Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 71)

  • Ini Mengapa Murtad Dihukum...
    Tausyiah
    Senin, 27 Februari 2023 - 08:40 WIB
    Sesungguhnya masyarakat Islam itu pertama kali tegak di atas akidah dan keimanan. Oleh karena itu tidak diperbolehkan bagi siapa pun untuk merusak asas tersebut atau mengusik identitas ini
  • Kewajiban Haji: Hukum...
    Tips
    Kamis, 23 Juni 2022 - 12:13 WIB
    Syaikh Abdul Aziz mengatakan yang lebih hati-hati adalah melontar sebelum Maghrib bagi orang yang mampu melakukan demikian itu karena berpedoman kepada Sunnah dan keluar dari perselisihan.
  • Quraish Shihab: Kebutuhan...
    Tausyiah
    Kamis, 04 Januari 2024 - 21:22 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan dalam pandangan Islam, keberagamaan adalah fitrah atau sesuatu yang melekat pada diri manusia dan terbawa sejak kelahirannya.
  • Hukum Salat Berjamaah...
    Tips
    Kamis, 07 Mei 2020 - 08:15 WIB
    Banyak Hadis yang menjelaskan tentang keutamaan salat berjamaah di masjid terutama bagi kaum laki-laki. Lalu, bagaimana hukum salat berjamaah di masjid menurut Mazhab Syafii?
  • Surah Ali Imran Ayat...
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 10:47 WIB
    Imam Thabari menjelaskan bahwa doa dalam QS Ali Imran ayat 8 mengandung permohonan agar Allah melindungi hati kita agar tidak condong kepada pemahaman yang sesat dan salah.
  • Adakah Dalil Membaca...
    Tausyiah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 17:07 WIB
    Dalil membaca Surat Yasin di malam Jumat ini kerap dipertanyakan oleh setiap muslim. Mengingat dalil yang shahih terkait surat dalam Al Quran yang dibaca ketika malam Jumat adalah Surah Al Kahfi.
  • Benarkah Imam Al-Ghozali...
    Tausyiah
    Rabu, 18 Januari 2023 - 07:15 WIB
    Sebagian kelompok muslim di masa kini sering melontarkan bahwa Imam Al-Ghozali tidak paham ilmu Hadis. Benarkah Imam Al-Ghozali tidak paham ilmu Hadis?
  • Peristiwa Muharram:...
    Hikmah
    Sabtu, 30 Juli 2022 - 15:12 WIB
    Pada 10 Muharram, diyakini sebagai hari Allah Taala mengampuni Nabi Daud setelah beliau bertaubat dengan terus-menerus bersujud kepada Allah selama 40 hari 40 malam tanpa makan dan minum.
  • Tidak Ada Istilah Bidah...
    Hikmah
    Kamis, 14 September 2023 - 17:50 WIB
    Hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim tersebut menjelaskan bahwa semua bidah itu jelek dan tertolak. Tidak ada istilah bidah hasanah dalam agama, ujarnya.
  • Hukum Pakaian yang Terkena...
    Muslimah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 12:29 WIB
    Dalam Islam, keputihan atau ifrazat adalah lendir yang umumnya bening, keluar dari organ reproduksi wanita, namun bukan madzi dan mani, baik karena syahwat maupun ketika aktivitas normal.
  • Rasulullah SAW Tidak...
    Hikmah
    Rabu, 07 Februari 2024 - 10:08 WIB
    Dalam Islam, seorang pemimpin harus memiliki moral, akhlak, dan kemampuan yang mumpuni. Ia harus bisa bersikap adil, jujur, dan tidak semena-mena. Pemimpin tidak boleh mencelakai rakyat dan bangsanya. Pemimpin tidak boleh dzalim.
  • 4 Syarat Penyembelihan...
    Tausyiah
    Selasa, 09 Juli 2024 - 09:39 WIB
    Persyaratan ini dapat gugur apabila penyembelihan itu ternyata tidak dapat dilakukan pada tempatnya yang khas, misalnya karena binatang tersebut jatuh dalam sumur.
  • Hukum Kurban Online,...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:53 WIB
    Hukum kurban online kerap menimbulkan pro dan kontra. Hal ini disebabkan oleh pendapat sejumlah pihak yang menilai kegiatan ibadah tersebut kurang sempurna karena tidak menyaksikan penyembelihan dan pembagian secara langsung.
  • Tadabur Surat An-Nur...
    Hikmah
    Kamis, 20 Juli 2023 - 15:24 WIB
    Setelah menjelaskan hukuman bagi pezina dan hukum menikahinya, Allah Taala kemudian menerangkan larangan dan sanksi terhadap orang yang menuduh orang baik berbuat zina.
  • Menceritakan Nikmat...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:14 WIB
    Allah memerintahkan hamba-Nya untuk senantiasa bersyukur dan mengagungkan nikmat yang dikaruniakan-Nya. Apakah menceritakan nikmat bentuk syukur atau pamer? Simak penjelasannya.
  • Paham Sesat Kaum Rafidhah:...
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 13:51 WIB
    Salah satu kepercayaan kaum Rafidhah adalah anggapan mereka bahwa Al-Quran tidak autentik. Menurut mereka al Quran telah berubah dari aslinya,. Ini terjadi karena ulah Abu Bakar dan Umar.
  • Perhatikan! Mandi Wajib...
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 18:20 WIB
    Mandi wajib merupakan hal yang wajib dipelajari setiap muslim. Banyak orang awam mungkin melakukan mandi wajib dengan menciduk air langsung pakai sabun atau sampo.
  • Bagaimana Hukum Seorang...
    Muslimah
    Selasa, 02 Juli 2024 - 10:26 WIB
    Dalam Islam, hukum seorang istri mendiamkan suami diperbolehkan, dengan catatan jika tujuannya untuk menghindari pertengkaran yang sia-sia.Kenapa demikian?
  • Bolehkah Menamai Anak...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 23:33 WIB
    Bolehkah menggunakan nama Malaikat seperti Jibril atau Mikail untuk anak kita? Berikut penjelasan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikut.
  • Islam Mengajarkan untuk...
    Tausiyah
    Sabtu, 25 Mei 2019 - 03:36 WIB
    Dalam Alquran Al-Karim, mencari-cari kesalahan orang lain disebut dengan istilah tajassasu (tajassus). Perbuatan ini tergolong sifat tercela yang amat dibenci Allah dan Rasul-Nya.