Topik Terkait: Karomah Saad Bin Abi Waqqash (halaman 19)

  • Kisah Ibrahim Bin Adham...
    Hikmah
    Senin, 02 November 2020 - 15:53 WIB
    Ibrahim bin Adham rahimahullah adalah seorang Raja di Balkh (Afghanistan) pada abad ke-7 Masehi. Kemudian beliau meninggalkan kerajaannya dan memilih hidup zuhud.
  • Sedekah Apakah Paling...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 17:11 WIB
    Amalan bersedekah memiliki keutamaan besar di sisi Allah Taala. Selain dapat meredam murkanya Allah, sedekah akan menghapus dosa dan kesalahan.
  • Kisah Walid bin Mughirah...
    Hikmah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 17:29 WIB
    Al-Walid memerintahkan orang-orang Quraisy untuk membawa putranya yang masih remaja untuk diserahkan kepada Abu Thalib dengan harapan dapat dibarter dengan Nabi Muhammad SAW.
  • Hari Kedua Perang Kadisiah:...
    Hikmah
    Senin, 19 Oktober 2020 - 10:25 WIB
    Pertempuran hari itu berlangsung terus sampai malam hari dan pasukan Muslimin melihat ada peluang akan menang. Dengan tak adanya pasukan gajah di pihak Persia pasukan Muslimin merasa diringankan.
  • Nasihat Tabiin Ar-Rabi...
    Hikmah
    Sabtu, 16 April 2022 - 14:02 WIB
    Ar-Rabi bin Khutsaim adalah salah satu ulama tabiin yang utama dan satu di antara delapan orang yang dikenal paling zuhud. Beliau adalah murid dari Abdullah bin Masud, sahabat Rasulullah SAW.
  • Ubaidillah bin Ziyad,...
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 14:56 WIB
    Ubaidillah bin Ziyad mendapuk dirinya sendiri menjadi khalifah kaum Muslimin dan mengambil baiat dari masyarakat di Basrah dan Kufah, yang umumnya adalah mendukung Husein bin Ali.
  • Misteri Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Senin, 08 Juni 2020 - 09:45 WIB
    Konon, sesudah siap akan berangkat hijrah, Umar menenteng pedang, diselempangkannya panahnya dengan menggenggam anak panah di tangan dan sebatang tongkat komando.
  • Kisah Wafatnya Sayyidah...
    Hikmah
    Jum'at, 07 April 2023 - 06:51 WIB
    Sayyidah Fatimah Az Zahra, putri Rasulullah SAW, wafat pada tanggal 3 Ramadhan 11 Hijriah. Wafatnya beliau ini banyak yang menganggap penuh misteri.
  • Apa Hukum Mentalqin...
    Tausyiah
    Kamis, 03 Desember 2020 - 23:47 WIB
    Dalam tanya jawab akidah ahlussunnah wal jamaah karya Al-Habib Zein bin Smith Al-Alawi Al-Husaini dibahas tentang hukum mentalqin (mengajarkan) mayat atau orang yang sekarat.
  • Kisah Tragis Utsman...
    Hikmah
    Rabu, 18 November 2020 - 13:11 WIB
    Kepada Gunung Uhud Rasulullah bersabda: Tenanglah (engkau) wahai Uhud, tidaklah yang di atasmu melainkan seorang Nabi, shiddiq dan dua orang syahid
  • Profil dan Biografi...
    Dunia Islam
    Kamis, 04 Januari 2024 - 10:56 WIB
    Habib Umar bin Hafidz merupakan seorang ulama besar kenamaan dari Yaman. Tak sebatas di negaranya saja, pengaruh dan popularitas Habib Umar juga sudah sampai ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.
  • Abdul Malik: Putra Umar...
    Hikmah
    Selasa, 19 April 2022 - 15:36 WIB
    Abdul Malik paling mirip dengan Abdullah bin Umar di antara seluruh keturunan Al-Khattab. Khususnya dalam hal ketakwaan, rasa takutnya bermaksiat dan taqarrub-nya kepada Allah dengan ketaatan.
  • Syaikh Abdul Qadir al...
    Hikmah
    Selasa, 09 Juli 2024 - 13:33 WIB
    Pengkultusan itu bahkan sampai pada taraf berlebih-lebihan. Kultus itu biasanya terdapat dalam hagiografi-manaqib, wawacan atau kisah orang suci-maupun cerita rakyat.
  • Kisah Amr bin Luhai...
    Hikmah
    Kamis, 30 November 2023 - 11:19 WIB
    Amr bin Luhai menguasai Makkah dan mengusir Kabilah Jurhum dari Tanah Haram itu. Ia lantas menjadi pelayan Kakbah. Dialah orang yang pertama kali menyeru masyarakat Arab untuk menyembah berhala.
  • Hadis-Hadis tentang...
    Tausyiah
    Rabu, 16 November 2022 - 09:35 WIB
    Nabi Muhammad SAW telah mengabarkan bahwa di antara tanda-tanda hari Kiamat adalah munculnya fitnah besar yang bercampur di dalamnya kebenaran dan kebatilan.
  • Tak Puas pada Pasangan?...
    Muslimah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 20:27 WIB
    Ajaran Islam telah menetapkan syariat yang mengandung berbagai macam mutiara hikmah, pengarahan dan solusi bagi berbagai macam permasalahan dalam pernikahan dan rumah tangga.
  • Abu Dzar Al Ghifari,...
    Hikmah
    Senin, 11 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Demi Allah, aku tidak berdusta! Seandainya aku mempunyai baju bakal kain kafan untuk membungkus jenazahku dan jenazah isteriku, aku tidak akan minta dibungkus selain dengan bajuku sendiri atau baju isteriku.....
  • Habib Muhammad Al-Attas...
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 11:01 WIB
    Belum lagi hilang kesedihan wafatnya Syekh Ali Jaber dan Habib Ali Bin Abdurrahaman Assegaf dan beberapa ulama lainnya, pagi ini kita dikejutkan dengan berpulangnya Habib Muhammad Bin Ahmad Al-Attas.
  • Jalaluddin Rumi: Kedamaian...
    Hikmah
    Minggu, 07 November 2021 - 14:29 WIB
    Perang Nabi membawa perdamaian yang diinginkan semua orang. Kedamaian kita hari-hari ini berasal dari perang yang beliau lakukan. Padahal beliau membunuh ribuan orang yang menunjukkan permusuhan.
  • Thufail bin Amr Ad-Dausi:...
    Hikmah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 15:28 WIB
    Ia dikaruniai bakat sebagai penyair, hingga nama dan kemahirannya termasyhur di kalangan banyak suku. Kaum kafir Quraisy khawatir Thufail kepincut dakwah Nabi Muhammad SAW.