Topik Terkait: Imam An Nawawi (halaman 3)

  • Imam Hambali, Dipenjara dan Disiksa Karena Teguh Pendiriannya
    Hikmah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 15:25 WIB
    Imam Syafii berkata, aku keluar Baghdad, sementara itu tidak aku tinggalkan di kota itu orang yang lebih wara, lebih fakih, dan lebih bertakwa daripada Ahmad bin Hambal.
  • Surat An-Nur Ayat 9: Kesaksian Kelima Bagi Istri yang Dituduh Berzina Oleh Suaminya
    Hikmah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:17 WIB
    Pada ayat ini diterangkan bahwa setelah mengucapkan sumpah itu empat kali, pada kali kelima si istri harus menyampaikan penegasan siap menerima laknat Allah jika suaminya benar.
  • Asbabun Nuzul Surat An-Nashr Beserta Maknanya
    Hikmah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 21:54 WIB
    Surat An-Nashr merupakan surat ke 110 dalam Al-Quran terdiri 3 ayat. Dinamai An-Nashr (pertolongan) diambil dari ayat pertama surat ini. Berikut Asbabun Nuzulnya beserta maknanya.
  • Hadis Arbain: Larangan Membuat Sesuatu yang Baru dalam Agama
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:54 WIB
    Barangsiapa yang (memulai) mengada-adakan (sesuatu yang baru) dalam urusan (agama) kami ini yang bukan termasuk bagian darinya, maka amalan tersebut tertolak.
  • Karomah Imam Syafii dan Firasat yang Luar Biasa, Simak Kisahnya
    Hikmah
    Selasa, 20 Desember 2022 - 17:19 WIB
    Di balik keluasan ilmunya, ulama bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafii ini punya karomah yang jarang diketahui umat muslim. Berikut kisahnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Jawaban Cerdas Imam Syafii Saat Ditanya Laki-laki yang Gemar Debat Kusir
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 22:54 WIB
    Imam Syafii adalah seorang Ulama dengan level mujtahid mutlak yang fatwanya diikuti umat Islam. Berikut kisah beliau ketika menghadapi orang-orang bodoh (jahil).
  • Tadabbur Surat An-Nuur Ayat 17: Peringatan Allah untuk Orang Beriman
    Hikmah
    Rabu, 04 Oktober 2023 - 12:01 WIB
    Lanjutan tadabbur Surat An-Nur ini berisi peringatan Allah kepada orang-orang mukmin (beriman) supaya tidak mengulangi perbuatan dosa besar di masa-masa yang akan datang.
  • Imam Al-Ghazali Sarankan Tidur Tak Lebih dari 8 Jam
    Tips
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 10:00 WIB
    Jika setiap hari seseorang menghabiskan waktu sepertiganya untuk tidur, maka dia juga menghabiskan sepertiga hidupnya hanya untuk tidur. Tidur pun pada hakikatnya mirip dengan kematian.
  • Hadis Arbain: Penuntut Harus Membawa Bukti
    Tips
    Sabtu, 18 November 2023 - 10:58 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-33 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Hadis Arbain: Setiap Persendian Ada Sedekahnya
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:09 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-26 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.
  • 4 Hal yang Harus Dilakukan Imam Salat Berjamaah
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 22:15 WIB
    Berikut ini panduan bagi mereka yang ingin menjadi imam salat berjamaah sebagaimana disampaikan Ustaz Asep Sholahuddin dalam Pengajian Tarjih PP Muhammadiyah yang diselenggarakan pada Rabu (31/01)
  • Hadis Arbain: Kebaikan Itu Adalah Akhlak yang Baik
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 11:13 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-27 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 10 Etika Berdoa agar Cepat Terkabul
    Tips
    Selasa, 29 Juni 2021 - 11:32 WIB
    Doa merupakan salah satu cara hamba untuk berinteraksi dengan Rabb-nya. Agar doa yang dipanjatkan ini dikabulkan oleh Allah Subhanhu wa taala, maka seorang hamba harus memperhatikan adab dan etikanya.
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Apa Itu Hikmah? Begini Penjelasan Imam Malik
    Hikmah
    Jum'at, 17 September 2021 - 17:51 WIB
    Kita sering mendengar kata hikmah diartikan sebagai pemahaman dalam agama. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan hikmah? Berikut penjelasannya.
  • Hadis Arbain: Apakah Aku akan Masuk Al-Jannah?
    Tips
    Jum'at, 17 November 2023 - 10:40 WIB
    Berikut ini adalah hadis Arbain ke-22 dari 42 daftar hadis Arbain karangan Imam Nawawi . Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadis dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadis.
  • 4 Resep Menuntut Ilmu dari Imam Asy-Syabi
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Agustus 2021 - 09:05 WIB
    Dai lulusan Universitas Islam Madinah Saudi Arabia, Ustaz Budi Ashari memaparkan empat resep menuntut ilmu dari Imam Asy-Syabi (Amir bin Syurahbil).
  • Imam Lupa Tasyahud Awal, Apa yang Harus Dilakukan?
    Tausyiah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 17:20 WIB
    Dalam sholat berjamaah mungkin kita pernah mendapati imam lupa tasyahud awal (langsung berdiri rakaat ketiga). Lantas apa yang harus dilakukan sebagai makmum?
  • Imam Al-Ghazali: Puasa Berarti Musnahnya Kehendak Nafsu
    Tausyiah
    Kamis, 04 April 2024 - 02:00 WIB
    Imam al-Ghazali, Selama hamba masih terkotori oleh selain Allah, ia tak pantas mendekat dan bersanding dengan-Nya sebelum menyucikan hati dari selain Dia.