Topik Terkait: Kisah Hewan (halaman 2)

  • Kisah Iblis Membuat Resep Produksi Arak setelah Curi Bibit Anggur Milik Nabi Nuh
    Hikmah
    Kamis, 31 Maret 2022 - 06:14 WIB
    Orang yang meminum arak akan terkena sifat-sifat hewan. Siapa pun orangnya yang pertama kali meminumnya akan berlaku sombong, seperti sombongnya burung merak.
  • Kisah Nabi Idris, Manusia Pertama yang Memakai Pena
    Hikmah
    Sabtu, 16 November 2019 - 05:15 WIB
    Kali ini Syeikh Ahmad Al-Mishry (ulama dari Mesir) mengulas kisah Nabi Idris alaihissalam (AS) dalam kajian rutin malam Jumat di Srengseng Jakarta Barat, (14/11/2019).
  • Kisah Nabi Ayyub, Penghibur Bagi Orang yang Ditimpa Musibah
    Hikmah
    Kamis, 05 Maret 2020 - 05:15 WIB
    Satu-satunya Nabi yang diuji dengan ujian cukup berat ialah Nabiyullah Ayyub alaihissalam (AS). Allah Taala mengujinya dengan empat macam cobaan.
  • Kisah Menakjubkan Ketika Abu Bakar Memeluk Islam
    Hikmah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 05:10 WIB
    Sosok Abu Bakar radhiallahu anhu (RA) adalah sahabat yang mendapat tempat tertinggi di sisi Rasulullah SAW. Beliau termasuk orang-orang yang paling awal memeluk Islam (As-Sabiqun Al-Awwalun).
  • Kisah Pezina Bertaubat yang Membuat Rasulullah Kagum
    Hikmah
    Selasa, 28 Mei 2019 - 14:54 WIB
    Allah mencintai orang-orang yang senantiasa bertaubat dan kembali ke jalan Nya. Pada masa Rasulullah SAW, ada satu kisah menakjubkan tentang seorang perempuan pezina yang bertaubat.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 4 Tips Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Senin, 26 Juni 2023 - 09:56 WIB
    Memilih hewan kurban tidak boleh asal dan harus sesuai syariat Islam. Sudah seharusnya umat muslim mengetahui hal ini supaya maksimal dalam berkurban di Hari Raya Iduladha.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Orang yang Menyadari Kematian
    Hikmah
    Selasa, 09 Juni 2020 - 06:55 WIB
    Seperti yang sudah sering saya renungkan ketika berada di darat, dalam peristiwa biasa sehari-hari, pemisah antara kita dan maut bahkan lebih rapuh lagi.
  • Kisah Sufi: Air Surga dan Khalifah Harun al-Rasyid
    Hikmah
    Selasa, 12 Desember 2023 - 08:38 WIB
    Harun Sang Terus-terang mencicipi air itu dan, karena ia memahami rakyatnya, ia menyuruh penjaga membawa Harith pergi dan mengurungnya sampai ia mengambil keputusan.
  • Doa dan Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariah
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 14:40 WIB
    Waktu yang ditetapkan untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban adalah sejak selesai salat Iduladha tanggal 10 Zulhijah sampai terbenam matahari pada tanggal 13 Zulhijah.
  • Kisah Keluarga Nabi di Hari Raya Idul Fitri
    Hikmah
    Selasa, 12 Juni 2018 - 16:52 WIB
    Ada sebuah kisah mengharukan tentang keteladanan keluarga Rasulullah SAW, yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib. Kisah ini menjadi pelajaran penting, terlebih umat Islam akan merayakan Idul Fitri.
  • Pelajaran Berharga dari Kisah Nabi Musa Saat Sakit Gigi
    Hikmah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Kisah Nabi Musa alaihissalam saat menderita saat gigi layak dijadikan hikmah dan iktibar buat kita. Allah mengajarkan beliau ilmu hikmah dan hakikat tawakkal yang sesungguhnya.
  • Kisah Sufi Khwaja Muhammad Baba Samasi: Cara Mendapat Pengetahuan
    Hikmah
    Rabu, 24 November 2021 - 08:09 WIB
    Kisah ini menjadi tradisi lisan para Darwis Badakhshan yang dituturkan Khwaja Muhammad Baba Samasi. Beliau adalah Guru Agung dalam Tarekat Para Guru.
  • Kisah Sufi Hatim al-Thai dan Raja yang Ingin Menjadi Dermawan
    Hikmah
    Sabtu, 27 November 2021 - 13:38 WIB
    Kedermawanan tidak mungkin ada tanpa tiga hal. Pertama, memberi tanpa perasaan ingin menjadi dermawan kedua, kesabaran ketiga, tidak menaruh prasangka.
  • Kisah Urwah Jadikan Salat Sebagai Obat Bius Saat Diamputasi
    Hikmah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 05:01 WIB
    Urwah bin Zubair rahimahullah adalah putra sahabat terkemuka Zubair bin Awwam. Beliau selalu bangun malam dan tak pernah meninggalkannya kecuali sekali saja, yaitu malam ketika kakinya harus diamputasi.
  • Hukum Hewan Kurban Dipotong sebelum Sholat Idul Adha
    Tausyiah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 16:33 WIB
    Hukum hewan kurban dipotong sebelum sholat Idul Adha adalah tidak sah dan dinilai sebagai sembelihan bukan kurban. Jadi tidak memiliki nilai pahala ibadah kurban.
  • Kisah Bijak Para Sufi: Si Tolol, Si Bijak dan Kendi
    Hikmah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 06:27 WIB
    Di tengah jalan Si Tolol, karena kecerobohannya, menyebabkan kendi itu terbentur batu dan pecah. Sesampainya di rumah Si Bijak, ia memberikan pegangan kendi itu.
  • Kisah Seorang Yahudi dan Jubah Tambalan Milik Nabi
    Hikmah
    Jum'at, 04 Desember 2020 - 13:48 WIB
    Orang Yahudi tersebut mengenakan jubah untuknya sendiri dan memeluk Islam. Meminta diantar ke makam Rasulullah saw. Sesampainya di makam, dia telah menghembuskan nafas terakhir.
  • Kisah Bakhtiar Baba, Penguasa Tiran, dan Nabi Khidir
    Hikmah
    Sabtu, 04 September 2021 - 19:13 WIB
    Seorang lelaki miskin dan buta bernama Bakhtiar Baba, menyusun siasat untuk memperoleh uang yang cukup untuk masa depan istrinya dengan cara menipu raja.
  • Kisah Nabi Musa Mendakwahi Firaun dengan Lembut, Begini Ucapannya
    Hikmah
    Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:10 WIB
    Nabi Musa alaihissalam diutus oleh Allah untuk mendakwahi Firaun, raja Mesir yang zalim. Beliau diperintahkan berbicara kepada Firaun dengan kelembutan.
  • Kisah Sahabat Nabi yang Suka Menawarkan Pinjaman Lalu Memutihkannya
    Hikmah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 15:16 WIB
    Kisah sahabat yang memutihkan utang orang-orang pada masanya patut jadi teladan. Sahabat yang gemar menawarkan pinjaman kepada umat muslim, justru memutihkannya saat ia sedang sakit.