Topik Terkait: Hukum Minum Alkohol (halaman 6)

  • Hukum Bacaan Tajwid...
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 14:24 WIB
    Hukum bacaan surat Abasa ayat 1-10 penting untuk disimak. Sebab dengan mengetahuinya, ketika membaca ayat tersebut akan menjadi fasih dan tartil pada setiap kalimatnya.
  • Hukum Menggabungkan...
    Muslimah
    Rabu, 29 Maret 2023 - 11:36 WIB
    Bagaimana hukumnya menjalankan puasa Ramadan dengan niat sambil berdiet? Pasalnya, di kalangan muslimah ada anggapan bahwa puasa sangat tepat untuk menurunkan berat badan.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 05:15 WIB
    Hukum Islam yang dicita-citakan umat Islam bukanlah fikih salah satu mazhab pada masa tertentu. Hukum Islam yang diinginkan adalah kaidah-kaidah dan hukum-hukum yang pokok yang telah ditetapkan oleh Al Quran dan Sunnah.
  • Doa Saat Minum Obat...
    Tips
    Selasa, 04 Juli 2023 - 10:57 WIB
    Ketika akan meminum obat, kita dianjurkan membaca doa agar obat yang kita minum tidak menjadi racun dalam tubuh, dan bisa menjadi ikhtiar kita untuk sembuh dari rasa sakit tersebut.
  • Hukum Tajwid Surat Yasin...
    Tips
    Rabu, 19 Juni 2024 - 18:37 WIB
    Hukum tajwid Surat Yasin ayat 6-7 penting dipelajari kaum muslim. Tak sekadar menambah ilmu atau pengetahuan, namun juga ditujukan agar nantinya tidak keliru saat membacanya.
  • 2 Hikmah Ibadah Kurban,...
    Tausyiah
    Rabu, 12 Juni 2024 - 09:15 WIB
    Mencontoh Nabi Ibrahim yang diperintahkan agar menyembelih buah hatinya, lalu ia meyakini kebenaran mimpinya maka Allah menggantikannya dengan sembelihan yang besar.
  • 3 Penyebutan Orang yang...
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Agustus 2023 - 19:13 WIB
    Rasulullah SAW mengingatkan kita untuk tidak mudah menuduh kafir kepada saudaranya. Sebab, bila tuduhan kafir tersebut tidak benar, maka akan berbalik kepada yang menuduh.
  • Hukum Foto di Depan...
    Tips
    Senin, 08 Januari 2024 - 18:38 WIB
    Bagaimana hukum foto di depan Kakbah? Berswa-foto selfie atau mengambil gambar dengan kamera pada hakikatnya merupakan sesuatu yang hukumnya mubah (boleh).
  • Hukum Menunda Kehamilan...
    Muslimah
    Jum'at, 03 November 2023 - 09:36 WIB
    Kian marak pasangan suami istri yang menunda kehamilan atau menunda-nunda untuk memiliki momongan. Banyak alasan mengemuka, salah satunya karena belum siap secara materi, alasan istri masih bekerja dan lain sebagainya.
  • Hukum Memakai Pensil...
    Muslimah
    Senin, 03 Januari 2022 - 13:48 WIB
    Hukum memakai pensil alis bagi perempuan diperbolehkan selama tidak berlebihan dan melanggar ketentuan syariat. Islam sangat menganjurkan kerapian baik rambut, bulu alis, kuku, dan lain sebagainya.
  • Hukum Pencangkokan Sperma...
    Tips
    Jum'at, 13 September 2024 - 18:27 WIB
    Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengatakan Islam juga mengharamkan apa yang disebut pencangkokan sperma (bayi tabung), apabila ternyata pencangkokan itu bukan sperma suami.
  • Hukum Muslimah Bercadar...
    Muslimah
    Jum'at, 05 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Bagaimana hukumnya seorang muslimah memajang foto diri yang berniqab atau bercadar sebagai foto profil di jejaring sosial? Bolehkah muslimah juga eksis di medsos ini?
  • Hukum Jual Beli Kucing...
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 20:39 WIB
    Hukum jual beli kucing dalam Islam perlu diketahui kaum muslimin. Berikut pandangan syariat terhadap hukum jual beli kucing berdasarkan Hadis Nabi.
  • Syaikh Yusuf al-Qardhawi...
    Hikmah
    Selasa, 08 November 2022 - 10:15 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan bahaya besar yang dihadapi oleh masyarakat Islam adalah ancaman terhadap akidahnya atau pemurtadan. Dia sisi lain, beliau juga menyoroti hukum bagi Salman Rushdie.
  • Jelang Ramadhan: Ini...
    Tausyiah
    Jum'at, 25 Maret 2022 - 17:02 WIB
    Bagi mereka yang masih berutang puasa maka hendaknya segera dilunasi. Berikut adalah konsekwensinya apabila belum membayar utang puasa tahun lalu, sementara Ramadhan berikutnya tiba.
  • Bernazar Tak Ingin Hamil...
    Muslimah
    Minggu, 04 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagaian kaum perempuan terutama seorang istri, memiliki rasa trauma ketika proses melahirkan. Kondisi itu, terkadang membuat mereka mengucapkan atau bernazar tak ingin hamil lagi.
  • Hukum Mengeluh bagi...
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 09:35 WIB
    Tidak mengapa bagi si sakit untuk mengeluhkan rasa sakit dan penderitaannya kepada dokter atau perawatnya, kerabat atau temannya, selama hal itu dilakukan tidak untuk menunjukkan kebencian kepada takdir.
  • Hukum Tajwid Surat Al...
    Tips
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 19:04 WIB
    Hukum tajwid surat Al Maarij ayat 1-5 ini bisa menjadi bahan belajar bagi setiap muslim untuk memahami hukum bacaan. Mengingat hukum mempelajari ilmu tajwid adalah adalah fardhu kifayah.
  • Hukum Makan Bekicot...
    Tausyiah
    Rabu, 28 Agustus 2024 - 16:49 WIB
    Hukum makan bekicot menurut empat madzhab besar ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena terdapat perbedaan pendapat mengenai boleh tidaknya untuk setiap pemeluk ajaran Islam.
  • Hukum Bacaan Surat Al...
    Tips
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:54 WIB
    Surat Al-Maun adalah salah satu surat pendek dalam Al-Quran yang memiliki pesan penting tentang kebaikan sosial dan hubungan antarmanusia. Surat ini terdiri dari tujuh ayat dan termasuk dalam juz ke-30 Al-Quran.