Topik Terkait: Malik Bin Dinar (halaman 2)

  • Kisah Mengharukan Detik-Detik Jelang Wafatnya Khalifah Umar bin Abdul Aziz
    Hikmah
    Rabu, 02 September 2020 - 15:01 WIB
    Lihatlah, wahai Maslamah, ke rumah seperti apa engkau akan menempatkan diriku dan dengan keadaan seperti apa dunia menyerahkan diriku ke rumah tempat kembali ku.
  • Pesan Sholat Umar bin Khattab Menjelang Izrail Menjemputnya
    Tausyiah
    Selasa, 15 Juni 2021 - 16:25 WIB
    Mutiara-mutiara nasehat yang diriwayatkan dari Umar bin Khattab sangatlah banyak, di antara mutiara nasehat tersebut adalah tatkala beliau menghadapi sakaratul maut.
  • Kisah Pembangkangan Muawiyah kepada Khalifah Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 22 Januari 2021 - 18:43 WIB
    Memecat Muawiyah tidaklah mudah. Ia relatif lama menjadi penguasa di Syam. Ia bukan hanya membangkang, bahkan menentang kekhalifahan Ali secara terang-terangan.
  • Lirik Sholawat Nadhom Alfiyah Ibnu Malik, Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Minggu, 15 Oktober 2023 - 22:11 WIB
    Sholawat Nadhom Alfiyah merupakan bacaan yang dibaca dalam pembukaan Kitab Alfiyah karya Ibnu Malik. Berikut lirik Sholawat Nadhom Alfiyah Ibnu Malik lengkap Arab, latin dan terjemahan.
  • Keberanian Imam Said bin Musayib kepada Penguasa Zalim
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Sebuah kisah luar biasa tentang keberanian ulama Tabiin, Imam Said bin Musayib rahimahullah kepada penguasa zalim yang ditakuti pada masanya. Simak kisahnya.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Utsman bin Affan Menangis karena Kuburan, Ini Nasihatnya
    Hikmah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:15 WIB
    Biasanya orang menangis dan ketakutan apabila mendengar cerita tentang neraka dan hari Kiamat, namun tidak demikian bagi Sayyidina Utsman bin Affan.
  • Konflik Khilafah: Kisah Suram Putra Ketiga Ali bin Abi Thalib
    Hikmah
    Jum'at, 04 September 2020 - 15:24 WIB
    Tidak lama ketika rasa binggung menggelayuti pikiran Muhammad Al-Hanafiyah di tempat ia tinggal, atas kehendak Allah, Hajjaj bin Yusuf membunuh Abdullah bin Zubair.
  • Ini Jabatan Umar bin Khattab dan Utsman bin Affan ketika Abu Bakar Menjadi Khalifah
    Hikmah
    Selasa, 09 Januari 2024 - 11:38 WIB
    Abu Bakar mengangkat Umar bin Khattab untuk bidang kehakiman di Madinah. Selama setahun penuh memegang jabatan itu ia pernah berselisih dalam menghadapi berbagai perkara.
  • Ketika Malik Bin Dinar Menghadapi Tetangga yang Berakhlak Buruk
    Hikmah
    Minggu, 17 Oktober 2021 - 09:10 WIB
    Ada seorang pemuda yang tinggal di sekitar rumah Malik, dia sangat bejat dan berakhlak rendah. Malik terus-menerus merasa sedih karena perilakunya yang buruk.
  • Akhlak Imam Ahmad bin Hanbal yang Menakjubkan
    Hikmah
    Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:41 WIB
    Dalam biografi Imam Ahmad bin Hanbal sang ulama ahli Hadis (164-241 H) diceritakan akhlak beliau yang menakjubkan. Simak kisahnya berikut.
  • Lelaki Zuhud Ini Tolak Pinangan Khalifah Abdul Malik bin Marwan
    Hikmah
    Senin, 17 Agustus 2020 - 13:45 WIB
    Benarkah ia tidak mau menikahkan putrinya dengan al-Walid bin Abdul Malik? Apakah dia mendapatkan pasangan untuk putrinya yang lebih layak dari calon pengganti Amirul mukminin dan khalifah?
  • Bilal bin Rabah, Budak yang Disebut Pemimpin Kita oleh Umar bin Khattab
    Hikmah
    Rabu, 10 November 2021 - 16:27 WIB
    Bilal bin Rabah awalnya hanyalah seorang budak. Tatkala ia menjadi muadzin pertama dalam Islam, Umar bin Khattab menyebutnya sebagai pemimpin kita.
  • Akhir Tragis Muhammad bin Abu Bakar, Pilunya Hati  Siti Aisyah, Ali bin Abu Thalib dan Asma
    Hikmah
    Sabtu, 13 Februari 2021 - 20:31 WIB
    Menurut berbagai sumber riwayat, sejak terjadinya pembunuhan terhadap Muhammad bin Abu Bakar, Sitti Aisyah tidak mau lagi makan panggang daging sampai akhir hayatnya.
  • Menolak Jadi Khalifah, Ali bin Abi Thalib: Aku Lebih Baik Jadi Wazir
    Hikmah
    Senin, 18 Januari 2021 - 09:37 WIB
    Pada mulanya Ali bin Abi Thalib menolak dibaiat sebagai Khalifah. Dengan terus terang ia menyatakan: Aku lebih baik menjadi wazir yang membantu daripada menjadi seorang Amir yang berkuasa.
  • Kisah Saad bin Abi Waqqas: Singa yang Masih dengan Cakarnya!
    Hikmah
    Senin, 11 Desember 2023 - 15:28 WIB
    Usul mereka disetujui oleh Umar. Ia mengutus orang memanggil Saad yang ketika itu tinggal di Najd, dan dia yang diserahi pimpinan dalam perang dengan Irak.
  • Kisah Khalifah Umar bin Khattab Ingin Abu Ubaidah Menggantikannya
    Hikmah
    Sabtu, 16 Desember 2023 - 07:28 WIB
    Umar bin Khattab mengatakan kalaupun harus menunjuk seorang yang akan menggantikan ia harus orang yang lebih baik daridirinya. Dan kalau saya tinggalkan, saya juga ditinggalkan oleh orang yang lebih baik dari saya.
  • Kisah Umar bin Khattab Mengata-ngatai Hajar Aswad
    Hikmah
    Selasa, 19 Juli 2022 - 16:08 WIB
    Hajar aswad merupakan salah satu batu intan permata dari beberapa intan permata di surga. Pada mulanya warnanya putih mengilap, lebih putih dari air susu. Menjadi hitam akibat dosa-dosa manusia.
  • Ingin Rumah Tangga Harmonis? Tirulah Cara Umar bin Khattab
    Tausyiah
    Minggu, 05 Mei 2024 - 05:15 WIB
    Tujuan pernikahan yang sakinah, mawadahdan warahmah, tentu menjadi pilihan utama. Namun demikian, dalam mengarunginya akan banyak gelombang ujian. Bagaimana mengatasinya?
  • 12 Fakta Imam Malik, Ulama High Class Pendiri Mazhab Maliki
    Hikmah
    Minggu, 27 Agustus 2023 - 15:46 WIB
    Imam Malik bin Anas rahimahullah (93-179 Hijriyah) adalah ulama besar high class yang berbeda dari kebanyakan ulama. Beliau dikenal sosok yang sangat menjaga penampilan.
  • Membangun Kota Basrah dan Kebijakan Umar bin Khattab Terhadap Petani
    Hikmah
    Rabu, 11 November 2020 - 08:36 WIB
    Sejak semula Umar menolak membagikan tanah kepada anggota pasukan, supaya mereka tidak mendiami daerah pertanian dan membiasakan diri hidup menetap dan akan membuat mereka malas jika ada mobilisasi.