Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 180)

  • Rutin Membaca Surat...
    Muslimah
    Selasa, 31 Mei 2022 - 10:00 WIB
    Surat Al-Waqiah adalah salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah. Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari
  • Kisah Sufi Hatim al-Thai...
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:38 WIB
    Kedermawanan tidak mungkin ada tanpa tiga hal. Pertama, memberi tanpa perasaan ingin menjadi dermawan kedua, kesabaran ketiga, tidak menaruh prasangka.
  • Keindahan dalam Konsep...
    Tausyiah
    Selasa, 28 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Untuk tujuan memperkenalkan-Nya --disamping tujuan yang lain-- kitab suci Al-Quran mengajak manusia memandang ke seluruh jagat raya, antara lain dari sisi keserasian dan keindahanya.
  • Kasus Beda Pendapat...
    Hikmah
    Selasa, 29 November 2022 - 08:12 WIB
    Salah satu sebab utama ikhtilaf di antara para sahabat itu adalah prosedur penetapan hukum untuk masalah-masalah baru yang tidak terjadi pada zaman Rasulullah SAW.
  • Haruskah Suami Berdandan...
    Muslimah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 13:52 WIB
    Bila kata bersolek atau berdandan disandingkan dengan kaum pria yang sudah berstatus suami khususnya apakah penting kata tersebut dalam hubungan rumah tangga? Adakah simbiosis mutualisme di antara keduanya? Bagaimana menurut syariat?
  • Hukum Tajwid Surat An...
    Tips
    Minggu, 10 Desember 2023 - 13:16 WIB
    Hukum tajwid An Nur ayat yang ke-30 akan dibahas dalam artikel dibawah ini. Membaca Al Quran dengan tajwid yang benar adalah hal yang dianjurkan dalam ajaran Islam.
  • Selain Al-Kahfi, Ini...
    Tips
    Minggu, 13 Maret 2022 - 17:38 WIB
    Islam mengingatkan manusia tentang bahaya fitnah Dajjal dan cara berlindung dari keburukannya. Selain baca Al-Kahfi, berikut doa yang diajarkan Nabi.
  • Perintah Berbhakti kepada...
    Tausyiah
    Kamis, 01 Juni 2023 - 13:00 WIB
    Ada satu amalan yang Allah Subhanahu wa taala dijadikan kunci yang bisa membuat bahagia dunia dan akhirat, yakni amalan Birrul Walidain atau berbakti kepada kedua orang tua.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Kamis, 20 Juni 2024 - 16:51 WIB
    Hukum Tajwid Surat Yasin ayat 8 ini bisa dijadikan bahan pembelajaran bagi umat muslim yang tengah mempelajari hukum tajwid. Dalam ayat ini banyak hukum bacaan Mad beserta beberapa hukum nun dan mim sukun.
  • Wawasan Al-Quran tentang...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 07:24 WIB
    Patung-patung tersebut, karena tidak disembah atau diduga akan disembah, maka keterampilan membuatnya serta memilikannya dinilai sebagai bagian dari anugerah Ilahi.
  • Pembom Bunuh Diri Akan...
    Tausyiah
    Kamis, 01 April 2021 - 20:01 WIB
    Pendapat saya dalam hal ini, bahwa ia telah bunuh diri dan akan diazab di neraka jahanam dengan alat yang dipakai bunuh diri tersebut, sebagaimana telah disabdakan Rasulullah dalam hadis yang sahih.
  • Saat Sakaratul Maut...
    Hikmah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 09:32 WIB
    Rasulullah SAW akan membakar Al-Qamah karena pada saat sakaratul maut ia tak mampu mengucapkan laa ilaaha illallah. Hanya saja, sejumlah ahli hadis menyebut kisah ini batil.
  • Kisah Khaulah Menggugat...
    Tausyiah
    Minggu, 20 Agustus 2023 - 17:30 WIB
    Surat Al-Mujadilah ayat 1 sampai 4 turun sehubungan dengan kasus antara Aus bin Shamit dengan istrinya, Khaulah binti Tsalabah, ketika Aus berkata kepada istrinya: Kamu bagiku sudah seperti punggung ibuku.
  • Idul Adha: Syarat Sah...
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:26 WIB
    Hewan kurban hendaklah dalam keadaan sehat bebas dari aib, cacat, atau penyakit lainnya. Upayakan bertubuh besar, gemuk, dagingnya banyak, dan fisiknya sempurna.
  • Temui Grand Syekh Al-Azhar...
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juni 2024 - 14:38 WIB
    Ketua MUI Bidang Ukhuwah dan Dakwah M Cholil Nafis melakukan pertemuan khusus dengan pemimpin tertinggi Institusi Al-Azhar Kairo Mesir, Grand Syekh Prof Ahmed Thayeb.
  • Hukum Mencari Jodoh...
    Tips
    Selasa, 25 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Hukum mencari jodoh lewat aplikasi dalam pandangan Islam adalah boleh. Prinsipnya, dalam mencari jodoh itu dilakukan dengan cara baik dan menghindari pacaran yang bisa membawa maksiat.
  • Inilah Pola Makan Ibu...
    Muslimah
    Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:25 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala mengabarkan bahwa pentingnya memberi asupan yang baik, bergizi, serta halal, hingga ibu harus memberikan air susu kepada bayinya selama dua tahun. Begini penjelasannya!
  • Perjalanan Haji Usai,...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 11:58 WIB
    Seluruh agenda Ibadah haji 1.444 Hijriyah telah rampung, dan kini Kementerian Agama Republik Indonesia kembali membuka akses ibadah umroh. Menyikapi hal tersebut, banyak perusahaan travel dan umrah telah menyiapkan program-program barunya
  • Membaca Surat Yasin...
    Hikmah
    Kamis, 11 Januari 2024 - 19:18 WIB
    Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan karena banyak keutamaannya
  • Pengetahuan tentang...
    Tausyiah
    Kamis, 16 Februari 2023 - 13:58 WIB
    Tidak ada yang lebih dekat kepada anda kecuali diri anda sendiri. Jika anda tidak mengetahui diri anda sendiri, bagaimana anda bisa mengetahui segala sesuatu yang lain.