Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol Tapi Tidak Mabuk (halaman 22)

  • Bolehkah Menyerahkan...
    Tausyiah
    Senin, 25 April 2022 - 14:41 WIB
    Mazhab Malikiyah dan Syafiiyah menyatakan, tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang si pemberi zakat berkewajiban menanggung nafkah mereka.
  • Doa Memohon Menghilangkan...
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 18:05 WIB
    Doa memohon agar dikuatkan beribadah serta dihilangkan rasa malas dianjurkan diamalkan setiap muslim. Sebab pada hakikatnya,manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Bolehkah Membagikan...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:10 WIB
    Bagaimana hukumnya membagikan daging kurban yang sudah matang? Sah atau tidak? Pertanyaan ini seringkali muncul dalam pembagian daging kurban Iduladha.
  • Inilah Panduan Khusus...
    Muslimah
    Minggu, 16 Agustus 2020 - 09:15 WIB
    Secara bahasa istiqamah artinya lurus dan secara istilah adalah suatu perbuatan dan sifat yang senantiasa mengikuti jalan yang lurus yakni jalan yang diridhai Allah Taala.
  • Hukum Membaca Yasin...
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 13:30 WIB
    Hukum membaca Yasin atau Surat Yasin malam Jumat masih banyak diperdebatkan. Namun, bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafii, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan
  • Perbedaan Ucapan Amin...
    Hikmah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 12:02 WIB
    Di antara umat Islam, masih banyak yang keliru mengucapkan kata Amin (??????). Salah satu kesalahan mengucapkan Amin yaitu mengucap dengan lafaz tasydid Aammin (?????). Ada juga yang menghapus huruf Ya menjadi Ammin (??????).
  • 8 Syarat Berdandan bagi...
    Muslimah
    Senin, 03 Oktober 2022 - 10:01 WIB
    Berdandan bagi seorang muslimah tentu dibolehkan asal sesuai dengan syariat yang ditetapkan dalam Al-Quran dan Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Hukum Menikahi Sepupu...
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 15:29 WIB
    Dalam ayat tersebut menyebutkan beberapa kriteria orang yang diharamkan untuk dikawini karena sebab hubungan nasab. Suatu perkawinan yang tidak dilarang dalam Al-Quran, maka boleh dilaksanakan.
  • Inilah Hukum Syariat...
    Muslimah
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Di antara usaha setan yang paling dahsyat menganggu manusia adalah memisahkan seorang suami dan istrinya, serta merusak hubungan baik antara keduanya
  • Azab Mengerikan bagi...
    Tausyiah
    Kamis, 23 Maret 2023 - 10:03 WIB
    Hukum bagi seorang muslim yang membatalkan puasa dengan sengaja tanpa alasan yang dibenarkan syariat sungguh sangat berat. Dia telah melakukan kesalahan atas hak dirinya sendiri dan juga hak masyarakatnya.
  • Hukum Puasa Pada Hari...
    Tips
    Jum'at, 15 Oktober 2021 - 12:51 WIB
    Bagaimana hukum puasa pada hari Jumat? Boleh atau tidak? Mana dalilnya? Begitulah kira-kira pertanyaan yang sering muncul, tentang ibadah sunnah yang dilaksanakan pada hari Jumat.
  • Kisah Nabi SAW Mencintai...
    Hikmah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 11:56 WIB
    Rasulullah SAW sangat mencintai pamannya, Abbas bin Abdul Muthalib ra. Kendati demikian, beliau tidak memberi jabatan di pemerintahan kepada Abbas padahal sang paman sangat menginginkan jabatan tersebut.
  • Kisah Nazar Sayyidah...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:41 WIB
    Ibnu Zubair meminta tolong para sahabat agar mempertemukan dengan Aisyah. Demi Allah, tidaklah halal (baik) baginya bernazar untuk memutuskan hubungan denganku.
  • Sedekah Apakah Paling...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 17:07 WIB
    Keutamaan bersedekah selain dapat meredam murkanya Allah, juga dapat menghapus dosa-dosa. Muncul pertanyaan, apakah sedekah yang paling afdhol (paling utama)?
  • Putranya Bersalah, Sultan...
    Hikmah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 15:24 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih dikenal sebagai pemimpin yang senantiasa menegakkan keadilan. Beliau sangat memperhatikan terpeliharanya keadilan di seluruh pelosok wilayah Utsmani.
  • Hukum Mengucap Sayyidina...
    Tausiyah
    Jum'at, 31 Mei 2019 - 20:26 WIB
    Mengucap kata Sayyidina ketika menyebut nama Nabi Muhammad SAW sering menjadi perbincangan bagi warga muslim. Bagaimana sebenarnya hukum menyebut kata Sayyidina?
  • Waspada, Tidak Bersyukur...
    Muslimah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 06:31 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala sangat tidak menyukai hambanya yang tidak bersyukur. Seorang muslim yang tidak bersyukur kepada Allah bisa disebut mendurhakai atau kufur terhadap nikmat.
  • Dosa Besar Zina dan...
    Tausyiah
    Jum'at, 21 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Apabila seorang hamba berzina keluarlah iman darinya. Lalu iman itu berada di atas kepalanya seperti naungan, maka apabila dia telah bertobat, kembali lagi iman itu kepadanya
  • Perjalanan Haji Usai,...
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 11:58 WIB
    Seluruh agenda Ibadah haji 1.444 Hijriyah telah rampung, dan kini Kementerian Agama Republik Indonesia kembali membuka akses ibadah umroh. Menyikapi hal tersebut, banyak perusahaan travel dan umrah telah menyiapkan program-program barunya
  • Kisah Anthropologist...
    Dunia Islam
    Selasa, 03 Januari 2023 - 05:15 WIB
    Dia adalah Mr RI Mellema. Anthropologist, penulis, dan guru asal Belanda ini adalah Kepala Bagian Islam pada Tropical Museum di Amsterdam. Beliau pengarang buku.