Topik Terkait: Kesalahan Saat Merayakan Idul Fitri (halaman 3)

  • Agar Kemaafan Kita Lebih Bermakna
    Tausyiah
    Kamis, 28 Mei 2020 - 09:00 WIB
    Jika di pengujung Ramadhan seorang hamba mengharapkan kemaafan dari Sang Maha Pemberi Maaf, maka di permulaan Syawal ini kita mengharapkan kemaafan dari sesama manusia.
  • Seputar Makna Minal ‘Aidin Wal Faizin dan Tobat Menurut Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 17 Mei 2021 - 05:00 WIB
    Ucapan populer dalam konteks Idul Fitri ada Minal Aidin wal Faizin. Kata Aidin, adalah bentuk pelaku Id. Kata al-faizin adalah bentuk jamak dari faiz, yang berarti orang yang beruntung.
  • Pandangan Fikih Islam tentang Salat Idul Fitri di Rumah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Jika sebelumnya salat Jumat tak bisa dilangsungkan karena kekhawatiran bahaya virus ini, maka bagaimana dengan pelaksanaan Salat Idul Fitri yang hanya sekali dalam setahun?
  • Surat Al-Ala Ayat 14-15: Idul Fitri sebagai Momentum Manusia yang Beruntung
    Tausyiah
    Selasa, 26 April 2022 - 18:55 WIB
    Surat Al-Ala ayat 14-15 mengisyaratkan bahwa Idul Fitri adalah proses ritual keagamaan sekaligus ritual sosial untuk mencapai derajat manusia yang beruntung.
  • Agar Tidak Lupa, Begini Hukum dan Lafal Takbir Idul Fitri
    Tips
    Senin, 02 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Takbiran sebagai bentuk rasa syukur atas segala kesehatan dan kenikmatan yang diberikan Allah hingga berjumpa kembali dengan hari raya Idul Fitri.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Niat dan Tata Cara Sholat Idul Fitri Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Minggu, 01 Mei 2022 - 23:31 WIB
    Berikut ini kamu ulas kembali bacaan niat dan tata cara sholat Idul Fitri (Ied). Sholat Ied dikerjakan 2 rakaat secara berjamaah. Tidak disyariatkan Adzan padanya.
  • Pesan Habib Nabiel Al-Musawa Saat Merayakan Maulid Nabi
    Tausiyah
    Senin, 11 November 2019 - 22:35 WIB
    Para salaf kita mengatakan jika ingin mencintai Nabi Muhammad shallallaahu alaihi wa sallam (SAW) tidak perlu cari dalil karena sudah menjadi kewajiban bagi orang yang beriman.
  • Momentum bersyukur dan jalan menuju fitrah
    Hikmah
    Minggu, 04 Agustus 2013 - 06:54 WIB
    Friderica Widyasari Dewi merasa tahun ini lebih khusyuk dibanding tahun lalu, saat hamil besar. Dia merasa nikmat Allah begitu besar kepadanya dan keluarga.
  • Semangat Idul Fitri dan Perkuat Solidaritas Kemanusiaan serta Kebangsaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 19:48 WIB
    Momentum Idul Fitri merupakan hari kemenangan dan kebahagian. Namun ternyata tidak semuanya merasakan kemenangan dan kebahagiaan terutama mereka yang berada di daerah konflik seperti di Palestina.
  • Hukum Sholat Idul Fitri Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Senin, 02 Mei 2022 - 00:30 WIB
    Sholat Idul Fitri adalah salat yang dikerjakan setiap tanggal 1 Syawal setelah umat muslim menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Begini hukum sholat Idul Fitri menurut 4 mazhab.
  • Khutbah Idul Adha Singkat, Dahsyatnya Pahala Berkurban
    Tausyiah
    Senin, 11 Juli 2022 - 17:47 WIB
    Umat muslim telah menunaikan salah satu ibadah mulia pada Hari Raya Idul Adha, Ahad kemarin. Berikut Khutbah Idul Adha singkat yang dapat kita jadikan iktibar.
  • Sholat Idul Fitri: Mana yang Lebih Utama, di Lapangan atau Masjid?
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 16:23 WIB
    Menurut pendapat Imam Malik sholat Id baik dilaksanakan di lapangan terbuka. Karena Nabi Muhammad SAW juga melakukan sholat Id di lapangan kecuali karena ada hujan atau penghalang lainnya.
  • Rahasia Dibalik Sunnah Mematikan Lampu Saat Tidur
    Muslimah
    Senin, 01 Februari 2021 - 18:04 WIB
    Tidur dalam keadaan gelap ini, merupakan sunnah Rasulullah. Dan kini banyak penelitian ilmiah modern yang ternyata memunculkan fakta menakjubkan dari perintah nabi tersebut.
  • Hukum Memotong Rambut dan Kuku Saat Berkurban, Benarkah Haram?
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 08:30 WIB
    Tak lama lagi kita akan memasuki bulan Dzulhijjah yang di dalamnya diperintahkan berkurban. Bagaimana hukum memotong rambut dan kuku saat berkurban? Benarkah haram?
  • Sejarah Idul Fitri dan Perayaannya
    Dunia Islam
    Kamis, 28 April 2022 - 13:23 WIB
    Tahukah bahwa Idul Fitri, Ramadhan dan Perang Badar ternyata sangat berkaitan. Bila kita menengok sejarah masa lalu, perayaan Idul Fitri pertama kali diselenggarakan pada 624 Masehi atau tahun ke-2 Hijriyah.
  • Panduan Khutbah Singkat Idul Fitri dari Lembaga Dakwah PBNU
    Tips
    Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:49 WIB
    Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan panduan singkat khutbah Idul Fitri untuk keluarga di rumah. Khutbah Idul Fitri ini bisa dibaca oleh keluarga di rumah.
  • Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1441 H Menurut Muhammadiyah
    Tips
    Jum'at, 22 Mei 2020 - 15:50 WIB
    Berdasarkan hasil hisab yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah lebaran tahun ini jatuh pada hari Ahad 24 Mei 2020.
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong sebelum Sholat Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • Hukum Mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin Saat Lebaran
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Mei 2020 - 18:45 WIB
    Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap lebaran Idul Fitri kaum muslimin saling bermaaf-maafan dan memberi ucapan tahniah MINAL AIDIN WAL FAIZIN. Bagaimana hukumnya menurut syariat?
  • Amalan Sunnah Bagi Muslimah saat Melaksanakan Shalat Idul Adha
    Muslimah
    Jum'at, 08 Juli 2022 - 10:24 WIB
    Melaksanakan shalat Idul Adha dianjurkan dihadiri semua kaum muslimin, baik tua, muda, dewasa, anak-anak, laki-laki dan wanita, termasuk wanita yang sedang haid sekalipun.