Topik Terkait: Manfaat Surat ASy Syuara (halaman 28)

  • Surat Al-Mulk Ayat 14:...
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 22:07 WIB
    Surat Al-Mulk ayat 14 ini merupakan lanjutan dari ayat sebelumnya yang menegaskan sanggahan Allah terhadap kaum musyrik. Ayat ini menegaskan luasnya pengetahuan Allah.
  • Definisi Istri dalam...
    Muslimah
    Rabu, 24 Juli 2024 - 14:29 WIB
    Menjadi istri saleha adalah dambaan setiap muslimah dan tentu saja yang diinginkan para lelaki muslim. Bagaimana kriteria dan defisi istri saleha ini dalam Al-Quran?
  • 3 Ciri Orang Bertakwa...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Surat Ali Imran ayat 133134, dijelaskan tentang tiga ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang bertakwa. Ciri-ciri seperti apakah itu:
  • Nuzulul Quran: Surat...
    Hikmah
    Kamis, 06 April 2023 - 07:49 WIB
    Kebanyakan ulama berpendapat ayat pertama dalam Al-Quran yang turun ialah surat Al-Alaq ayat 1-5. Hanya saja, ulama berbeda pendapat terkait ayat mana yang menjadi ayat terakhir yang diturunkan.
  • Pengertian Asbabun Nuzul...
    Tips
    Jum'at, 22 September 2023 - 10:18 WIB
    Memahami Asbabun Nuzul membantu kita untuk menggali konteks sejarah dan latar belakang sosial budaya yang mempengaruhi serta menjadi latar belakang turunnya ayat-ayat Al-Quran.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan 10 Ayat Terakhir...
    Tausyiah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 16:19 WIB
    Keutamaan 10 ayat terakhir Surat Ali Imran didasarkan pada sejumlah hadis. Salah satunya adalah hadis riwayat Ad-Darimi: Barangsiapa membaca surat Ali Imran maka ia adalah orang kaya..
  • Surat Yusuf Ayat 53:...
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 22:20 WIB
    Setelah peristiwa yang dialami Nabi Yusuf alaihissalam berlalu dan terbukti tak bersalah, beliau berpesan tentang hawa nafsu. Berikut pesan dan hikmahnya.
  • 5 Ayat Yasin tentang...
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 05:10 WIB
    Ayat Yasin tentang fenomena alam menjadi bukti dan tanda-tanda kebesaran Allah Yang Maha Agung. Berikut ini lima ayat tentang fenomena alam dalam Surat Yasin.
  • Khasiat Surat Muhammad,...
    Hikmah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 10:49 WIB
    Barangsiapa yang mengikatnya di tubuhnya saat peperangan maka dia akan memperoleh kemenangan. Barangsiapa yang meminum airnya maka akan hilang rasa takut darinya.
  • Lelaki Beriman dari...
    Tausyiah
    Kamis, 04 November 2021 - 16:13 WIB
    Dalam Al-Quran surat Ghafir ayat 28 Allah SWT menyebut seorang lelaki dari keluarga Firaun yang beriman dan membujuk agar sang raja tidak membunuh Nabi Musa as.
  • Ayat-Ayat Al-Quran Terkesan...
    Tausyiah
    Minggu, 17 April 2022 - 19:09 WIB
    Seringkali pada saat Al-Quran berbicara tentang satu persoalan menyangkut satu dimensi atau aspek tertentu, tiba-tiba ayat lain muncul berbicara tentang aspek atau dimensi lain.
  • Surat Al-Mulk Ayat 18:...
    Hikmah
    Senin, 05 Desember 2022 - 22:19 WIB
    Surat Al-Mulk Ayat 18 ini menjadi peringatan bagi orang-orang yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya. Azab yang menimpa umat terdahulu cukuplah jadi pelajaran.
  • Tadabbur Surat An-Nur...
    Tausyiah
    Rabu, 13 Desember 2023 - 11:58 WIB
    Berikut ayat yang mewajibkan kaum perempuan untuk menjaga pandangan dan memelihara kemaluan. Ayat ini sekaligus perintah untuk menutup aurat dengan sempurna.
  • Sifat Cemburu Wanita...
    Muslimah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Al Quran, surat at-Tahrim yang terletak di akhir juz dua puluh delapan. Surat ini merupakan surat yang Allah turunkan untuk mengingatkan nabi dan istri-istri nabi yaitu Aisyah dan Hafshah yang cemburu kepada Zainab.
  • Asbabun Nuzul Surat...
    Hikmah
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 16:27 WIB
    Surat Saba merupakan surah ke-34 dalam Al Quran terdiri dari 54 ayat, diturunkan sesudah surat Luqman. Berikut Asbabun Nuzul (sebab turunnya) Surat ini.
  • Surat Yasin Ayat 39-40:...
    Tausyiah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 14:01 WIB
    Surat Yasin ayat 39-40 berisi penegasan Allah SWT bahwa matahari, bulan, dan semua mahluk langit adalah ciptaan-Nya. Allah juga menetapkan tempat peredaran bagi bulan dan matahari.
  • Asbabun Nuzul Al Waqiah...
    Tips
    Rabu, 06 Desember 2023 - 19:15 WIB
    Asbabun Nuzul Surat Al Waqiah ayat 13 dan 39 ini memiliki satu sebab yang sama. Dari sebab turunnya ayat ini umat muslim dapat mengetahui tentang sejarah dan berbagai riwayat peninggalan Islam.
  • Peneliti Sebut Perjalanan...
    Hikmah
    Rabu, 13 Juli 2022 - 20:33 WIB
    Dr Anwar Qudri, peneliti dari Mesir, berpendapat bahwa perjalanan Dzulqarnain ke timur berakhir di suatu tempat dan menurut peneliti tersebut adalah Pulau Halmahera di Maluku, Indonesia.
  • Heraklius Baca Surat...
    Hikmah
    Senin, 11 Juli 2022 - 20:18 WIB
    Ketika Raja Romawi Kaisar Heraklius membaca surat dari Nabi Muhammad shollallahu alaihi wasallam, suasana gaduh dan hiruk-pikuk pun terjadi di Kerajaan Romawi.
  • Khasiat Surat As-Shafat,...
    Hikmah
    Rabu, 26 Juli 2023 - 09:34 WIB
    Sayyid Muhammad Taqi Al-Muqaddam mengatakan manfaat dari ayat Al-Quran untuk penyembuhan berbagai penyakit.. Barangsiapa yang mandi dari airnya maka segala penyakitnya akan hilang.