Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 14)

  • Kedaulatan Islam Dibangun...
    Hikmah
    Rabu, 27 Desember 2023 - 08:40 WIB
    Semua unsur etnik yang saling terjalin yang merupakan ciri khas masing-masing bangsa itu, besar sekali pengaruhnya dalam pembinaan peradaban dunia di kemudian hari.
  • Kisah Khalifah Al-Manshur,...
    Dunia Islam
    Selasa, 17 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Pada saat memerintah, Al-Manshur mendapat perlawanan yang cukup sengit dari kelompok Ahlul Bait yang dipimpin oleh sosok bernama Muhammad dan Ibrahim.
  • Siksaan Abu Lahab Diringankan...
    Tausyiah
    Kamis, 22 Oktober 2020 - 10:05 WIB
    Setiap bulan Rabiul Awal kita sering mendengar kisah ini disampaikan di berbagai majelis dan perayaan Maulid Nabi. Ketika Abu Lahab diringankan siksanya karena gembira dengan kelahiran Nabi.
  • Abu Dzar Al-Ghifari...
    Hikmah
    Kamis, 14 Oktober 2021 - 14:33 WIB
    Abu Dzar Al-Ghifari adalah simbol perlawanan rakyat atas kekuasaan yang korup. Sepeninggal Nabi SAW, ia sempat menghunus pedangnya untuk membunuh para koruptor.
  • Abu Lahab: Mayatnya...
    Hikmah
    Jum'at, 29 Mei 2020 - 08:12 WIB
    Mendengar ucapan Nabi Muhammad tersebut, Abu Lahab langsung menyahut, celaka engkau, apakah hanya untuk menyampaikan hal ini engkau mengumpulkan kami?
  • Masih Adakah Umat Islam...
    Hikmah
    Kamis, 20 Oktober 2022 - 17:06 WIB
    Masih adakah umat Islam yang belum mengenal Abu Hurairah? Beliau adalah salah seorang sahabat Nabi yang sangat masyhur dan terkenal. Beliau penghafal hadis terbanyak selain Istri Nabi Shallalahu Alaihi wa Sallam, Aisyah binti Abu Bakar
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Kamis, 06 Juni 2024 - 09:53 WIB
    Tatkala Khalifah Umar bin Khattab berangkat ke Baitul Maqdis, sempat berhenti di Jabiah. Kala itu, pasukan muslim yang dipimpin Amr bin Ash tengah mengepung Yerusalem. Khalifah mengendarai unta dengan pakaian bertambal.
  • Saat Paceklik dan Kekeringan,...
    Hikmah
    Senin, 02 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Ya Allah, kami menghadapkan diri kepadaMu bersama dengan paman Nabi kami dan saudara kandung ayahnya, maka turunkanlah hujan-Mu dan janganlah kami sampai putus asa!
  • Mengenal Arwa binti...
    Muslimah
    Senin, 27 Februari 2023 - 23:12 WIB
    Arwa binti Kuraiz merupakan satu di antara banyak sahabat Nabi Muhammad SAW dari kalangan perempuan (Sahabiyah). Beliau termasuk kelompok orang pertama yang memeluk Islam.
  • Ini Perintah Pertama...
    Hikmah
    Kamis, 14 Desember 2023 - 14:07 WIB
    Perintah pertama yang dikeluarkan Abu Bakar Ash-Shiddiq begitu selesai pelantikan sebagai Khalifah ialah: Teruskan pengiriman pasukan Usamah bin Zaid.
  • Kisah Sahidnya Sumayyah...
    Hikmah
    Minggu, 13 Maret 2022 - 17:46 WIB
    Sumayyah binti Khayyat adalah Ibunda Ammar bin Yasir. Sang suami, Yasir, mendahului menghadap Ilahi pada saat disiksa kaum kafir Quraish. Ia menjadi Syahidah pertama dalam Islam.
  • Beda Haluan Politik...
    Hikmah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 15:11 WIB
    Umar bin Khattab dan Abu Bakar adalah dua orang sahabat Rasulullah yang dijamin masuk surga. Selain itu, Rasulullah juga mengistimewakan keduanya.
  • Raja Paling Berpengaruh...
    Hikmah
    Senin, 07 Oktober 2024 - 15:33 WIB
    Dalam sejarah, pada abad kesembilan ada dua nama Raja besar yang gemilang dalam urusan-urusan dunia Charlemagne di barat dan Harun al-Rasyid di timur.
  • Kisah Mengharukan, Begini...
    Hikmah
    Sabtu, 12 Desember 2020 - 07:30 WIB
    Menjelang kematiannya, Khalifah Harun Al-Rasyid (Bani Abbasiyyah) tampak sedang memilih kain kafannya sendiri. Berikut lanjutan kisahnya dari buku Dibalik Tabir Kematian.
  • Kisah Abu Darda, Terlalu...
    Hikmah
    Sabtu, 17 September 2022 - 19:47 WIB
    Kisah Abu Darda rajin ibadah sehingga melupakan istri dan membenci harta diriwayatkan Imam al-Bukhari dalam kitab Ash-Shahabah. Rasulullah SAW tidak membenarkan tindakan Abu Darda itu.
  • Ketika Umar bin Khattab...
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 08:58 WIB
    Umar bin Khattab dan Abu Bakar radhiyallahu anhuma adalah dua Sahabat Nabi terkemuka yang dijamin masuk surga. Kedua sahabat mulia ini ternyata pernah berselisih hingga saling mendiamkan.
  • Kisah Abu Bakar Membela...
    Hikmah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 17:40 WIB
    Keberanian Abu Bakar membela Rasulullah SAW perlu diketahui kaum muslim. Berikut kisahnya diceritakan Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajiannya.
  • Kisah Khalifah Utsman...
    Hikmah
    Selasa, 26 Desember 2023 - 14:33 WIB
    Khalifah Utsman bin Affan memutuskan tidak memperpanjang pengusutan kasus pembunuhan Umar bin Khattab oleh Abu Luluah dengan dalih pembunuhnya sudah mati bunuh diri.
  • Nasehat Abu Hurairah...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Sahabat Nabi SAW, Abu Hurairah ra berkata seorang di antara kalian melihat kotoran kecil di mata saudaranya namun lupa akan pohon besar di matanya sendiri.
  • Muawiyah Serbu Mesir,...
    Hikmah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 15:33 WIB
    Keesokan harinya Ali bin Abu Thalib berangkat ke Jaraah. Setibanya di sana ia berhenti menunggu sampai tengah hari. Ternyata hanya 100 orang saja yang datang hendak mengikuti.