Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 163)

  • Keutamaan Mengkhatamkan...
    Muslimah
    Selasa, 04 April 2023 - 10:53 WIB
    Hari-hari di bulan suci Ramadan, setiap muslim berlomba-lomba mengkhatamkan Al-Quran di bulan suci ini. Tadarus (membaca Al Quran) menjadi pemandangan biasa, baik di rumah ataupun di masjid-masjid.
  • Biodata dan Profil Habib...
    Dunia Islam
    Selasa, 06 Februari 2024 - 09:37 WIB
    Habib Hanif Al Athos adalah salah satu tokoh aktivis Front Pembela Islam (FPI) di Indonesia dan merupakan suami dari putri Habib Muhammad Rizieq Shihab, yang bernama Syarifah Zulfa Shihab.
  • Hukum Mengaku Gemar...
    Tausyiah
    Rabu, 17 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Gus Baha mengatakan: saya tidak bisa membayangkan jika setiap ahli maksiat jujur menceritakan kemaksiatan yang pernah dilakukan, maka itu sangat berbahaya.
  • Sifat dan Potensi Manusia...
    Tausyiah
    Kamis, 26 September 2024 - 09:54 WIB
    Ditemukan sekian ayat yang memuji dan memuliakan manusia, seperti pernyataan tentang terciptanya manusia dalam bentuk dan keadaan yang sebaik-baiknya
  • Masjid Al-Ghamama, Tempat...
    Hikmah
    Kamis, 04 Mei 2023 - 14:37 WIB
    Masjid ini telah dikaitkan dengan perjalanan Nabi Muhammad SAW dan dikenal sebagai tempat terakhir beliau melakukan salat Idulfitri, yang kala itu sedang hujan deras.
  • Hukum Air Kencing yang...
    Tausyiah
    Rabu, 10 Februari 2021 - 14:35 WIB
    Apabila ada kencing anak kecil di kursi atau di lantai, tapi sudah kering. Apakah ketika kita duduk di kursi atau di lantai tersebut, pakaian dan kaki kita menjadi najis?
  • Pelakor Kian Ngetren,...
    Hikmah
    Kamis, 23 Februari 2023 - 13:53 WIB
    Pelakor kian ngetren saja. Padahal tindakan perebut suami orang sangat dilarang dalam Islam. Sejumlah hadis menjelaskan soal itu. Berikut hadis-hadis yang menjelaskan soal itu.
  • Keistimewaan Surat Al-Fath,...
    Hikmah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 10:01 WIB
    Surat Al-Fath, misalnya, dapat dijadikan wasilah atau doa agar terlindungi dari peperangan, memperoleh kebaikan, sembuh dari demam, dan terhindar dari tenggelam.
  • Zunnun al-Misri Capai...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 13:22 WIB
    Zunnun al-Misri mencapai maqam makrifat dalam dunia sufi. Ia mengaku dirinya memperoleh makrifah karena kemurahan hati Tuhan. Apa sejatinya maqam makrifah itu?
  • Kewajiban Haji: Hukum...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Kisah Khalifah Al-Mahdi...
    Hikmah
    Rabu, 18 Mei 2022 - 17:42 WIB
    Ia menjabat sebagai khalifah setelah khalifah pendahulunya, Al-Mashur, melanggar wasiat khalifah pertama, As-Saffah, yang menunjuk Isa bin Musa sebagai khalifah pengganti Al-Manshur.
  • Hukum Wanita Haid Berlama-lama...
    Muslimah
    Jum'at, 15 April 2022 - 11:48 WIB
    Salah satu amalan yang dapat dilakukan perempuan yang sedang haid saat bulan puasa ini adalah mendengarkan kajian atau majelis taklim sebagai ikhtiar menuntut ilmu
  • Begini Perbedaan Qadha...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 16:58 WIB
    Sebagian mengatakan bahwa Qadar adalah kententaun Allah sejak zaman azali (zaman yang tak ada awalnya), sedangkan Qadha adalah ketetapan Allah terhadap sesuatu pada waktu terjadi.
  • Inilah Mengapa Rasulullah...
    Tausyiah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 15:44 WIB
    Kawin mutah pernah diperkenankan oleh Rasulullah SAW sebelum stabilnya syariah Islamiah. Kala itu Rasulullah SAW membolehkan kawin mutah ketika dalam bepergian dan peperangan.
  • Hukum Percaya Ramalan...
    Tausyiah
    Selasa, 02 Juli 2024 - 14:09 WIB
    Hukum percaya ramalan kiamat manusia adalah dilarang dalam Islam. Bahkan, Islam melarang umatnya mempercayai segala bentuk ramalan, termasuk ramalan tentang kiamat.
  • Hukum Salat dengan Pakaian...
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 08:07 WIB
    Busana yang dikenakan untuk muslim dan muslimah sangat terkait dengan pelaksanaan ibadah di dalamnya, misalnya saat hendak salat. Bolehkah salat dengan pakaian tipis?
  • Memaknai Puasa Berdasar...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 07:30 WIB
    Puasa juga berarti menahan secara mutlak dan menolak secara total dari apapun selain al-Haq. Puasa jenis ini adalah puasanya orang-orang yang akalnya bersih, yakin dan telah mencapai kasyf atas hakikat dengan semampunya.
  • Tak Boleh Sembarangan...
    Muslimah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 08:15 WIB
    Dalam Islam, ada ketentuan-ketentuan dalam menjatuhkan talak bagi pasangan suami istri. Ketentuan tersebut untuk mewujudkan maslahat dan menjauhkan madharat dari mereka
  • Hukum Seorang Istri...
    Muslimah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 17:01 WIB
    Syariat menganjurkan kepada setiap muslim dan muslimah untuk melakukan ibadah kurban terutama bagi yang memiliki kelapangan harta. Bagi mereka yang mampu, tentu berkurban tidak terlalu sulit.