Topik Terkait: Konser Musik

  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Selasa, 08 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Al-Qardhawi mengatakan apabila dalil-dalil yang mengharamkan itu sudah tidak berfungsi, maka yang tetap adalah bahwa hukum menyanyi itu dikembalikan pada asalnya yaitu boleh, tanpa diragukan.
  • Pendapat UAH Tentang...
    Tausyiah
    Selasa, 23 November 2021 - 14:23 WIB
    Ustaz Adi Hidayat (UAH) mempunyai pendapat tentang musik yang ramai diperbincangkan kaum muslimin. Benarkah musik itu haram? Mari kita simak keterangan UAH berikut.
  • Syaikh Al-Qardhawi:...
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:26 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan bahwa senang terhadap lagu, musik dan suara yang indah itu hampir merupakan instink manusia dan fitrah yang melekat pada mereka.
  • Berikut Ini Ulama yang...
    Tausyiah
    Minggu, 13 Agustus 2023 - 07:25 WIB
    Hukum musik dan lagu adalah boleh menurut Islam. Berikut ini para ulama yang mengatakan halalnya mendengar lagu-lagu, walaupun dengan alat-alat musik.
  • Hukum Musik dan Menyanyi...
    Tausyiah
    Jum'at, 07 Juni 2024 - 08:09 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan di antara hiburan yang dapat menghibur jiwa dan menenangkan hati serta mengenakkan telinga, ialah nyanyian. Hal ini dibolehkan oleh Islam.
  • Dalil-Dalil Mereka yang...
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Juli 2023 - 05:45 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu dan musik mendasarkan pada firman Allah SWT dalam memuji orang-orang yang beriman sebagaimana dalam surat Al-Qashash ayat 55..
  • Hukum Musik Menurut...
    Tausyiah
    Minggu, 10 September 2023 - 13:15 WIB
    Hukum musik menurut Imam Syafii adalah merupakan perkara melalaikan yang dibenci, merupakan kebatilan. Barangsiapa memperbanyaknya maka dia seorang yang bodoh. Persaksiannya ditolak, ujarnya.
  • Dalil-Dalil Ulama yang...
    Tausyiah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Ulama yang membolehkan lagu dan musik bersandar pada dalil-dalil yang dipakai oleh orang-orang yang mengharamkan lagu itu juga. Satu demi satu dali mereka yang mengharamkan telah berguguran.
  • Berikut Ini Daftar Sahabat...
    Tausyiah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 20:23 WIB
    Lagu dan musik adalah boleh menurut syariat Islam. Syaikh Yusuf Al-Qardhawi mengutip Imam Syaukani dalam Nailul Authar menyampaikan banyak ulama yang berpendapat sama dengannya..
  • MUI DKI: Musik dan Film...
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 16:29 WIB
    Aktivitas dakwah ternyata tidak cukup melalui mimbar-mibar majelis taklim. Musik dan film dapat dijadikan sebagai sarana dakwah selama tidak mengandung unsur kemaksiatan.
  • Hadis yang Jadi Dalil...
    Tausyiah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 08:08 WIB
    Orang-orang yang memperbolehkan menyanyi mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif. Seandainya sahih pasti menjadi hujjah, bahwa ungkapan Nabi Itu adalah batil itu tidak menunjukkan pengharaman.
  • Kisah Praktik Pengobatan...
    Dunia Islam
    Rabu, 23 Agustus 2023 - 05:51 WIB
    Abu Nasr al-Farabi, seorang filsuf, menulis setiap mode dapat menimbulkan perasaan yang berbeda-beda, seperti kepuasan, kemudahan, kesedihan, ketakutan, kantuk dan beberapa lainnya.
  • Kenapa Masuk Islam?...
    Dunia Islam
    Selasa, 01 Agustus 2023 - 19:27 WIB
    Ia terlahir dengan nama Frederick Russell Jones. Begitu masuk Islam namanya diganti menjadi Ahmad Jamal. Dia adalah salah satu pianis jazz paling berpengaruh di dunia.
  • Musyahadah Cinta Gus...
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 04:50 WIB
    Sekretaris PP Pagar Nusa Sastro Adi, musisi sekaligus aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU menyebut, musyahadah cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya. Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah. sesungguhnya,
  • Begini Tanggapan Syaikh...
    Tausyiah
    Rabu, 22 Mei 2024 - 12:21 WIB
    Masalah nyanyian, baik dengan musik maupun tanpa alat musik, merupakan masalah yang diperdebatkan oleh para fuqaha kaum muslimin sejak zaman dulu.
  • Para Sufi Manfaatkan...
    Tausyiah
    Sabtu, 04 Juni 2022 - 19:56 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan para sufi memanfaatkan musik untuk membangkitkan cinta yang lebih besar kepada Allah Taala dalam diri mereka, dan dengannya mereka seringkali mendapatkan penglihatan dan kegairanan rohani.
  • Pandangan Bijak Ustaz...
    Tausyiah
    Kamis, 16 September 2021 - 13:39 WIB
    Dalam satu tulisan di akun media sosialnya, Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat Lc menerangkan hukum musik dari beberapa sudut pandang.
  • Berikut Ini Pendapat...
    Tausyiah
    Sabtu, 12 Agustus 2023 - 12:03 WIB
    Ahlul Madinah berpendapat dan ulama yang sependapat dengan mereka dari kalangan Zhahiriyah serta jamaah dari kaum shufi bahwa menyanyi itu diperbolehkan, meskipun dengan gitar dan biola.
  • Pertahankan Warisan...
    Santri
    Selasa, 12 Mei 2020 - 11:13 WIB
    Musik karawitan sebagai kebudayaan masyarakat kini masih dijaga sekelompok anak muda yang menimba ilmu di pondok pesantren (ponpes). Salah satunya santri di Ponpes Al Ikhlas Mulyorejo Panceng Gresik.
  • Rasulullah SAW Tidak...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Mei 2024 - 09:04 WIB
    Sejarah kehidupan Rasulullah SAW membuktikan bahwa beliau tidak melarang nyanyian yang tidak mengantar kepada kemaksiatan. Kaum Anshar di Madinah menyambut Rasulullah SAW juga dengan nyanyian.