Topik Terkait: Keistimewaan Malam Diturunkannya Alquran

  • Keutamaan dan Keistimewaan Malam Nuzulul Quran
    Muslimah
    Jum'at, 23 April 2021 - 15:38 WIB
    Ada satu malam di bulan Ramadhan yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi Umat Islam, yakni turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya. Peristiwa ini disebut Nuzulul Quran.
  • Malam Nisfu Syaban Memiliki Keistimewaan Satu Bulan Penuh
    Tips
    Jum'at, 04 Maret 2022 - 17:03 WIB
    Jangan lewatkan malam Nisfu Syaban yang insya Allah jatuh malam Jumat (17/3/2022). Bagi umat muslim di Indonesia biasanya mengisi malam itu dengan beribadah.
  • Inilah Dalil Tentang Keistimewaan Malam Nisfu Syaban
    Hikmah
    Kamis, 22 Februari 2024 - 08:35 WIB
    Dalam beberapa hari ke depan, umat Islam akan memasuki pertengahan bulan Syaban (15 Syaban), dan malam yang dinanti karena keistimewaannya adalah malam Nisfu Syaban.
  • Inilah Keutamaan dan Keistimewaan Malam Nuzulul Quran
    Tips
    Senin, 18 April 2022 - 13:36 WIB
    Ada satu malam di bulan Ramadhan yang menjadi saksi sebuah peristiwa penting bagi Umat Islam, yakni turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya. Peristiwa ini disebut Nuzulul Quran
  • Keutamaan Malam Nisfu Syaban Berikut Amalannya
    Tausyiah
    Kamis, 03 Maret 2022 - 21:30 WIB
    Malam Nisfu Syaban tahun ini insya Allah jatuh malam Jumat (17/3/2022) menurut kalender Islamic Global. Berikut keutamaan dan amalan yang dianjurkan.
  • Apa Keistimewaan dari Malam Nuzulul Quran? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Apa keistimewaan dari malam Nuzulul Quran atau disebut juga malam peristiwa diturunkan ayat Al Quran untuk pertama kalinya itu? Begini penjelasannya!
  • Doa saat Terbangun di Tengah Malam Ini Memiliki Keistimewaan Luar Biasa
    Tips
    Kamis, 05 Januari 2023 - 13:11 WIB
    Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wa sallam, mengajarkan sebuah doa jika kita terbangun di tengah malam, doa ini memiliki keistimewaan yang luar biasa.
  • Saatnya Mengakrabi Al-Quran di Malam-malam Ramadhan
    Tips
    Rabu, 13 April 2022 - 14:54 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulannya Al-Quran, karena mengakrabi atau mentadabburi Al-Quran di malam-malan hari selama Ramadhan merupakan rutinitas yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Sejarah Turunnya dan Tujuan Pokok Alquran
    Syiar
    Jum'at, 08 Mei 2020 - 09:04 WIB
    Islam sebagai the way of life merupakan ajaran yang memberikan petunjuk, arah, dan aturan (syariat) pada semua aspek kehidupan manusia guna memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  • Malam Ini Nisfu Syaban: Pengertian, Keistimewaan dan Amalannya
    Tausyiah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 18:09 WIB
    Malam Nisfu Syaban atau 15 Syaban 1444 H jatuh malam ini bertepatan Selasa malam (7/3/2023). Berikut hal-hal yang perlu diketahui tentang Nisfu Syaban.
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 2: Keistimewaan Al-Quran Tidak Ada Keraguan Padanya
    Hikmah
    Rabu, 27 September 2023 - 21:31 WIB
    Tadabbur ayat kali ini mengulas tentang kebenaran Kitab Al-Quran dalam Surat Al-Baqarah ayat 2. Allah menegaskan bahwa Al-Quran merupakan kitab sempurna dan tidak ada keraguan padanya.
  • Ayat dan Surah yang Turun di Malam Hari Menurut Imam Suyuthi
    Hikmah
    Jum'at, 07 Juli 2023 - 18:51 WIB
    Imam Suyuthi dalam kitabnya Al-Itqan menyebut tentang ayat atau surah yang turun di siang hari dan ayat atau surah yang turun di malam hari (marifatun nahari wal laili).
  • Hadis yang Menjelaskan Makna Malam Kemuliaan Itu Lebih Baik daripada Seribu Bulan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 April 2023 - 17:19 WIB
    Surat Al-Qadr turun tatkala kaum muslimin merasa kagum dengan lelaki Bani Israil yang berjihad di jalan Allah selama seribu bulan. Hadis ini dikutip Ibnu Katsir dalam tafsirnya
  • Warga GTP Depok Gelar Khataman Alquran di Tengah Suasana Pedesaan Leuwiliang Bogor
    Dunia Islam
    Senin, 20 Februari 2023 - 20:43 WIB
    Umat muslim menggelar beragam kegiatan atau acara demi menyambut bulan Ramadhan tahun 2023. Salah satunya warga Perumahan Griya Telaga Permai (GTP) Depok yang tergabung dalam majelis Ngaji Yuk menggelar program unik khataman Alquran di alam pedesaan pada akhir pekan.
  • Inilah Keistimewaan Hari Jumat Bagi Muslimah
    Muslimah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 17:52 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat sholat sunnah, memperbanyak sedekah, membaca Al-Quran dan lainnya.
  • Keistimewaan Mendidik Anak-anak Perempuan
    Muslimah
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 09:28 WIB
    Ada keistimewaan bagi orang tua yang mendidik anak-anak perempuan. Bahkan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam menekankan dan mengingatkan ada pahala yang besar yang akan didapat saat mendidik anak perempuan.
  • Doa Malam Nisfu Syaban, Amalan untuk Mendekatkan Diri pada Allah SWT
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 14:36 WIB
    Doa malan nisfu syaban bisa diamalkan umat muslim pada malam Nisfu Syaban (pertengahan bulan/tanggal 15 Syaban). Selain itu doa khusus yang dipanjatkan pada malam Nisfu Syaban ini, tiada lain dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya.
  • Keistimewaan Uban, Menjadi Cahaya di Hari Kiamat
    Tausyiah
    Senin, 29 Mei 2023 - 20:49 WIB
    Keistimewaan uban menjadi cahaya di Hari Kiamat dijelaskan dalam banyak riwayat Hadis. Selain cahaya dari bekas wudhu, uban merupakan mahkota berharga bagi kaum muslim.
  • Amalan Malam Nisfu Syaban Menurut Pandangan 4 Mazhab
    Hikmah
    Rabu, 21 Februari 2024 - 10:14 WIB
    Di malam Nisfu Syaban itu, kaum muslim dianjurkan melakukan amalan-amalan tertentu. Benarkan demikian? Bagaimana pandangan imam 4 Mazhab dalam hal ini?
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.