Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 122)

  • Implikasi Asbabun Nuzul,...
    Tausyiah
    Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:31 WIB
    Asbab al-Nuzul menunjukkan banyaknya kasus suatu nilai ajaran atau hukum diwahyukan kepada Nabi dalam kaitannya dengan peristiwa nyata tertentu yang menyangkut Nabi dan masyarakat Islam di zaman beliau.
  • Syair Cinta Rumi: Nubuat...
    Hikmah
    Sabtu, 06 November 2021 - 14:37 WIB
    Jalalaludin Rumi dalam bukunya berjudul Masnavi berkisah, Nabi berkata di telinga pemegang sanggurdi Amirul Mukminin Ali: Ali akan dibunuh oleh tanganmu, aku bersumpah kepadamu!
  • Islam Itu Agama Bersih...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:00 WIB
    Islam memperkenankan kepada setiap muslim, bahkan menyuruh supaya geraknya baik, elok dipandang dan hidupnya teratur dengan rapi untuk menikmati perhiasan dan pakaian yang telah dicipta Allah.
  • Idul Adha, Kurban, dan...
    Tausyiah
    Sabtu, 01 Agustus 2020 - 08:15 WIB
    Baik pada ibadah haji maupun Idul Adha, sosok Ibrahim AS menjadi figur sentral. Hampir semua amalan yang ada pada dua bentuk ritual Islam itu terkait dengan sejarah hidup nabi Ibrahim AS.
  • Idul Adha, Ajari Anak...
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juli 2021 - 13:45 WIB
    Mengapa kisah momentum Hari Raya Idul Adha yang selalu diceritakan adalah tentang pengorbanan dan hubungan seorang ayah terhadap anak?
  • Kisah Zainab binti Khuzaimah,...
    Hikmah
    Senin, 16 Mei 2022 - 21:06 WIB
    Rasulullah luluh karena kebaikan hati dan lemah lembut Zainab terhadap orang miskin. Rasulullah selalu mendahulukan kepentingan kaum Muslimin, termasuk kepentingan Sayyidah Zainab.
  • Hukum Berhubungan Intim...
    Tausyiah
    Minggu, 03 Mei 2020 - 22:56 WIB
    Hubungan intim yang dilakukan pasangan suami istri asalnya adalah halal dan bahkan bernilai pahala, karena di dalam Islam itu merupakan bagian dari ibadah.
  • Ketika Kisah Nabi Yunus...
    Hikmah
    Rabu, 29 September 2021 - 18:38 WIB
    Beberapa sarjana Kristen Barat mencoba mengkritisi kisah Nabi Yunus AS dari sudut pandang saintifik. Hasilnya, diserahkan kepada iman umat beragama.
  • Debat Ibnu Abbas dengan...
    Hikmah
    Kamis, 01 Februari 2024 - 16:04 WIB
    Abdullah bin Abbas berkisah bahwa setelah kalah debat maka bertobatlah sekitar dua ribu orang di antara mereka, dan sisanya terbunuh dalam kesesatan.
  • Perintah Rasulullah...
    Muslimah
    Sabtu, 20 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Setiap orang tua dituntut untuk berlaku adil terhadap semua anak-anak mereka. Karena perlakuan tidak adil yang dirasakan oleh anak akan membekas dalam jiwa mereka.
  • Nabi Ibrahim Menyuruh...
    Hikmah
    Selasa, 06 Oktober 2020 - 10:12 WIB
    Suatu ketika, Nabi Ibrahim alaihissalam datang ke Mekkah untuk mengunjungi anaknya, yaitu Nabi Ismail. Ketika itu, Nabi Ibrahim memerintahkan Nabi Ismail untuk menceraikan istrinya.
  • 5 Doa Pendek untuk Kedua...
    Tips
    Senin, 15 Agustus 2022 - 12:20 WIB
    Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu perintah Allah yang banyak disebutkan dalam Al-Quran maupun hadis. Salah satu cara mewujudkannya adalah dengan berdoa atau memberikan doa untuk keduanya
  • Hadis Qudsi: Begini...
    Hikmah
    Senin, 27 November 2023 - 07:41 WIB
    Apabila seorang hamba mengucapkan Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Mahabesar, maka Allah akan berkata, Hamba-Ku berkata benar, tiada Tuhan selain Aku, dan Aku adalah Allah Mahabesar.
  • Potret Sultan Muhammad...
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 11:18 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih memang telah menjadi jawaban dari bisyarah Rasulullah SAW. Dia adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.
  • Kisah Nabi Musa Menyalahkan...
    Hikmah
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 09:48 WIB
    Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan kisah perdebatan antara Nabi Adam dan Nabi Musa. Dalam perdebatan itu, Nabi Musa menyalahkan Nabi Adam sebab karena perbuatannya menyebabkan umat manusia keluar dari surga.
  • Jadi Khatib Idulfitri?...
    Tips
    Senin, 08 April 2024 - 14:42 WIB
    Setelah menunaikan Salat Id, khatib segera melangkah menuju mimbar untuk memberikan khotbah. Berikut beberapa Sunah Nabi SAW yang dianjurkan dalam prosesi khotbah Idul Fitri:
  • Misteri Wafatnya Nabi...
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 14:21 WIB
    Ada dua pendapat perihal kisah wafatnya Nabi Zakariya as. Ada yang menyebutkan bahwa Nabi Zakariya meninggal karena dibunuh, dan ada menyebut meninggal dengan cara yang normal.
  • Tangis Pilu Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 07 Oktober 2021 - 17:27 WIB
    Rasulullah SAW menangis begitu melihat jenazah pamannya, Hamzah bin Abdul Muthalib, yang syahid dalam Perang Uhud. Tangis beliau kian menjadi setelah mendapati tubuh Hamzah dimutilasi.
  • Puasa Ramadan: Mengapa...
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Rasulullah SAW sangat menekankan dan mendorong umatnya melaksanakan sahur, di antaranya adalah hadis yang diriwayatan Imam Muslim dari Amr bin al-Ash ra.
  • Sejarah Peringatan Nisfu...
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:15 WIB
    Sejarah peringatan Nisfu Syaban dan pencetusnya selalu menjadi perhatian menjelang Ramadan. Hal ini boleh jadi karena adanya polemik mengenai hadis yang menjadi sandarannya.