Topik Terkait: Kisah Haji Mabrur (halaman 3)

  • KKHI Makkah Tanazulkan Jemaah Haji Lansia Asal Surabaya
    Dunia Islam
    Minggu, 09 Juli 2023 - 16:23 WIB
    KKHI Makkah melakukan tanazul kepada Salamah,78, jemaah haji asal kloter SUB 10. Proses tanazul ini difasilitasi oleh KKHI pada Sabtu, 8 Juli 2023.
  • Jemaah Haji Diimbau Tak ke Raudhah bila Tasrih Belum Keluar
    Dunia Islam
    Sabtu, 03 Juni 2023 - 11:53 WIB
    Dari perspektif tasawuf, tasrih merupakan implementasi dari izin Rasulullah SAW.
  • Innalillahi, Suprapto Jemaah Haji Pertama asal Demak Wafat di Madinah
    Dunia Islam
    Kamis, 25 Mei 2023 - 13:33 WIB
    Kabar duka, seorang jemaah haji Indonesia asal Demak, Suprapto (53) meninggal dunia saat berada di Tanah Suci. Suami dari Soejantini ini meninggal di Madinah.
  • Kisah Guru Sufi Menyarankan Bayazid Al-Busthami Membatalkan Haji
    Hikmah
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 08:11 WIB
    Kisah epik mistik seorang guru sufi yang menyarankan Bayazid Al-Busthami agar membatalkan haji dipaparkan Jalal al-Din Rumi dalam dalam buku Masnavi-ye Manai.
  • Waspadai 2 Penyakit Sering Menyerang Jemaah Haji Lansia Ini
    Dunia Islam
    Kamis, 08 Juni 2023 - 18:55 WIB
    Banyaknya jemaah haji lansia yang berangkat Tanah Suci menjadi tantangan tersendiri bagi tim kesehatan dalam memberikan pelayanan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kasus Jemaah Haji Alami Demensia Marak, Ini Cara Mencegahnya
    Dunia Islam
    Minggu, 04 Juni 2023 - 16:13 WIB
    Kasus jemaah haji Indonesia yang mengalami demensia atau menurunnya daya ingat cukup tinggi. Umumnya gejala itu dialami orang-orang yang sudah berusia lanjut.
  • Demi Kenyamanan Jemaah Haji, Dua Maskapai Diminta Kooperatif
    Dunia Islam
    Senin, 05 Juni 2023 - 12:30 WIB
    Tingkat perubahan dan keterlambatan jadwal penerbangan jemaah haji Indonesia pada 2023 cukup tinggi, yaitu lebih dari 15 kali.
  • Stiker Lindungi Lansia Terpampang di Setiap Sudut Hotel Jemaah Haji
    Dunia Islam
    Selasa, 30 Mei 2023 - 08:50 WIB
    Kementerian Agama (Kemenag) berkomitmen mewujudkan layanan haji ramah lanjut usia (lansia) pada Penyelenggaraan Ibadah Haji 1444/2023 M.
  • Ibadah Haji: Memahami Sejarah Nabi Ibrahim dan Ajarannya
    Tausyiah
    Senin, 06 Mei 2024 - 15:18 WIB
    Monoteisme Ibrahim as bukan sekadar hakikat keagamaan yang besar, tapi sekaligus penunjang akal ilmiah manusia sehingga lebih tepat, lebih teliti lagi, lebih meyakinkan
  • 240 Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas Disafariwukufkan
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 03:03 WIB
    Sebanyak 240 jemaah haji lansia dan disabilitas akan disafariwukufkan. Mereka adalah jemaah haji yang memiliki keterbatasan fisik dalam pergerakan.
  • Amalan Agar Dimudahkan Berangkat Haji
    Tausyiah
    Senin, 20 Juni 2022 - 00:00 WIB
    Setiap muslim tentu ingin menunaikan ibadah Haji. Bagi yang ingin dipermudah melaksanakan rukun Islam kelima itu, ada baiknya mengamalkan doa Nabi Ibrahim berikut.
  • Besok Jemaah Haji ke Bir Ali, Kadaker: Sebaiknya Sudah Kenakan Kain Ihram
    Dunia Islam
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:02 WIB
    Sebanyak 1.899 jemaah haji Indonesia dijadwalkan berangkat ke Masjid Bir Ali untuk mengambil miqat dan niat berihram pada Kamis besok, 1 Juni 2023.
  • Kemenag: 663 Jemaah Haji Indonesia Dipulangkan Lebih Awal ke Tanah Air
    Dunia Islam
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 19:44 WIB
    Jumlah jemaah haji Indonesia yang dipulangkan lebih cepat atau tanazul hingga hari ini berjumlah 663 orang. Jumlah tersebut berpotensi bertambah.
  • 150 Jemaah Haji Jepang Kebanyakan Keturunan Indonesia
    Dunia Islam
    Senin, 19 Juni 2023 - 17:33 WIB
    Empat kelompok yang terdiri dari sekitar 150 jemaah haji telah meninggalkan Tokyo, Jepang menuju Arab Saudi. Sebagian besar mereka adalah penduduk Jepang keturunan Indonesia.
  • Kemenag: 60 Persen Jemaah Haji Indonesia Sudah Tiba di Tanah Air
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:43 WIB
    Kemenag menyebut sebagian besar jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Air. Hingga kini proses pemulangan jemaah haji dari Arab Saudi masih berlangsung.
  • Ini Hal-Hal yang Dilakukan Jamaah Haji pada Hari Nahar, 10 Zulhijah
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:18 WIB
    Amal yang utama yang dilakukan jamaah haji pada hari nahar atau 10 Zulhijah sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW antara lain adalah melontar jumrah aqabah sebanyak tujuh kali.
  • 440 Jemaah Haji Ikut Safari Wukuf, Terdiri Jemaah Sakit, Lansia, dan Difabel
    Dunia Islam
    Selasa, 27 Juni 2023 - 16:30 WIB
    Ratusan jemaah itu terdiri dari 240 lansia dan disabilitas, serta 200 jemaah haji sakit dan dirawat di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah dan Rumah Sakit Arab Saudi.
  • Daker Madinah Siapkan Bubur Ayam hingga Kursi Roda untuk Jemaah Haji Lansia
    Dunia Islam
    Senin, 10 Juli 2023 - 14:02 WIB
    Daker Madinah terus melakukan persiapan jelang kedatangan jemaah haji Indonesia gelombang kedua. Salah satunya menyiapkan fasilitas bagi jemaah haji lansia.
  • 8 Hal Wajib Dilakukan Orang yang Akan Berangkat Haji, Pertama Bayar Utang Dulu
    Tips
    Rabu, 08 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin menyebut 8 hal yang perlu dilakukan seseorang yang akan berangkat haji. Pertama adalah harus membayar utangnya dulu.
  • Ibadah Haji, 104 Ribu Calon Jemaah Gunakan Maskapai Garuda
    Dunia Islam
    Minggu, 21 Mei 2023 - 08:27 WIB
    Sebanyak 104 ribu calon jemaah haji bakal menjalankan ibadahnya ke tanah suci, Mekkah, Arab Saudi menggunakan maskapai Garuda Indonesia pada 2023 ini.