Topik Terkait: Kisah Dzulqarnain

  • Kisah Dzulqarnain dan Hancurnya Islam di Baghdad oleh Yakjuj dan Makjuj
    Tausyiah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 14:35 WIB
    Ucapan Dzulkarnain terbukti dengan kasus munculnya raja Jengis Khan yang telah membuat kerusakan di muka bumi dan menghancurkan benteng besi dan kerajaan Islam di Baghdad.
  • Pelajaran di Balik Misteri Kisah Dzulqarnain
    Tausyiah
    Rabu, 05 Agustus 2020 - 13:43 WIB
    Tujuan dari kisah yang ada dalam Al-Quran, bukan sekadar memberi tahu hal-hal yang berkaitan dengan sejarah dan kejadiannya, tetapi tujuan utamanya ialah sebagai contoh dan pelajaran bagi manusia.
  • Misteri Raja Pemilik 2 Tanduk Bernama Dzulqarnain
    Hikmah
    Selasa, 12 Juli 2022 - 19:52 WIB
    Nama Dzulqarnain tertuang dalam QS Al-Kahfi (18) ayat 83 sampai 98. Serangkaian ayat-ayat kisah Dzulqarnain ini berjumlah 16 ayat. Namun siapa sejatinya tokoh ini tidak disebut dengan jelas.
  • Dzulqarnain, Cermin Pemimpin Idola Rakyat
    Hikmah
    Kamis, 02 April 2020 - 02:45 WIB
    Al--Qur&rsquoan al-Karim mengisahkan Dzulqarnain dalam surat Al-Kahfi (18): 83-98. Sederetan ayat-ayat yang berjumlah 16 ayat itu menceritakan pokok-pokok kisah perjalanan Dzulqarnain dengan sangat menarik perhatian.
  • Kisah Nabi Musa dan Orang Fasik yang Dicintai Allah
    Hikmah
    Rabu, 04 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Dalam Kitab Al-Mawaizh Al-Usfuriyah berisi nasihat-nasihat ringan, Syeikh Muhammad bin Abu Bakar Ushfury mengulas sebuah kisah seorang fasik yang mendapat rahmat dan ampunan Allah Taala.
  • Kisah Nabi Musa dan Kebinasaan Firaun
    Hikmah
    Selasa, 21 Mei 2019 - 16:16 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam (AS) diabadikan oleh Allah SWT di 4 surah dalam Alqur&rsquoan yaitu Surah Al-Baqarah, Al-A&rsquoraf, Thaha, dan Al-Qashas.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Warisan
    Hikmah
    Kamis, 11 Juni 2020 - 06:25 WIB
    Biarlah masyarakat mengambil bagi mereka bagian yang mereka inginkan, dan biarlah mereka memberikan bagian yang mereka inginkan kepada Arif Si Rendah Hati.
  • Kisah Tragis Ashab al-Sabt, Ketika Dikutuk Menjadi Kera
    Hikmah
    Selasa, 12 Mei 2020 - 16:33 WIB
    Salah satu kisah Al-Quran yang menarik adalah kisah Ashab al-Sabt. Ini adalah sekelompok kaum Yahudi yang menjadi umat Nabi Musa dan dikutuk Allah menjadi kera.
  • Kisah Sufi Syaikh Qolandar Shah: Penyusunan Tradisi
    Hikmah
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:32 WIB
    Kisah yang menggambarkan subjektivitas otak manusia ini dikutip dari kitab ajaran Asrar-I-Khilwatia (Rahasia Para Pertapa) karya Syaikh Qolandar Shah.
  • Kisah Pezina Bertaubat yang Membuat Rasulullah Kagum
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:54 WIB
    Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertaubat dan kembali ke jalan Nya. Pada masa Rasulullah SAW, ada satu kisah menakjubkan tentang seorang perempuan pezina yang bertaubat.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Kisah Api
    Hikmah
    Jum'at, 05 Juni 2020 - 05:59 WIB
    Kalian mesti belajar bagaimana mengajarkan sesuatu kepada orang lain, sebab manusia tidak ingin diajar. Pertama-tama, beritahu mereka cara belajar.
  • Kisah Sufi Amil-Baba: Gerbang Surga
    Hikmah
    Selasa, 14 Desember 2021 - 12:43 WIB
    Walaupun dikenal sebagai cerita rakyat, asal usul kisah ini tidak diketahui. Beberapa orang menganggapnya berasal dari Hadrat Ali, khalifah keempat.
  • Kisah Dua Orang Raja Melepas Tahta dan Menjadi Pembuat Batu Bata
    Hikmah
    Jum'at, 24 Desember 2021 - 08:27 WIB
    Berikut ini adalah kisah tentang dua orang raja yang bertobat kepada Allah SWT. Mereka lebih memilih menjadi pembuat batu bata dengan meninggalkan tahta dan hartanya.
  • Kisah Abu Bakar yang Menangis Ketika Bermimpi
    Hikmah
    Minggu, 20 Mei 2018 - 16:05 WIB
    Dalam Kitab An-Nawaadir karya Imam Al Qalyubi diceritakan suatu malam Khalifah Abu Bakar Radiyallahu Anhu (RA) bermimpi dalam tidurnya. Kemudian beliau menangis dalam mimpinya itu.
  • Kisah Kurban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Berdasar Al-Quran
    Tausyiah
    Kamis, 16 Juni 2022 - 17:39 WIB
    Peristiwa penyembelihan Nabi Ismail dan asal-usul ibadah kurban ini dimulai dari surah as-Saffat ayat 99-100 yang berisi kisah penantian panjang Nabi Ibrahim akan kehadiran seorang anak.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Membawa Sepatu
    Hikmah
    Jum'at, 19 Juni 2020 - 07:02 WIB
    Seorang bijaksana berseru: Sementara kalian berdua dan para pendengarmu terlena dalam perasaan puasmu, saling berceloteh tentang ibarat yang diandaikan, ada hal-hal nyata telah terjadi.
  • Kisah Nabi Muhammad SAW Memuji Umatnya dan Tangisan Para Sahabat
    Hikmah
    Kamis, 17 November 2022 - 05:10 WIB
    Dalam satu Hadis diceritakan Rasulullah Muhammad SAW memuji umatnya. Suat malam Nabi Muhammad mendapati beberapa sahabat menangis ketika membaca Al-Quran.
  • Kisah Sufi Hatim al-Thai dan Raja yang Ingin Menjadi Dermawan
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:38 WIB
    Kedermawanan tidak mungkin ada tanpa tiga hal. Pertama, memberi tanpa perasaan ingin menjadi dermawan kedua, kesabaran ketiga, tidak menaruh prasangka.
  • Kisah Seorang Bani Israil yang Mengakui Kebenaran Al-Quran
    Hikmah
    Sabtu, 09 April 2022 - 22:53 WIB
    Kisah seorang Bani Israel yang beriman dan mengakui kebenaran Al-Quran dapat kita jadikan pelajaran berharga. Berikut kisahnya diceritakan dalam Al-Quran.
  • Kisah Santri Hasan al-Basri Meminta Didoakan Orang Lain
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 09:58 WIB
    Siapapun yang telah memiliki imam seperti Hasan, kata orang tua itu, apa yang dibutuhkannya dari orang lain? Hasan telah menunjukkan siapa diriku. Sekarang aku akan menunjukkan siapa dia