Topik Terkait: Malam Jumat Baca Al Kahfi Atau Yasin (halaman 463)

  • Kisah Sufi Dzun-Nun:...
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 20:11 WIB
    Kisah yang bisa dibilang serupa dengan apa yang telah dituturkan oleh Paus Sylvester II, yang membawa pengetahuan dari Negeri Arab. Termasuk matematika, dari Sevilla, Spanyol, pada abad kesepuluh
  • Kisah Sufi: Maruf Si...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:01 WIB
    Seperti berbagai kisah darwis lainnya, kisah ini terdapat juga dalam Malam-malam Arab (Arabian Nights). Tetapi tak seperti kebanyakan alegori Sufi, kisah ini tak berbentuk sajak
  • Arab Saudi Menghijau,...
    Dunia Islam
    Senin, 09 Januari 2023 - 22:57 WIB
    Pegunungan Arab Saudi menghijau dipenuhi tumbuhan menjadi perbincangan hangat muslim di Tanah Air. Banyak mengaitkan fenomena ini pertanda Kiamat sudah dekat. Benarkah demikian?
  • Perilaku-perilaku Manusia...
    Tausyiah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 11:04 WIB
    Adakah ciri dari perilaku-perilaku manusia yang mempercepat turunnya dajjal? Ternyata, banyak sekali yang sudah terlihat saat ini. Apa saja ciri dari perilaku manusia tersebut?
  • Konsep Taabbudi dan...
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Januari 2023 - 17:23 WIB
    Taabbudi dan Taaqquli merupakan dua konsep pemahaman yang berkaitan dengan hukum-hukum Islam. Berikut penjelasan dan contoh-contohnya.
  • Doa Berlindung dari...
    Tips
    Senin, 16 Januari 2023 - 15:28 WIB
    Rasa lapar sering membuat seseorang menjadi gelisah dan tidak tenang, bahkan bisa menjadi pemicu kejahatan. Berikut doa berlindung dari kelaparan yang diajarkan Rasulullah SAW.
  • Pengaruh Iptek Modern...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Januari 2023 - 11:51 WIB
    Produk-produk teknologi kaum muslimin unggul pada saat menaklukkan Spanyol pada awal abad ke-8. Akan tetapi, semenjak akhir abad ke-18 bangsa Eropa melampaui semuanya.
  • Bila Ihsan Diwujudkan...
    Hikmah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:43 WIB
    Ihsan yang diwujudkan secara nyata dalam tasawuf, kemudian yang dipraktikkan melalui ajaran tarekat adalah sebuah wawasan tentang kebulatan, kebenaran, atau kebenaran dalam dimensinya yang utuh.
  • Jalan Ketaatan Para...
    Tausyiah
    Kamis, 19 Januari 2023 - 18:50 WIB
    Para sufi dan mereka yang menekuni fiqih sama-sama berhak memperoleh sebutan al-shiddiq-u, hanya saja masing-masing menempuh jalan ketaatan pada Allah dan Rasul-Nya menurut ijtihad yang mereka lakukan.
  • Golongan Misionaris...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Januari 2023 - 13:17 WIB
    Sejak awal mula agama Kristen menjadi agama misioner. Sebagian besar umat Islam marah dengan orang-orang yang pindah ke agama Kristen dan menuduh gerakan misioner menjadi antek kolonialisme.
  • 3 Perkara yang Membuat...
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 22:12 WIB
    Ada tiga 3 perkara yang menyebabkan seseorang bangkrut di Akhirat kelak. Orang yang bangkrut di Akhirat akan dilemparkan ke neraka karena pahala kebaikannya habis akibat dosa-dosanya.
  • Begini Sejarah Lahirnya...
    Dunia Islam
    Minggu, 22 Januari 2023 - 12:48 WIB
    Kitab Suci Yahudi yang kini dipergunakan adalah berdasarkan atas teks Massorah. Yudaisme baru timbul ketika orang-orang Yahudi bebas menjalankan agamanya di bawah kekuasaan Muslimin.
  • 5 Keutamaan dan Manfaat...
    Tips
    Kamis, 26 Januari 2023 - 22:44 WIB
    Keutamaan dan manfaat Surat Asy-Syuara, surat ke-26 dalam Al-Quran perlu diketahui kaum muslim. Salah satunya dapat menghilangkan rasa takut dan kelelahan.
  • Jurang Pemisah antara...
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:37 WIB
    Sebagian pengikut agama Kristen dan Islam berpikir bahwa agamanya sendirilah yang dianggap sebagai agama dalam arti yang sebenarnya, sementara semua agama yang lain itu tidak ada sama sekali
  • Kisah Nabi Musa Menyalahkan...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa menyalahkan Nabi Adam sebab karena perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.
  • 7 Ujian Tanda-Tanda...
    Tausyiah
    Rabu, 01 Februari 2023 - 10:25 WIB
    Imam al-Ghazali mengatakan banyak orang mengaku telah mencintai Allah, tetapi masing-masing mesti memeriksa diri sendiri berkenaan dengan kemurnian cinta yang ia miliki.
  • Agar Mudah Mengingat...
    Tips
    Senin, 06 Februari 2023 - 22:18 WIB
    Manusia memang tempatnya lupa dan itu sudah menjadi fitrah. Namun ada satu cara agar dimudahkan mengingat sesuatu. Berikut tpsnya disampaikan Ustaz Amru Hamdany.
  • Batasan Aurat Wanita...
    Muslimah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 15:26 WIB
    Batasan aurat wanita bagi mahramnya menurut 4 mazhab penting diketahui kaum muslimah. Apalagi wanita punya kebutuhan untuk bermuamalah dengan kaum lelaki dalam sehari-hari.
  • Gempa Bumi Bukanlah...
    Tausyiah
    Kamis, 09 Februari 2023 - 17:34 WIB
    Ketika terjadi gempa di satu daerah, jangan langsung mengatakan Allah telah menurunkan azab kepada penduduk di daerah tersebut. Berikut penjelasan Gus Baha.
  • Mustashim Billah, Khalifah...
    Hikmah
    Sabtu, 11 Februari 2023 - 07:16 WIB
    Al-Mustashim Billah adalah khalifah terakhir Dinasti Abbasiyah yang wafat dibunuh pasukan Mongol saat penaklukan Baghdad. Beliau dieksekusi dengan diinjak-injak kuda pasukan Mongol.