Topik Terkait: Makan Nasi (halaman 3)

  • Memberi Makan Berbuka Jalan Menuju Surga
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 16:40 WIB
    Buka puasa bersama atau bukber lazim diselenggarakan banyak pihak di masa Ramadan. Selain menggalang silaturahim, pahala memberi makan untuk berbuka puasa amat besar.
  • 4 Amalan sebelum Merayakan Idul Adha, Jangan Makan hingga Selesai Sholat Id
    Tips
    Sabtu, 09 Juli 2022 - 10:03 WIB
    Berbeda dengan Idul Fitri, untuk Idul Adha dituntunkan agar orang tidak makan terlebih dahulu sejak fajar sampai dengan selesai salat Idul Adha. Hal ini sesuai dengan sunnah yang dilakukan Nabi SAW:
  • Adab Makan yang Jarang Diperhatikan
    Muslimah
    Kamis, 18 Februari 2021 - 10:36 WIB
    Banyak perkara-perkara kesehatan itu berkaitan dengan adab makan. Cara makan yang salah bisa berujung kepada datangnya penyakit, munculnya penyakit. Maka tidak boleh kita sepelekan masalah ini.
  • Berkah Sahur: Mendapat Salawat dari Allah dan Malaikat
    Tips
    Rabu, 22 Maret 2023 - 21:17 WIB
    Ramadan telah tiba. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam bulan puasa adalah sahur. Rasulullah SAW memerintahkan umat Islam untuk bersahur karena di dalamnya ada keberkahan.
  • Ini Diet Cara Rasulullah yang Wajib Muslimah Tahu
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 05:00 WIB
    Ada banyak cara dan metode diet yang kini tengah tren. Namun tahukah muslimah bahwa Rasulullah pun pernah mengajarkan cara diet yang benar dan sesuai syariat. Diet cara Rasulullah ini sangat baik diamalkan untuk kesehatan.
  • Pentingnya Mengajarkan Adab Makan Kepada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 13:10 WIB
    Adab makan ini perlu diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Sebenarnya adab makan ini bukan hanya perlu bagi anak, kita orang dewasa juga perlu memperhatikan adab ini.
  • Kisah Malaikat Bertamu ke Rumah Nabi Ibrahim, Tidak Makan dan Minum
    Hikmah
    Selasa, 15 Februari 2022 - 16:36 WIB
    Malaikat tak berjenis kelamin, maknanya bukan lelaki atau pun perempuan. Lalu, apakah makhluk gaib ini makan dan minum, layaknya manusia dan binatang?
  • Apa yang Dilakukan Jika Ragu Kehalalan Daging yang Terhidang di Meja Makan
    Tausyiah
    Senin, 04 Juli 2022 - 19:06 WIB
    Bahkan apa pun yang tidak kita saksikan sendiri tentang penyembelihannya baik dilakukan oleh seorang muslim, walaupun dia bodoh dan fasik, ataupun oleh ahli kitab, semuanya adalah halal buat kita.
  • Menjelang Subuh, Waktu Sahur Nabi dan Para Sahabat
    Tips
    Jum'at, 01 April 2022 - 17:46 WIB
    Tujuan dari mengakhirkan sahur bukan semata makan dan minum, tetapi diiringi dengan ibadah lainnya seperti salat, zikir, dan berdoa. Sebab itulah waktu terbaik untuk beribadah.
  • Nabi Adam Turun ke Bumi, 40 Tahun Tidak Makan dan 500 Tahun Terpisah dengan Hawa
    Hikmah
    Selasa, 25 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Selama 40 tahun semenjak terusir dari surga dan tinggal di bumi, Nabi Adam tidak pernah makan. Di sisi lain, Nabi Adam dan Siti Hawa terpisah selama 500 tahun.
  • Berapa Kali Jemaah Haji Dapat Makan di Tanah Suci? Begini Penjelasan Kemenag
    Dunia Islam
    Rabu, 22 Mei 2024 - 17:13 WIB
    Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan selama di Tanah Suci, jemaah haji Indonesia mendapat layanan katering yang diberikan setiap hari. Selama di Tanah Suci, jemaah mendapat makan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan malam.
  • Kisah Sumpah Umar Tidak Makan Daging atau Samin, Kulitnya Berubah Hitam
    Hikmah
    Minggu, 17 Desember 2023 - 08:30 WIB
    Umar bersumpah untuk tidak lagi makan daging atau samin sampai semua orang hidup seperti biasa. Ia tetap bertahan dengan sumpahnya itu sampai dengan izin Allah hujan turun dan musim paceklik berakhir.
  • Gaya Kuliner Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam
    Tausyiah
    Rabu, 14 Oktober 2020 - 18:35 WIB
    Sebagaimana manusia biasa, Rasulullah shallallhu alaihi wa sallam merasakan lapar dan haus. Beliau makan dan minum secukupnya dan tidak pernah berlebih-lebihan.
  • Doa yang Dibaca Saat Sahur seperti Dicontohkan Rasulullah SAW
    Tips
    Rabu, 06 April 2022 - 03:00 WIB
    Doa yang dibaca saat sahur sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW ada dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam At-Thabaran sebagai berikut ini.
  • Makna Idulfitri: Kembali Makan atau Hari Raya Berbuka Puasa
    Tips
    Jum'at, 21 April 2023 - 20:52 WIB
    Salah satu hari yang diharamkan berpuasa adalah hari raya Idulfitri. Bahkan, dalam kitab-kitab fikih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idulfitri itu pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Lebaran Bersama Rasulullah SAW: Makan sebelum Salat Id
    Tausyiah
    Senin, 08 April 2024 - 05:15 WIB
    Hikmah makan sebelum salat (Idul Fithri) adalah agar orang tidak menyangka masih diharuskan puasa hingga dilaksankan salat Id, seolah-olah beliau ingin menutup jalan menuju ke sana
  • Pola Makan Ibu Hamil dalam Pandangan Syariat Islam
    Muslimah
    Kamis, 22 Desember 2022 - 10:56 WIB
    Seorang wanita yang sedang mengandung (hamil) harus menjaga asupan makanannya agar bayi dalam kandungannya dapat menyerap makanan-makanan yang sehat, halal dan thayiiban
  • Makan Kurma Ajwa, Amalan Enak Agar Terhindar dari Sihir
    Tips
    Kamis, 11 Mei 2023 - 19:36 WIB
    Memakan kurma selain enak dan baik untuk kesehatan, ternyata salah satu amalan agar terhindar dari sihir dan sejenisnya.
  • Hukum Balas Dendam saat Berbuka Puasa
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Jemaah Haji Indonesia Dipastikan Dapat Makan Selama di Arafah dan Mina
    Dunia Islam
    Senin, 26 Juni 2023 - 23:32 WIB
    Jemaah haji Indonesia dipastikan mendapat makan selama prosesi puncak haji di Arafah dan Mina. Hal ini dikatakan Kasi Konsumsi Daker Makkah, Beny Darmawan.