Topik Terkait: Khalifah Abu Abbas AS Saffah (halaman 20)

  • Begini Pidato Abbas...
    Hikmah
    Selasa, 27 Juli 2021 - 19:30 WIB
    Abbas bin Abdul Muthalib radhiallahu anhu mempunyai peran penting yang tidak bisa diabaikan dalam baiat al-Aqabah. la orang pertama yang berpidato dalam majelis itu.
  • Utsman bin Affan: si...
    Hikmah
    Rabu, 25 September 2024 - 09:44 WIB
    Utsman bin Affan sangat pemalu. Dalam sebuah hadis disebutkan, bahwa Rasulullah SAW berkata: Umatku yang benar-benar pemalu adalah Utsman bin Affan.
  • Kisah Khalifah Jafar...
    Hikmah
    Minggu, 19 Juni 2022 - 18:13 WIB
    Kisah nabi palsu berjenis kelamin perempuan ini disampaikan Shalih Abdul Hamid dalam bukunya berjudul Tharaif minat Turats. Konon ini terjadi pada masa pemerintahan Khalifah Jafar al-Mutawakkil.
  • Persamaan Makna Khalifah...
    Tausyiah
    Jum'at, 30 Agustus 2024 - 13:01 WIB
    Adam juga dinamai khalifah. Beliau, sebagaimana Daud, juga diberi pengetahuan --Wa allama Adam al-asma kullaha-- yang kekhalifahan keduanya berkaitan dengan Al-Ardha.
  • Kisah Ali bin Abi Thalib...
    Hikmah
    Kamis, 22 September 2022 - 10:58 WIB
    Sayyidah Fathimah bersedih dan mengadu kepada ayahnya, Rasulullah SAW. Orang-orang berkata bahwa Anda tidak marah untuk membela putri Anda. Ini Ali akan mengawini putri Abu Jahal.
  • Tolak Suguhan Darah,...
    Hikmah
    Minggu, 02 Agustus 2020 - 17:15 WIB
    Abu Umamah Al-Bahili RA bernama lengkap asli Shudai bin Ajlan, dari suku Bahilah. Beliau adalah salah satu sahabat Nabi yang memiliki kisah menakjubkan ketika berdakwah.
  • Jejak Abu Nawas: Dipejara...
    Hikmah
    Rabu, 02 Juni 2021 - 05:00 WIB
    Mengetahui seorang pemimpinnya dijebloskan dalam penjara, seketika itu terjadi eksodus besar besaran para pujangga kenamaan untuk membela Abu Nawas. Mereka kebanyakan menuju Mesir.
  • Rumah Sempit dan Ingin...
    Hikmah
    Kamis, 03 Februari 2022 - 12:17 WIB
    Abu Nawas bilang, sebenarnya batas sempit dan luas itu tertancap dalam pikiranmu. Kalau engkau selalu bersyukur atas nikmat dari Tuhan maka Tuhan akan mencabut kesempitan dalam hati dan pikiranmu.
  • Kedubes AS dan Masjid...
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 01:29 WIB
    Kedubes AS dan Masjid Istiqlal Jakarta meresmikan American Space di area Masjid Istiqlal sebagai bentuk kemitraan mempererat hubungan antara masyarakat Amerika Serikat dan WNI.
  • Perebutan Kursi Khalifah:...
    Hikmah
    Rabu, 23 Desember 2020 - 08:51 WIB
    Demi untuk memelihara kesentosaan Islam dan menjaga keutuhan ummat dari bahaya perpecahan, akhirnya Ali secara ikhlas menyatakan kesediaan mengadakan kerjasama dengan khalifah Abu Bakar
  • Abu Ubaidah, Komandan...
    Hikmah
    Rabu, 15 November 2023 - 05:15 WIB
    Nama pahlawan Islam ini tak sepopuler Khalid bin Walid. Dia adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Dia pula yang menjadi komandan perang saat Yerusalem takluk di bawah Islam pada era Khalifah Umar bin Khattab
  • Resep Obat Darah Rendah...
    Hikmah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 10:32 WIB
    Mendengar penjelasan sang tabib, Abu Nawas tanpa sengaja nyeletuk, wahai Tabib, aku tahu bagaimana membuat tekanan darah temanku yang kikir ini naik dengan cepat.
  • Maulid Nabi, Kisah Abu...
    Hikmah
    Sabtu, 08 Oktober 2022 - 22:12 WIB
    Kisah Abu Lahab yang gembira atas kelahiran Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam cukuplah menjadi hujjah dan dalil bolehnya merayakan Maulid Nabi.
  • Kisah Kedermawanan Khalifah...
    Dunia Islam
    Senin, 30 Mei 2022 - 05:15 WIB
    Harun Al-Rasyid adalah khalifah Dinasi Abbasiyah yang dikenal amat dermawan. Sungguh tak pernah ada seorang khalifah yang setara dengannya dalam hal kedermawanan.
  • Lelaki Zuhud Ini Tolak...
    Hikmah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 13:45 WIB
    Benarkah ia tidak mau menikahkan putrinya dengan al-Walid bin Abdul Malik? Apakah dia mendapatkan pasangan untuk putrinya yang lebih layak dari calon pengganti Amirul mukminin dan khalifah?
  • Abu Nawas Menyanggupi...
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:05 WIB
    Baginda ingin istananya dipindah ke puncak gunung, seperti para jin memindahkan singgasana Ratu Bilgis di dekat istana Nabi Sulaiman. Maka dipanggillah Abu Nawas untuk misi itu.
  • Kisah Khalifah Umar...
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juni 2024 - 16:23 WIB
    Kisah Khalifah Umar bin Khattab menginterogasi Khalid bin Walid, gara-gara memberi hadiah Al-Asyas bin Qais sebesar 10.000 dirham diceritakan Muhammad Husain Haekal.
  • Memahami Makna Manusia...
    Tausyiah
    Kamis, 20 April 2023 - 04:00 WIB
    Tugas kekhalifahan yang diemban itu hanya bersifat perantara, tidak mencapai tingkat sang pemberi wewenang. Juga tidak sampai merendah hingga pada tingkatan seseorang yang tidak mempunyai kewenangan.
  • Jenis Manusia Paling...
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Juli 2023 - 21:33 WIB
    Siapakah jenis manusia paling berjasa dalam pandangan Allah? Simak penjelasan Pengasuh Mahad Subulana Bontang Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq berikutu ini.
  • 3 Hak Anak yang Wajib...
    Tausyiah
    Senin, 10 Agustus 2020 - 17:30 WIB
    Islam adalah agama yang sempurna karena tidak hanya mengatur urusan ibadah (hablumminallah), tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia (hablumminannas).