Topik Terkait: Ishowspeed (halaman 205)

  • Konflik Bani Umayyah...
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 09:10 WIB
    Konflik yang terjadi pada era jahiliyah antara Bani Hasyim dan Bani Umayyah terus berlanjut pada masa Islam. Aroma permusuhan ini kian kental tatkala Muawiyah mendirikan Dinasti Umayyah.
  • Doa Ketika Lupa Baca...
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 10:23 WIB
    Doa ketika lupa baca doa makan ini sudah diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam hadisnya. Ada bacaan khusus yang harus dilafalkan ketika lupa membaca doa sebelum makan
  • Bantahan Al-Quran Tatkala...
    Hikmah
    Senin, 14 Februari 2022 - 18:28 WIB
    Bangsa Arab jahiliyah percaya bahwa malaikat adalah perempuan, putri-putri kesayangan Allah. Ketika risalah agama Islam turun, anggapan ini dibantah dengan berbagai cara
  • Mandi Sebelum Subuh,...
    Tips
    Senin, 14 Februari 2022 - 23:50 WIB
    Mandi sebelum Subuh memiliki keutamaan pahala dan manfaat untuk kesehatan. Inilah kebiasaan orang-orang terdahulu yang dapat kita teladani.
  • Kisah Sufi Syeh Amir-Sayed...
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 09:52 WIB
    Kisah berikut merupakan salah satu kisah Sufi yang mengandung pembatasan. Tidak boleh dipelajari terpisah, dan di manapun cerita ini dituliskan, seorang murid harus membaca kisah berikutnya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Cerita Rasulullah Ketika...
    Hikmah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 12:14 WIB
    Diceritakan dalam beberapa riwayat bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) pernah melihat Allah Azza wa Jalla dan berdialog dengan-Nya.
  • Berhijab Syari Namun...
    Muslimah
    Rabu, 16 Februari 2022 - 20:00 WIB
    Berhijab syari atau berbusana sesuai dengan syariat sudah kian populer di kalangan wanita muslimah. Namun, dalam penerapannya, masih banyak kaum muslimah yang berhijab syari namun masih tabarruj.
  • Interfaith dan Islamophobia...
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:14 WIB
    Dari organisasi dunia (PBB) ke tingkat negara hingga ke kota dan kampung-kampung, kegiatan Interfaith menjadi sesuatu yang ditradisikan. Masing-masing pelaku agama punya pemahaman beda.
  • Tanggal Terbaik Puasa...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 17:58 WIB
    Ulama ahli tafsir Al-Quran asal Rembang, Gus Baha menjelaskan tanggal terbaik melaksanakan puasa sunnah Rajab. Waktu terbaik puasa Rajab ini merupakan saran dari guru Beliau.
  • Muhammad bin Ali, Arsitek...
    Hikmah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:15 WIB
    Muhammad bin Ali bin Abdullah bin Abbas bin Abdul Muthalibadalah perintis Bani Abbasiyah pertama kali. Peletak dasar ide kekhalifahan Abbasiyah dengan mengkampanyekan ahlul bait.
  • Doa Agar Hati Tenang...
    Tips
    Rabu, 09 Februari 2022 - 18:21 WIB
    Doa agar hati tenang dapat kita baca saat mengalami gelisah atau galau karena persoalan hidup. Kunci ketenangan dalam hidup adalah hati yang damai dan tenang.
  • Takbiratul Ihram Berulang-ulang,...
    Tausyiah
    Rabu, 09 Februari 2022 - 21:08 WIB
    Takbiratul Ihram saat memulai sholat merupakan satu dari 13 rukun sholat. Bagaimana hukum orang yang Takbiratul Ihram berulang-ulang, sahkah sholatnya?
  • Amalan Khusus di Hari...
    Tips
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 08:58 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memberikan tuntunan kepada umat-Nya untuk melakukan amalan lebih khusus di hari Jumat. Sedikitnya ada tiga amalan yang biasa nabiyullah sang uswatun hasanah lakukan di hari istimewa tersebut.
  • Kisah Kaum Nabi Shaleh...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 07:44 WIB
    Nama Shaleh disebutkan di dalam Al-Quran sebanyak sembilan kali, yaitu pada surat Al Araf 73, 75, dan 77, surat Hud 61, 62, 66, dan 89. Juga surat Asy-Syuaraa 142.
  • Baginda Minta Abu Nawas...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Februari 2022 - 07:57 WIB
    Baginda Raja Harun Al Rasyid bertanya kepada Abu Nawas tentang rahasia dua alam, pertanyaan yang tak bisa dijawab para penasihat raja. Abu Nawas menjawab dengan cepat dan memuaskan.
  • 5 Bahaya Sifat Boros...
    Muslimah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 05:15 WIB
    Sifat tabdzir (boros) dan israf (berlebih-lebihan) termasuk akhlak tercela yang harus dihindari para muslimah. Alasannya, kedua perbuatan tersebut dapat menimbulkan bahaya bagi diri sendiri dan juga orang lain.
  • Jibril Memiliki Kedudukan...
    Hikmah
    Minggu, 13 Februari 2022 - 20:18 WIB
    Di antara para malaikat, maka malaikat Jibril memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah SWT. Secara fisik saja, malaikat Jibril memiliki kelebihan dibanding malaikat lainnya.
  • Yuk, Amalkan 4 Lafadz...
    Tips
    Selasa, 15 Februari 2022 - 08:40 WIB
    Beristigfhar atau memohonkan ampun untuk kedua orang tua dan memintakan rahmat Allah Taala untuk keduanya, merupakan salah satu bakti seorang anak kepada orang tua mereka.
  • Kisah Malaikat Bertamu...
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:36 WIB
    Malaikat tak berjenis kelamin, maknanya bukan lelaki atau pun perempuan. Lalu, apakah makhluk gaib ini makan dan minum, layaknya manusia dan binatang?
  • 5 Pahala Amalan Ini...
    Tips
    Rabu, 16 Februari 2022 - 19:27 WIB
    Allah menyediakan banyak amalan yang pahalanya senilai dengan pahala haji ataupun umrah, mengingat kondisi untuk berangkat haji dan umrah masih terkendala wabah covid. Amalan apa itu?