai berencana membangun masjid cetak 3D pertama di dunia yang akan siap pada awal 2025.
  • Kisah Isra dan Mikraj...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:58 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji (1690-1764) menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Di situ antara lain digambarkan bahwa Nabi Muhammad bertemu Nabi Isa di langit kedua.
  • Tafsir Ayat Pilihan:...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 23:04 WIB
    Salah satu sifat Allah yang wajib diimani adalah Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan manusia, dan sebaliknya Allah melihat segala penglihatan makhluk-Nya.
  • 4 Doa Pembuka Hati agar...
    Tips
    Rabu, 11 Januari 2023 - 09:41 WIB
    Baik atau buruknya seluruh anggota badan manusia tergantung dari baik atau buruknya hati. Karena itu, hati perlu mendapat asupan doa.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 11 Januari 2023 - 21:24 WIB
    Surat Ghafir (Yang Maha Mengampuni) merupakan surat ke-40 dalam Al-Quran, terdiri dari 85 ayat. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini dijelaskan dalam ayat 4, 56, dan 66.