Topik Terkait: Kesalahan Dan Dosa (halaman 170)

  • Dakwah Muslimah Harus...
    Muslimah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 11:07 WIB
    Para muslimah hendaknya meniru cara Rasulullah Shallahualaihi wa Sallam dalam berdakwah. Yakni dengan sikap yang lemah lembut namun tetap tegas. Misalnya, sikapnya santun saat bertutur kata
  • Membangun Kualitas Iman...
    Hikmah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari lagi. Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan suci dimana tempat seorang hamba ditempa dan dilatih menjadi manusia yang bertakwa lebih dalam lagi
  • Penting Buat Suami dan...
    Muslimah
    Jum'at, 01 Juli 2022 - 21:30 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan.
  • Beda Pendapat Mengenai...
    Tausyiah
    Senin, 05 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Hukum Islam sebagai suatu sistem hukum yang menjunjung tinggi nilai moral memandang pekerjaan masturbasi atau onani sebagai sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai moral.
  • 5 Amalan bagi Wanita...
    Muslimah
    Kamis, 20 Januari 2022 - 10:02 WIB
    Ketika sedang mengalami datang bulan (haid), biasanya kaum muslimah malas melakukan berbagai aktivitas, termasuk amalan yang bernilai ibadah.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Surat Luqman Ayat 6...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Konsep Politik Hasan...
    Dunia Islam
    Kamis, 23 November 2023 - 14:06 WIB
    Ketiga teori itu memberikan inspirasi terhadap Hasan al-Banna untuk menformulasikan sistem politik Mesir. Ide patriotisme dan nasionalisme menurut al-Banna secara substansial tidak bertentangan dengan Islam.
  • Kisah Dua Orang Raja...
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:27 WIB
    Berikut ini adalah kisah tentang dua orang raja yang bertobat kepada Allah SWT. Mereka lebih memilih menjadi pembuat batu bata dengan meninggalkan tahta dan hartanya.
  • Orientalis Ini Kupas...
    Dunia Islam
    Kamis, 12 Januari 2023 - 20:07 WIB
    Salah satu prestasi paling penting para ulama Islam masa awal adalah pengembangan ajaran pada titik pandang yang luas, dalam mana masa lampau Yahudi dan Kristen telah mengorupsi atau mengubah kitab suci mereka.
  • Kisah Rasulullah dan...
    Hikmah
    Jum'at, 18 Mei 2018 - 22:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW tak pernah memberi julukan jelek maupun ucapan buruk kepada siapa pun. Beliau selalu berbicara dengan tingkat pemikiran dan pemahaman mereka.
  • Semua Makanan Pada Asalnya...
    Tausyiah
    Kamis, 18 Maret 2021 - 16:04 WIB
    Al-Imam asy-Syafii berkata: Asal hukum makanan dan minuman adalah halal kecuali apa yang diharamkan oleh Allah dalam Quran-Nya atau melalui lisan Rasulullah SAW.
  • Ayat Kursi Latin, Arab,...
    Tips
    Sabtu, 24 Juni 2023 - 19:53 WIB
    Ayat Kursi latin dan Arab beserta terjemahannya dapat dipelajari dan ditadaburi kaum muslim. Ayat ini memiliki keutamaan yang sangat agung.
  • Makanan Halal: Ikan...
    Tausyiah
    Senin, 01 Juli 2024 - 15:21 WIB
    Ada dua binatang yang dikecualikan oleh syariat Islam dari kategori bangkai, yaitu belalang, ikan dan sebagainya dari macam binatang yang hidup di dalam air.
  • Keutamaan Hari Asyura...
    Hikmah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 23:54 WIB
    Asyura adalah hari ke-10 bulan Muharram yang diistimewakan Allah Taala. Hari Asyura jatuh pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus 2020.
  • Ayat-Ayat Waris: Bagian...
    Tips
    Jum'at, 18 November 2022 - 14:28 WIB
    Syariat Islam menetapkan aturan waris dengan bentuk yang sangat teratur dan adil. Di dalamnya ditetapkan hak kepemilikan harta bagi setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan dengan cara yang legal.
  • Attar Divine Book: Anjing,...
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 17:03 WIB
    Kisah berikut diambil dari karya Attar Divine Book beredar di kalangan para darwis dari Jalan Kesalahan dan dianggap berasal dari Hamdun Si Pengelantang, pada abad ke-19.
  • Kapan Malam Lailatul...
    Tausyiah
    Minggu, 24 April 2022 - 03:05 WIB
    Lailatul Qadar adalah malam yang didambakan umat muslim karena fadilahnya menyamai ibadah 83 tahun lebih (1000 bulan). Berikut prediksi waktu dan tanda-tandanya.
  • Tata Cara Salat Idul...
    Tausiyah
    Senin, 03 Juni 2019 - 12:05 WIB
    Salat Idul Fitri adalah salat yang dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriah setelah berakhirnya bulan Ramadhan. Berikut tata caranya.
  • Bacaan Takbir Lengkap...
    Tausiyah
    Selasa, 04 Juni 2019 - 08:01 WIB
    Kumandan Takbir Idul Fitri dimulai dari sejak terbenam matahari (waktu magrib) terakhir Ramadhan sampai selesai pelaksanaan salat Ied.
  • Doa untuk Orang Meninggal...
    Tips
    Selasa, 29 Agustus 2023 - 16:15 WIB
    Doa untuk orang meninggal perempuan ini perlu diketahui oleh setiap umat muslim, sebab dalam tuntunan Rasulullah SAW memang terdapat perbedaan lafadz antara untuk laki-laki dan perempuan.