Topik Terkait: Kesederhanaan Rasulullah (halaman 2)

  • Teladan Rasulullah : Memilih Waktu yang Tepat dalam Menasehati
    Hikmah
    Minggu, 20 November 2022 - 05:15 WIB
    Salah satu ajaran dalam agama Islam adalah saling memberi nasehat. Bahkan derajatnya sama dengan fardhu ain (wajib dilakukan setiap orang Islam). Disebut dalam hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi, agama itu adalah nasehat.
  • Inilah Hadiah Allah Saat Rasulullah Sedih
    Tausiyah
    Senin, 23 Maret 2020 - 20:39 WIB
    Dai beretnis Tionghoa-Indonesia, Ustaz Felix Siauw menyampaikan pesan indah tentang perjalanan Isra Miraj Rasulullah SAW yang sangat agung.
  • Ini yang Jadi Pertikaian Soal Siapa yang Merawat dan Mempersiapkan Pemakaman Jenazah Rasulullah
    Hikmah
    Senin, 16 November 2020 - 13:21 WIB
    Di saat memandikan jenazah Rasulullah, Ali bin Abi Thalib tertegun oleh keharuman bau semerbak. Ali bergumam: Demi Allah, alangkah harumnya engkau di waktu hidup dan setelah meninggal!
  • Cara Makan Rasulullah yang Patut Diteladani (4)
    Hikmah
    Rabu, 12 Februari 2020 - 05:15 WIB
    Pada bagian ketiga (3) telah dijelaskan cara makan Rasulullah SAW yang tidak berlebihan dan tidak bermewah-mewahan. Beliau juga makan sambil duduk di atas tanah (lantai).
  • Kisah Rasulullah SAW Dibelah Dadanya, Tak Ada Darah dan Rasa Sakit
    Hikmah
    Kamis, 05 Mei 2022 - 10:05 WIB
    Kisah pembelahan dada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam (SAW) perlu diketahui umat muslim. Peristiwa ini terjadi ketika Beliau masih kanak-kanak.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Kisah Ahli Puasa yang Makamnya Diziarahi Rasulullah dan Sahabat
    Hikmah
    Jum'at, 06 November 2020 - 16:38 WIB
    Dalam Kitab An-Nawadir karya Syaikh Syihabuddin Ahmad ibn Salamah al-Qalyubi diceritakan kisah sahabat Abu Yusuf yang diziarahi Rasulullah dan sahabat berkat amalan puasanya.
  • Begini Cara Rasulullah SAW Berbicara dan Bergurau
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 20:50 WIB
    Dalam Kitab Asy-Syamail Imam At-Tirmidzi diceritakan bagaimana cara berbicara dan tertawa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam. Berikut ulasannya.
  • Doa Rasulullah yang Menghimpun Segala Kebaikan
    Tausyiah
    Sabtu, 21 November 2020 - 14:56 WIB
    Dari banyak doa yang diajarkan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam, ada satu doa luar biasa yang kandungannya mencakup segala kebaikan.
  • 5 Muazin pada Masa Rasulullah SAW dan Keutamaan Juru Azan
    Hikmah
    Senin, 28 Februari 2022 - 22:31 WIB
    Ada lima Muazin atau juru Azan pada masa Rasulullah SAW yang perlu kita ketahui berikut keutamaan mengumandangkan azan. Pertama kali Azan dikumandangkan Bilal bin Robbah.
  • Perempuan yang Selalu Memuliakan Rasulullah
    Muslimah
    Kamis, 05 November 2020 - 18:05 WIB
    Fathimah binti Asad adalah perempuan yang mendapat kehormatan untuk mendidik dan mengasuh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam saat beliau dalam asuhan pamannya, Abu Thalib.
  • Balasan Menghormati dan Memuliakan Keturunan Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Minggu, 06 Juni 2021 - 21:05 WIB
    Salah satu akhlak ahlussunnah adalah menghormati dan memuliakan keturunan (dzurriyah) Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Berikut balasan memuliakan para keturunan Nabi.
  • Kapan Turunnya Lailatul Qadar? Ini Pesan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 06 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam (SAW) berpesan agar umat Islam mencari Lailatul Qadar itu di sepuluh malam terakhir atau tujuh malam terakhir.
  • 3 Doa yang Dipanjatkan Rasulullah di Waktu Pagi Hari
    Tips
    Selasa, 05 Maret 2024 - 11:00 WIB
    Doa sangat penting kita panjatkan di berbagai waktu dan kesempatan. Salah satunya, doa ketika memulai aktivitas di pagi hari. Lantas doa seperti apa yang seharusnya kita panjatkan?
  • Patut Dicontoh, 5 Gaya Hidup Rasulullah SAW yang Bikin Sehat
    Dunia Islam
    Senin, 19 April 2021 - 18:52 WIB
    Pertama, kalau bangun jangan terlambat. Kedua, atur makan dengan baik dan benar. Ketiga, kontrol emosi apalagi marah. Keempat, jagalah kebersihan. Kelima, berpuasa dua kali dalam sepekan.
  • Tasbih Fatimah : Hadiah Terindah Rasulullah untuk Puteri Tercinta
    Muslimah
    Selasa, 24 Oktober 2023 - 12:30 WIB
    Fatimah az Zahra, adalah puteri yang sangat dicintai Rasulullah SAW. Banyak kisah hikmah yang bisa dipetik pelajarannya dari kisah Fatimah Az Zahra ini, salah satunya tentang Tasbih Fatimah.
  • Kisah Pendeta yang Membuat Rasulullah SAW Tertawa Lepas
    Hikmah
    Rabu, 13 September 2023 - 21:48 WIB
    Kisah seorang pendeta yang membuat Rasulullah ? tertawa lepas termasuk di antara kisah-kisah hikmah yang sarat pelajaran berharga. Simak kisahnya berikut ini.
  • Pesan Rasulullah SAW Menghadapi Penguasa yang Egois
    Tausyiah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 15:38 WIB
    Salah satu fenomena akhir zaman adalah munculnya penguasa yang tidak perduli dengan urusan rakyatnya. Nabi Muhammad menyebut karakter pemimpin ini adalah pemimpin egois.
  • Haji Wada Momen Mengharukan Perpisahan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:41 WIB
    Haji Wada momen perpisahan Rasulullah SAW dengan umatnya karena pada hari itu menjadi hari terakhir bagi Rasulullah SAW datang ke Mekkah. Haji Wada terjadi tahun 10 Hijrah.
  • Murtad dan Penolakan Membayar Zakat Pascawafatnya Rasulullah
    Hikmah
    Selasa, 14 Juli 2020 - 08:41 WIB
    Tidak sedikit kaum muslimin yang murtad dan menolak membayar zakat begitu mendengat Rasulullah wafat. Banyak sebab mengapa mereka melakukan itu. Apa saja?
  • Kisah Rasulullah Berdialog dengan Unta
    Hikmah
    Minggu, 19 Mei 2019 - 09:30 WIB
    Nabi Muhammad SAW tidak hanya disifati dengan kejujuran dan akhlak mulia. Lebih dari itu, kemuliaan yang dimiliki Beliau berupa mukjizat membuat banyak orang takjub dan terpesona.