Topik Terkait: Kisah Haji Mabrur (halaman 2)

  • Bolehkah Menyematkan Gelar Haji? Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 10:22 WIB
    Penyematan gelar haji sepulang dari menunaikan ibadah haji, biasanya umum dilakukan masyarakat kita. Dan pada dasarnya hal itu tidak ada perintah dan tidak ada juga larangan. Kenapa demikian?
  • Haji yang Membuat Kita Kembali seperti Hari ketika Dilahirkan sang Bunda
    Hikmah
    Senin, 29 Mei 2023 - 08:59 WIB
    Orang mukmin yang melaksanakan haji dengan cara tersebut, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya. Sebab ketika dia meninggalkan rafats dan perbuatan fasik, maka dia telah bertobat kepada Allah dengan taubatan nashuha.
  • Kisah  Haji Tukang Sepatu dan 600 Jamaah yang Tidak Diterima Ibadahnya
    Hikmah
    Rabu, 23 Juni 2021 - 17:00 WIB
    Cerita ini penuh dengan hikmah, seseorang yang tidak berhaji namun mendapat pahala ibadah haji. Sebaliknya, mereka yang tengah menjalankan ibadah haji, tetapi tidak diterima amalannya.
  • Berkumpul di Arafah, Jamaah Haji Doakan Dunia Segera Bebas Covid-19
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 09:19 WIB
    Ribuan jamaah haji yang berkumpul di Arafah melantunkan doa akan perdamaian dunia dan segera berakhirnya pandemi Covid-19.
  • Kisah Perjalanan Haji Evlia Celebi Tahun 1672, Mimpi Bertemu Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Juni 2023 - 07:28 WIB
    Dalam mimpinya itu ia tidak meminta syafaat Rasulullah di Hari Pengadilan. Yang ia minta justru agar diizinkan menjadi pengembara. Ia ingin bepergian ke mana ia suka.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Tata Cara Haji: Amalan yang Perlu Dilakukan saat Bermalam di Muzdalifah
    Tips
    Senin, 22 Mei 2023 - 12:31 WIB
    Jika matahari telah tenggelam pada hari Arafah maka para jemaah haji berduyun-duyun (meninggalkan) Arafah menuju Muzdalifah dengan tenang, diam dan tidak berdesak-desakan.
  • Kisah Biaggio Walsh Cucu Muhammad Ali Pergi Umrah: Terhubung dengan Tuhan
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Petarung Mixed Martial Arts (MMA), Biaggio Walsh, mengaku bisa menunaikan ibadah umroh adalah merupakan pengalaman luar biasa yang tidak akan pernah ia lupakan.
  • Haji 2023, Jemaah Haji yang Wafat di Saudi Tembus 600 Orang
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:37 WIB
    Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang wafat sebanyak 600 orang.
  • Bolehkah Mengadakan Walimatus Safar Haji? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Mei 2023 - 11:03 WIB
    Syukuran atau tasyakuran ibadah haji atau yang dikenal dengan walimatus safar ini, memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Haruskah menggelar kegiatan tersebut? Bagaimana hukumnya?
  • Bagaimana Lafaz Niat Haji? Begini Penjelasannya
    Tips
    Senin, 06 Mei 2024 - 12:15 WIB
    Bagaimana lafaz niat haji atau niat melaksanakan ibadah haji? Seperti diketahui, ibadah haji merupakan rukun islam kelima yang hukumnya wajib dilaksanakan bagi setiap muslim yang mampu.
  • Jemaah Haji Dilarang Terima Tamu di Dalam Kamar Hotel
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Juni 2023 - 07:14 WIB
    Jemaah haji yang telah berada di Tanah Suci dilarang menerima tamu yang berkunjung di dalam kamar. Jemaah diimbau bertemu di lobi hotel, musala, atau tempat lain.
  • Kisah Nabi Ibrahim Menyeru: Diwajibkan Haji Atas Kalian..!
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 13:09 WIB
    Nabi Ibrahim berdiri di atas batu lalu menyeru: Wahai manusia, diwajibkan haji atas kalian. Orang-orang yang masih di sulbi para laki-laki dan di rahim para wanita mendengarnya.
  • Kemenag: Kuota Haji Indonesia Terserap 99,6 Persen
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 04:10 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) menyebut kuota haji Indonesia pada penyelenggaraan ibadah haji 1444 Hijriah/2023 Masehi terserap 99,6 persen.
  • Hari Haji Akbar, Benarkah Bila Wukufnya Hari Jumat?
    Hikmah
    Kamis, 18 Mei 2023 - 11:48 WIB
    Ada yang berpendapat bila wukufnya hari Jumat, pada tahun tersebut adalah haji akbar. Ibnul Qayyim mengatakan hari haji akbar sejatinya adalah pada hari Nahr.
  • Hal-Hal yang Diwajibkan dalam Haji
    Hikmah
    Rabu, 15 Mei 2024 - 22:05 WIB
    Haji adalah salah satu ibadah dari sekian banyak ibadah, mempunyai rukun, hal-hal yang wajib dan hal-hal yang sunah..Khusus tentang hal-hal yang diwajibkan dalam haji adalah terdiri:
  • Jalani Tawaf Ifadah, Jutaan Jemaah Haji Padati Masjidilharam
    Dunia Islam
    Minggu, 02 Juli 2023 - 18:16 WIB
    Jutaan jemaah haji dari berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, memadati Masjidilharam untuk melaksanakan tawaf ifadah sebagai rangkaian rukun haji.
  • Jemaah Haji Diimbau Tak ke Raudhah bila Tasrih Belum Keluar
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Dari perspektif tasawuf, tasrih merupakan implementasi dari izin Rasulullah SAW.
  • Haji 2023, Jemaah Indonesia Wafat di Saudi 705 Orang
    Dunia Islam
    Minggu, 23 Juli 2023 - 06:23 WIB
    Jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat di Tanah Suci kembali bertambah. Dengan penambahan ini, maka total jemaah haji yang wafat sebanyak 705 orang.
  • 54 Dapur Katering Bakal Sajikan Menu Nusantara untuk Jemaah Haji Indonesia
    Dunia Islam
    Rabu, 24 Mei 2023 - 02:13 WIB
    Jemaah Indonesia tahun ini tidak perlu lagi khawatir kangen dengan masakan rumahan saat menjalankan ibadah haji. PPIH Arab Saudi telah menyiapkan layanan katering dengan menu Nusantara.
  • Banyak Jemaah Haji Tidur di Luar Tenda, Kemenag Evaluasi Penggunaan Kasur
    Dunia Islam
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 10:56 WIB
    Kemenag mengevaluasi penggunaan kasur di tenda maktab. Hal itu menyikapi jemaah haji yang tidur di luar akibat over capacity atau kelebihan kapasitas di maktab, tenda penginapan di Mina.