Topik Terkait: Marah Lunturkan Pahala Puasa (halaman 326)

  • Perbedaan Habib dan...
    Dunia Islam
    Senin, 26 September 2022 - 23:30 WIB
    Perbedaan Habib dan Sayyid berikut asal usulnya menarik untuk diketahui. Di Indonesia, panggilan Habib lebih populer ketimbang Sayyid atau Syarif. Simak ulasan berikut.
  • Makna Kun Fayakun di...
    Tips
    Selasa, 27 September 2022 - 08:08 WIB
    Makna Kun Fayakun di Surat Yasin ayat 82, banyak dijelaskan dalam kitab-kitab tafsir yang ditulis ulama salaf (terdahulu) maupun ulama Khalaf (yang datang kemudian).
  • Tak Sedikit Kisah-Kisah...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:25 WIB
    Nabi Muhammad SAW dan mukjizat-mukjizatnya banyak diceritakan dalam kitab-kitab cerita Maulid. Hanya saja, tak sedikit kisah yang ditampilkan berlebihan.
  • Dialog Mesra Orang Tua...
    Hikmah
    Rabu, 28 September 2022 - 05:15 WIB
    Abdullah dan Aminah adalah orangtua Nabi Muhammad SAW. Alkisah, pada hari keempat pernikahan, Abdullah membawa sang istri, Aminah, ke rumahnya yang telah dipersiapkan untuk kedua mempelai.
  • Kisah Abu Jahal Mengklaim...
    Hikmah
    Kamis, 29 September 2022 - 00:30 WIB
    Kisah Abu Jahal yang mengklaim mengetahui pohon Zaqqum menarik untuk kita ketahui karena berkaitan dengan firman Allah dalam Al-Quran. Berikut kisahnya dalam Sirah Nabawi.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Sejarah Maulid Nabi:...
    Dunia Islam
    Kamis, 29 September 2022 - 15:15 WIB
    Kitab Barzanji sebenarnya berjudul Iqd al-Jawahir artinya kalung permata. Kitab ini disusun untuk meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Doa Melontar Jumrah...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 15:24 WIB
    Doa melempar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah yang disarankan Imam Ghazali dalam Ihya Ulumuddin. Beliau mengatakan, saat melempar jumrah dianjurkan membaca doa berikut ini
  • Bacaan Doa Setelah Sholat...
    Tips
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:16 WIB
    Bacaan doa setelah sholat Tahajud merupakan amalan yang dibaca setelah zikir usai menunaikan sholat sunnah tersebut. Sholat Tahajud sendiri adalah ibadah qiyamullail yang dilakukan secara khusus setelah tidur.
  • 4 Sosok Perempuan Mulia...
    Muslimah
    Jum'at, 30 September 2022 - 17:26 WIB
    Dalam sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW, selain ibu kandung yakni Aminah binti Wahab bin Abdulmanaf bin Zuhrah bin Kilab, didapati beberapa orang perempuan mulia yang menjadi sosok ibu asuhnya
  • Benarkah Dagu Wanita...
    Muslimah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 15:15 WIB
    Seluruh bagian tubuh wanita muslimah adalah aurat. Karenanya ketika melaksanakan sholat, muslimah harus menutup seluruh auratnya tersebut. Akan tetapi, adakah batasan aurat dalam wajah wanita muslimah?
  • KDRT Diharamkan dalam...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Oktober 2022 - 21:14 WIB
    Salah satu bentuk kekerasan yang diharamkan dalam Islam adalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dalam beberapa kasus, KDRT adalah sebuah perkara yang sering kali menghiasi kehidupan pernikahan
  • Inilah 10 Bahaya Ghibah...
    Muslimah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 05:15 WIB
    Ghibah atau bergunjing nampaknya sudah dianggap biasa dalam kehidupan masyarakat saat ini. Lihat saja ketika ibu-ibu berbelanja sayur di tukang sayur keliling, bertemu saat arisan, dan kegiatan lainnya, bergosip sepertinya sudah menjadi rutinitas.
  • Benarkah Roh Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Minggu, 02 Oktober 2022 - 14:48 WIB
    Penulis kitab Barzanji seakan mengajak para pembacanya agar mereka menyakini bahwa Rasulullah SAW hadir pada saat membaca sholawat, terutama ketika Mahallul Qiym (posisi berdiri).
  • 3 Hal yang Dapat Mengeluarkan...
    Muslimah
    Selasa, 27 September 2022 - 05:15 WIB
    Syaikh Muhammad Yusuf Qardhawi mengatakan 3 hal yang dapat mengeluarkan perempuan dari batas tabarruj atau kesopanan Islam. Pertama adalah Ghadh-dhul Bashar.
  • Siapa yang Dimaksud...
    Tausyiah
    Selasa, 27 September 2022 - 13:00 WIB
    Siapa yang dimaksud orang yang tersesat di Surat Al-Fatihah ayat ke 7. Mengapa Al-Quran menggunakan terminologi ad-Dhoolliin (sesat) dalam ayat terakhir surat Al Fatihah tersebut)?
  • Mukjizat Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:57 WIB
    Tidaklah semua mukjizat Rasulullah SAW yang nyata dan tersiar di antara orang-orang merupakan riwayat yang sahih dan benar, dan tidak juga semuanya salah.
  • Peristiwa Penting Rabiul...
    Hikmah
    Selasa, 27 September 2022 - 16:48 WIB
    Pada hari ini, 27 September 2022 bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1444 H. Maulid Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awal akan jatuh bertepatan pada Sabtu, 8 Oktober 2022 M.
  • Bolehkah Bilang Sudah...
    Muslimah
    Rabu, 28 September 2022 - 10:59 WIB
    Sabar adalah amalan yang agung, sampai-sampai Allah Subhanahu wa Taala mengatakan bahwa Allah bersama orang yang sabar. Dan menurut para ulama, balasan orang yang melakukan kesabaran itu tidak terbatas.
  • Dalam Pernikahan, Wanita...
    Muslimah
    Rabu, 28 September 2022 - 12:48 WIB
    Seorang wanita muslimah yang hendak memilih pasangan idaman, boleh menetapkan satu kriteria penting, yakni calon suami punya kemampuan memberi nafkah secara baik.
  • Saat Nabi Muhammad Lahir:...
    Dunia Islam
    Rabu, 28 September 2022 - 18:37 WIB
    Tak sedikit peristiwa besar yang mengiringi kelahiran Rasulullah SAW. Salah satunya adalah robohnya tiang-tiang istana kaisar Kisra. Selain itu, api yang disembah kaum Majusi mendadak padam