Topik Terkait: Hukum Al Quran (halaman 200)

  • Sultan Muhammad Al-Fatih,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 10 Februari 2023 - 09:33 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih bukan hanya tangguh dan piawai sebagai komandan perang. Dia adalah penakluk Konstantinopel yang dikenal sangat memuliakan ulama.
  • Nuzulul Quran dan Peran...
    Tausiyah
    Kamis, 02 Juli 2015 - 12:51 WIB
    Keluarga menjadi sorotan terpenting agar Indonesia bertahan dari krisis paling buruk sekalipun, lebih khusus peran Ayah menjadi sangat penting.
  • Haram Hukumnya Menisbatkan...
    Tips
    Jum'at, 13 September 2024 - 18:34 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan Islam tidak membenarkan seorang anak menyandarkan nasabnya kepada orang lain dan dipanggil bukan dengan panggilan ayahnya sendiri.
  • Ide Brilian Salman Al-Farisi...
    Hikmah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:29 WIB
    Salman Al-Farisi radhiyallahu anhu (RA), sahabat Nabi yang menjadi pahlawan berkat ide briliannya membuat parit dalam upaya melindungi Madinah dari kepungan musuh.
  • Hukum Tajwid Surat Ibrahim...
    Tips
    Senin, 29 Juli 2024 - 20:22 WIB
    Hukum Tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 antara lain: Mad lazim harfi musyba mukhaffaf, Mad ashli, Alif lam, dan sebagainya. Berikut ini hukum tajwid Surat Ibrahim ayat 1-4 dikutip dari laman Tahsin.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Larangan Menyemir Uban...
    Tips
    Sabtu, 13 Mei 2023 - 23:52 WIB
    Menyemir uban merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Namun, beliau melarang umatnya menyemir uban dengan warna hitam. Berikut alasannya.
  • Hakikat Puasa Ramadhan...
    Tausiyah
    Kamis, 16 Mei 2019 - 13:01 WIB
    Dalam pandangan Imam Al-Ghazali, puasa memiliki tiga tingkatan: Pertama: Puasa umum (awam), kedua: khusus (spesial), dan ketiga: khususil khusus (istimewa)
  • Perbedaan Ucapan Amin...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:02 WIB
    Di antara umat Islam, masih banyak yang keliru mengucapkan kata Amin (??????). Salah satu kesalahan mengucapkan Amin yaitu mengucap dengan lafaz tasydid Aammin (?????). Ada juga yang menghapus huruf Ya menjadi Ammin (??????).
  • Kisah Perjalanan Nabi...
    Hikmah
    Minggu, 04 Februari 2024 - 10:18 WIB
    Setiap tanggal 27 Rajab, umat Islam memperingati Isra Miraj, yaitu perjalanan Rasulullah SAW dan malaikat Jibril dari Masjidil Haram, Makkah menuju Masjid al-Aqsa di Baitul Maqdis, Palestina. Kemudian melanjutkan menuju langit Sidratul Muntaha.
  • Kafarat Bagi yang Membatalkan...
    Tips
    Rabu, 05 Mei 2021 - 15:51 WIB
    Bila seandainya ada orang yang tidak berpuasa ataupun melanggar sesuatu yang berkaitan dengan hukum-hukum puasa, maka dia membayar kafarat (penebus). Bagaimana kafarat itu diberlakukan?
  • 3 Aspek Pokok Bukti...
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:32 WIB
    Secara umum kita dapat membagi uraian Al-Quran tentang bukti Keesaan Tuhan dengan tiga bagian pokok, yaitu: Kenyataan wujud yang tampak, rasa yang terdapat dalam jiwa manusia, dan dalil-dalil logika.
  • Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:23 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari meninggal di pengasingan. Ia menyusul istri dan putranya yang meninggal terlebih dahulu. Akhir Abu Dzar sesuai dengan nubuat Nabi SAW
  • Hukum Suami Memukul...
    Tips
    Selasa, 04 Januari 2022 - 08:27 WIB
    Hukum seorang suami memukul istri dalam Islam tidak diperbolehkan, bahkan diancam dosa bila memukul istri tanpa ada sebab yang dibenarkan oleh syariat.
  • Doa Nabi Isa yang Dibaca...
    Tips
    Kamis, 22 Juni 2023 - 11:54 WIB
    Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin menyebutkan bahwa doa yang senantiasa dipanjatkan oleh Nabi Isa as di waktu pagi hari adalah doa sebagai berikut:
  • Bagaimana Hukum Mengembalikan...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Juli 2024 - 14:18 WIB
    Bagaimana hukum mengembalikan atau meminta kembali barang barang seserahan khitbah (lamaran) karena batal menikah? Begini penjelasannya dalam aturan Islam
  • 6 Sifat yang Harus Dijauhi...
    Muslimah
    Minggu, 03 April 2022 - 05:40 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan kaum perempuan agar menjauhi 6 sifat ini, serta menganjurkan para lelaki agar tidak mempersuntingnya sebagai istri.
  • Begini Adab Lamaran...
    Tips
    Sabtu, 27 Mei 2023 - 13:06 WIB
    Adab lamaran dalam Islam penting untuk diketahui oleh seluruh umat muslim. Terutama bagi mereka yang hendak melakukan ibadah terlama dalam hidup ini.
  • Syaikh Al-Albani: Turunnya...
    Hikmah
    Sabtu, 27 Januari 2024 - 07:24 WIB
    Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani mengatakan sesungguhnya hadis-hadis tentang Dajjal dan turunnya Isa bin Maryam as adalah mutawatir, wajib diimani.
  • Surah Al-Waqiah: Rahasia...
    Tausyiah
    Kamis, 15 Oktober 2020 - 12:54 WIB
    Allah Maha Pemberi rezeki. Sangat mudah bagi Allah untuk memberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka bagi hamba-Nya yang Dia kehendaki. Apa sih yang sulit bagi Allah? Tidak ada!
  • UAH Bongkar Arti Huruf...
    Tausyiah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Apa sebenarnya arti huruf Alif Lam Mim yang terdapat di awal Surat Al-Baqarah dan beberapa surat lainnya? Berikut penjelasan Ustaz Adi Hidayat (UAH).