Topik Terkait: Keutamaan Menyantuni Anak Yatim (halaman 52)

  • Arti Surat Al Maun dan...
    Tips
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 18:05 WIB
    Arti surat Al Maun adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini. Surat al Maun juga dinamakan Surat Ad Din, Surat At Takdzib, Surat Al Yatim, dan Surat Araaita
  • Mengapa 2 Ayat Terakhir...
    Hikmah
    Kamis, 30 Mei 2024 - 10:18 WIB
    Di dalam Al Quran ada banyak surat-surat yang memiliki keistimewaan, salah satunya surat Al Baqarah terutama di 2 ayat terakhirnya yakni ayat 285 dan 286. Begini penjelasannya!
  • Tafsir Surat Al-Mulk...
    Tausyiah
    Jum'at, 04 November 2022 - 23:43 WIB
    Pada Surat Al-Mulk ayat 4 ini, Allah memerintahkan manusia untuk kembali melihat, memandang dan mengamati penciptaan langit, maka tidak akan ditemukan cacat pada ciptaan-Nya.
  • Amalan dan Keutamaan...
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 12:30 WIB
    Bulan Dzulqadah termasuk dalam salah satu bulan yang memiliki kemuliaan di sisi Allah dengan julukan Asyhurul haram (bulan haram). Karena bulan istimewa seyogianya bulan ini diisi dengan kebajikan dan memperbanyak amalan yang sangat dianjurkan.
  • Keutamaan Luar Biasa...
    Hikmah
    Jum'at, 03 November 2023 - 10:24 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan Allah Subhanhau wa taala kepada para hamba-hambaNya. Menjaga pandangan dalam hal ini dimaksudkan untuk menjaga mata dalam memandang sesuatu yang dilarang oleh Allah Taala.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Adab Bertamu yang Penting...
    Tips
    Rabu, 05 Juli 2023 - 18:48 WIB
    Islam mengajarkan adab-adab dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya ketika bertamu ke rumah orang lain. Adab bertamu ini penting diketahui, agar ada norma-norma yang dijaga sebagai akhlak yang baik.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 17:22 WIB
    Asbabun nuzul surat Al Maun dan keutamaannya penting diketahui umat Muslim. Arti surat Al Maun sendiri adalah barang atau hal-hal yang berguna, yang diambil dari ayat terakhir dari surat ini.
  • Ada Golongan yang Tidak...
    Tausyiah
    Sabtu, 30 Maret 2024 - 13:14 WIB
    Semua mukmin di bulan Ramadan pasti menginginkan malam Lailatul Qadar karena keutamaan dan keistimewaan malam tersebut. Namun ternyata ada golongan orang yang tidak mendapatkan Lailatul Qadar tersebut.
  • Jadwal Sholat Kota Medan...
    Tips
    Jum'at, 09 Juni 2023 - 01:05 WIB
    Berikut jadwal sholat Kota Medan Sumatera Utara Hari ini Jumat 9 Juni 2023 bertepatan 20 Zulkaidah 1444 Hijriyah. Jadwal ini bersumber dari Bimas Islam Kemenag.
  • Baca Al Waqiah Setiap...
    Tausyiah
    Rabu, 04 Agustus 2021 - 12:05 WIB
    Baca Al Waqiah setiap hari dapat menjauhkan seseorang dari kemiskinan dan kefakiran. Nabi memerintahkan umatnya agar tidak meninggalkan Surat Al Waqiah.
  • Amalan Jumat Istimewa...
    Muslimah
    Jum'at, 12 Januari 2024 - 05:44 WIB
    Seorang muslimah hendaknya meningkatkan ibadah di hari Jumat melebihi dari hari biasanya. Seperti meningkatkan jumlah rakaat salat sunnah, memperbanyak sedekah atau membaca Al-Quran.
  • Amalan Muslimah yang...
    Muslimah
    Jum'at, 07 April 2023 - 11:43 WIB
    Di bulan Ramadan ada malam Lailatulqadar, yang merupakan malam terbaik bernilai lebih dari 1000 bulan. Lantas bagaimana dengan muslimah yang haid? Bisakah ia mendapat keutamaan malam Lailatulqadar ini?
  • Memaknai Maulid Nabi...
    Dunia Islam
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 19:15 WIB
    Ketua Bidang Kerukunan Antar-Umat Beragama MUI, Yusnar Yusuf Rangkuti menuturkan kelahiran Nabi Muhammad SAW membawa suri tauladan kepada seluruh umat di muka bumi.
  • Menanamkan Sifat Malu...
    Tausiyah
    Senin, 23 Desember 2019 - 10:01 WIB
    Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam memasukkan sifat malu ini dalam akhlak Islam.
  • Khasiat Membaca Surat...
    Tips
    Senin, 30 Januari 2023 - 17:24 WIB
    Sebagai induk dari semua isi Al-Quran, Al-Fatihah juga disebut Ummul Quran atau pembuka kitab suci Al-Quran. Surat ini memiliki khasiat dan keutamaan luar biasa.
  • 4 Bahaya Jika Seseorang...
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Mei 2020 - 03:15 WIB
    Sejak 14-15 Abad lalu, Allah Taala sudah menyebutkan akan datangnya masa umat Islam menjauh dari Al-Quran. Menjauh artinya tidak membacanya, tidak mentabburinya, apalagi mengamalkannya.
  • Mengajak Anak Berlatih...
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 08:00 WIB
    Melatih anak kecil yang belum mukallaf (belum baligh) untuk turut beribadah bersama kaum muslimin, merupakan sebuah keteledanan yang harus kita lakukan. Salah satu ibadah tersebut adalah puasa.
  • Apa Keistimewaan dari...
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Apa keistimewaan dari malam Nuzulul Quran atau disebut juga malam peristiwa diturunkan ayat Al Quran untuk pertama kalinya itu? Begini penjelasannya!
  • Kisah Anak Adam dan...
    Hikmah
    Senin, 11 November 2019 - 05:15 WIB
    Ulama Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengulas kisah anak Adam yang diabadikan oleh Alquran. Kisah ini merupakan kejahatan pertama yang terjadi di muka bumi.
  • Jadwal Puasa Bulan Muharram...
    Tips
    Minggu, 31 Juli 2022 - 07:00 WIB
    Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriyah bulan ini disebut oleh Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam sebagai Syahrullah (Bulan Allah). Karenanya, bulan ini memilki keutamaan yang sangat besar.