Topik Terkait: Ijtima Ulama (halaman 26)

  • Profil Gus Kikin, Cicit...
    Dunia Islam
    Senin, 05 Agustus 2024 - 16:11 WIB
    Profil Gus Kikin alias KH Abdul Hakim Mahfudz menjadi informasi yang banyak dicari belakangan ini. Ia baru saja terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk masa khidmat 2024-2029.
  • Mendidik Remaja Mencontoh...
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 07:54 WIB
    Generasi salaf adalah generasi terbaik dari umat Islam. Secara istilah, yang dimaksud salaf adalah tiga generasi awal umat Islam yang merupakan generasi terbaik, yaitu para sahabat Nabi, para tabiin, dan tabiut tabiin
  • Tajamnya Firasat Imam...
    Hikmah
    Senin, 21 November 2022 - 06:30 WIB
    Hati-hati dengan firasat orang saleh. Mereka memiliki firasat yang tajam sebagaimana kisah Imam Syafii dan Imam Muhammad As-Syaibani. Berikut kisahnya.
  • Ustaz Muhammad Naqib:...
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 06:34 WIB
    Bulan suci Ramadan boleh pergi, namun seorang muslim hendaknya tetap istiqamah beribadah kapan dan di mana saja. Jadilah hamba Allah, bukan hamba Ramadan.
  • Inilah Wasiat Syaikh...
    Muslimah
    Senin, 09 November 2020 - 07:01 WIB
    Syaikh Muhammad Bin Sholeh Al-Utsaimin menuliskan sebelas wasiat untuk kaum perempuan muslimah. Ia berharap bahwa setiap perempuan muslimah memegang teguh wasiatnya ini, agar selamat dunia dan akhirat
  • Kisah Ulama Lanjut Usia...
    Hikmah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:16 WIB
    Banyak kisah unik terdahulu sarat dengan hikmah namun bisa dijadikan penghibur sekaligus pelajaran berharga. Berikut ini kisah seorang ulama lanjut usia menikahi gadis muda.
  • Kisah Orang Saleh Ketika...
    Hikmah
    Kamis, 23 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Pada bagian pertama kita sudah menceritakan kisah Imron bin Husain radhiallahu anhu (RA) yang menderita penyakit buang air selama tiga puluh tahun tidak dapat bergerak dari tempat tidurnya.
  • 5 Peristiwa Penting...
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:10 WIB
    Bulan Syaban merupakan salah satu bulan mulia. Sebab dalam bulan ini terkandung sederet peristiwa penting, salah satunya adalah perindahan kiblat dalam sholat.
  • Sejarah Hari Santri,...
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:17 WIB
    Sejarah hari santri, ditetapkan 22 Oktober merujuk pada hari Resolusi Jihad yang diserukan KH Hasyim Asyari pada tanggal tersebut. Resulusi Jihad itu sendiri menjadi momentum kebangkitan kaum santri.
  • Habib Geys Assegaf:...
    Tausiyah
    Rabu, 27 November 2019 - 16:29 WIB
    Islam sangat memuliakan ulama, murobbi, guru, massyaikh, syeikh dan para asatiz. Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf mengimbau para pencari ilmu agar berhati-hati memilih guru.
  • Imam Syafii Pernah Mengadu...
    Hikmah
    Sabtu, 12 September 2020 - 07:05 WIB
    Suatu hari Imam Syafii mengadu kepada gurunya Imam Waki tentang tentang jeleknya hafalannya. Padahal Imam Syafii terkenal dengan hafalan yang luar biasa.
  • Kisah Imam Ahmad bin...
    Hikmah
    Senin, 20 April 2020 - 23:50 WIB
    Imam Ahmad bin Hanbal, ulama besar pendiri mazhab Hanbali (murid Imam Syafii) punya kisah menarik bertemu dengan seorang penjual (tukang) roti.
  • Pandangan Habib Umar...
    Tausiyah
    Kamis, 09 April 2020 - 09:05 WIB
    Salah satu sahabat di Inggris Raya meminta pendapat kepada ulama besar Yaman, Al-Habib Umar Bin Hafidz terkait pelarangan menghadiri Salat Jumat dan Jamaah akibat wabah Corona.
  • Kisah Inspirasi Perjuangan...
    Hikmah
    Kamis, 13 Mei 2021 - 07:05 WIB
    Ustaz Tengku Zulkarnain adalah salah satu ulama yang aktif berdakwah melalui media sosial, seperti di akun IG beliau yang selalu ramai dengan komentar para netizen, baik yang pro maupun kontra.
  • Profil Ustaz Abdul Somad,...
    Dunia Islam
    Senin, 06 Juni 2022 - 22:36 WIB
    Siapa tak kenal Ustaz Abdul Somad, Dai yang akrab disapa dengan UAS. Beliau juga dijuluki singa podium karena kepandaiannya merangkai kata dan lantang menyampaikan kebenaran.
  • Mengambil Berkah dari...
    Tausiyah
    Rabu, 11 Maret 2020 - 21:42 WIB
    Sekiranya saja pemerintah mengetahui fadhilah (keutamaan) membaca dan mengkhatamkan Kitab Shahih Al-Bukhari, tentulah mereka akan memberi perhatian khusus terhadap tradisi yang mulia ini.
  • Kisah Ulama Syam yang...
    Hikmah
    Rabu, 14 Desember 2022 - 17:30 WIB
    Ulama terbaik Syam, Al-Muhaddis As-Sayyid Syaikh Badruddin Al-Hasani punya kisah unik saat mengemban dakwah di Suriah. Ratusan wanita PSK bertobat berkat dakwahnya.
  • Bisa Ngomong Kebenaran...
    Tausiyah
    Sabtu, 04 April 2020 - 08:26 WIB
    KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, berpendapat mengatakan kebaikan pasti bagian dari kebaikan itu sendiri. Orang harus tetap bicara tentang kebaikan, kendati dirinya tidak mengerjakan kebaikan itu.
  • Habib Muhammad Al-Attas...
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:01 WIB
    Belum lagi hilang kesedihan wafatnya Syekh Ali Jaber dan Habib Ali Bin Abdurrahaman Assegaf dan beberapa ulama lainnya, pagi ini kita dikejutkan dengan berpulangnya Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas.
  • Apakah Seorang Wali...
    Tausyiah
    Minggu, 08 November 2020 - 07:45 WIB
    Dalam Kitab Jami Karamat Al-Aulia karya Yusuf bin Ismail an-Nabhani dijelaskan alasan ketiga, seorang wali tidak mungkin mengetahui bahwa dirinya adalah waliyullah.