Topik Terkait: Kemewahan Dunia (halaman 313)

  • Saat Bezuk Orang Sakit:...
    Tips
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 14:31 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan orang yang menjenguk orang sakit dari kalangan ahli kebaikan dan kebajikan agar mengingatkan si sakit segera bertobat kepada Allah Taala.
  • Kiyai Ahmad Syahrin:...
    Tausyiah
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 17:13 WIB
    Sosok istri seperti ini mungkin sangat jarang ditemui pada zaman ini. Kisahnya sangat menyentuh dan menusuk relung qalbu. Berikut kisahnya diceritakan KH Ahmad Syahrin Thoriq.
  • Amalan Sunnah di Waktu...
    Tips
    Minggu, 25 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Waktu fajar merupakan waktu krusial yang penuh dengan pahala dan berkah, karenanya ada beberapa amalan di waktu tersebut yang biasa dilakukan Nabi SAW.
  • Ingin Berbusana Syari?...
    Muslimah
    Minggu, 25 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Model busana muslimah tidak disyariatkan secara khusus dalam Islam. Hal itu diserahkan sepenuhnya kepada kaum muslimah untuk berkreasi dalam berpakaian asalkan mengikuti aturan syariat.
  • Hukum Merayakan Tahun...
    Tausyiah
    Senin, 26 Desember 2022 - 21:48 WIB
    Hukum merayakan Tahun Baru Masehi bagi umat muslim terdapat khilaf di antara ulama. Pertanyaan ini selalu muncul setiap tahun dan umat Islam harus bijak menyikapinya.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Ayat Al-Quran yang Mengisahkan...
    Tausyiah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 09:24 WIB
    Ayat Al-Quran yang mengisahkan Nabi Isa alaihissalam akan turun kembali pada Hari Kiamat secara spesifik terdapat pada Surat An-Nisa ayat 159.
  • 5 Tipe Wanita Menurut...
    Muslimah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:34 WIB
    Sebagai muslimah, Al-Quran telah memberi tuntunan kepada orang yang beriman agar tidak salah dalam memiliki kepribadian tersebut, termasuk kepribadian mana yang diinginkan muslimah.
  • Mudah Tersulut Emosi?...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 09:45 WIB
    Umumnya, menahan amarah merupakan salah satu hal yang cukup sulit dilakukan. Pasalnya, jika sudah terpancing amarah dan termakan nafsu, maka seseorang dapat dengan mudah berbuat hal batil.
  • Bolehkah Membaca Al-Quran...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:10 WIB
    Banyak Hadis menerangkan keutamaan membaca Al-Quran, salah satunya diganjar 10 kebaikan dari satu huruf yang dibaca. Pertanyaannya, bolehkah membaca Al-Quran tanpa berwudhu?
  • Penjelasan Mengapa Manusia...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 11:01 WIB
    Amalan kebaikan apapun yang dikerjakan manusia pasti tidak mendapatkan pahala yang maksimal di sisi Allah Subhanahu wa Taala ketika ibadah sholatnya buruk, apalagi meninggalkan sholat
  • Surat Yusuf Ayat 78:...
    Hikmah
    Jum'at, 30 Desember 2022 - 22:57 WIB
    Ketika barang milik kerajaan (gelas) ditemukan di karung Bunyamin (saudara kandung Nabi Yusuf), para saudara Nabi Yusuf memelas dan memohon agar Bunyamin tidak ditahan.
  • Jauhi Pesta Malam Tahun...
    Tausyiah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Pesta malam tahun baru bukanlah tradisi Islam. Seorang muslim hendaknya menyikapi pergantian tahun baru dengan cara yang bijak yaitu memperbanyak muhasabah dan memperbaiki diri.
  • Kisah Sufi: Orang yang...
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 15:36 WIB
    Kisah berikut ini dinukil dari buku berjudul Tales of The Dervishes karya Idries Shah yang diterjemahkan oleh Ahmad Bahar menjadi Harta Karun dari Timur Tengah - Kisah Bijak Para Sufi.
  • Deretan Sahabat Nabi...
    Hikmah
    Senin, 02 Januari 2023 - 14:44 WIB
    Ketika dakwah Islam dilakukan terang-terangan di Mekkah, Nabi Muhammad SAW mengalami ujian amat berat. Bahkan para Sahabat Nabi mendapat siksaan keras dari kaum musyrik Quraisy.
  • Asosiasi Mahad Aly Indonesia...
    Santri
    Jum'at, 23 Desember 2022 - 22:43 WIB
    Asosiasi Mahad Aly Indonesia (Amali) menggelar Rakernas penguatan kurikulum dan regulasi sebagai respons atas UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Peraturan Menteri Agama.
  • Merawat Kebhinekaan...
    Dunia Islam
    Sabtu, 24 Desember 2022 - 17:04 WIB
    Ketua Umum PB Mathlaul Anwar, KH Embay Mulya Syarief menyatakan takdir yang diberikan oleh Allah SWT berupa perbedaan merupakan rahmat bagi bangsa Indonesia.
  • Hukum Orang Sakit Mengharap...
    Tips
    Senin, 26 Desember 2022 - 18:58 WIB
    Orang yang sakit diperbolehkan mengeluhkan penderitaannya. Namun, tidaklah baik baginya mengharapkan kematian atau meminta kematian karena penderitaan yang dialaminya.
  • Kapan Seorang Muslimah...
    Muslimah
    Selasa, 27 Desember 2022 - 13:15 WIB
    Islam mengatur dengan detail terhadap pribadi muslimah, hal ini demi menjaga kehormatan wanita, termasuk dalam hal memakai wangi-wangian untuk tubuhnya tersebut.
  • Orientalis Montgomery...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 Desember 2022 - 14:58 WIB
    Seorang orientalis William Montgomery Watt (1909-2006), membeberkan persepsi Islam, Kristen, dan Yahudi tentang Nabi Muhammad yang telah diramalkan Bibel.
  • Begini Cara Menalkin...
    Tips
    Kamis, 29 Desember 2022 - 12:49 WIB
    Syahadat merupakan kalimat tauhid, kalimat ikhlas, dan kalimat takwa, juga merupakan perkataan paling utama yang diucapkan Nabi Muhammad SAW dan nabi-nabi sebelumnya.