Topik Terkait: Maulid Nabi Muhammad SAW (halaman 216)

  • Apa yang Dimaksud Jembatan...
    Tausyiah
    Jum'at, 11 Juni 2021 - 20:18 WIB
    Hakekat akhirat itu tidak ada yang mengetahuinya melainkan Allah Taala. Namun, setiap orang akan menjumpai perkara akhirat pada hari kiamat apabila mereka menyaksikan secara langsung.
  • Kisah Siti Khadijah...
    Tausyiah
    Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:56 WIB
    Dalam surat Al-Muzzammil memang tidak menyebut-nyebut nama Siti Khadijah. Namun sejumlah hadist menceritakan tentang kondisi dan situasi saat turunnya Surat Al-Muzzammil itu.
  • Orang Mati Disiksa karena...
    Tausyiah
    Rabu, 03 Maret 2021 - 07:31 WIB
    Umar berkata, Hai Shuhaib, apa kau menangis karena aku, padahal Rasulullah SAW bersabda, Sungguh orang mati diazab karena tangisan keluarganya.
  • Tanda Bahwa Rasulullah...
    Tausyiah
    Sabtu, 23 Juli 2022 - 08:45 WIB
    Sesungguhnya cinta kepada Rasulullah Shalallahualaihi wa Sallam menjadi tolak ukur keimanan umat Islam. Beliau memiliki beberapa tanda kemuliaan yang istimewa yang tidak dimiliki oleh para Nabi dan Rasul sebelumnya.
  • Memberontak, Putra Amr...
    Hikmah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 05:00 WIB
    Jika hanya karena ingin mendapat sedikit keuntungan duniawi lalu ayah hendak merusak agama ayah sendiri, kelak ayah akan berbaring bersama Muawiyah dalam neraka!
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • Bantahan Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 13:10 WIB
    Masyarakat Arab jahiliyyah dulu mempercayai Safar sebagai bulan sial, penuh kemalangan dan hal-hal buruk lainnya. Berikut bantahan Rasulullah SAW terhadap mitos tersebut.
  • Mengapa Nabi Muhammad...
    Hikmah
    Rabu, 21 September 2022 - 17:26 WIB
    Mengapa Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam (SAW) tidak pernah mengumandangkan adzan ketika hendak sholat berjamaah? Simak alasannya berikut ini.
  • Keutamaan Puasa Ramadan...
    Hikmah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 10:38 WIB
    Umat Islam penting dan memahami keutamaan puasa Ramadan dalam pandangan syariat. Kenapa? Karena umat muslim yang akan menjalani puasa jangan sekedar menahan lapar dan haus saja, padahal banyak sekali ilmu dari berpuasa Ramadan ini.
  • Munculnya Penyembah...
    Hikmah
    Kamis, 07 Juli 2022 - 16:37 WIB
    Pada tanggal 8 Zulhijah adalah hari bersejarah. Pada hari itu Allah Taala memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun Kakbah. Ini adalah rumah ibadah pertama kali di dunia.
  • Puasa Asyura dan Sholat...
    Hikmah
    Kamis, 28 Juli 2022 - 16:46 WIB
    Kalangan orientalis menganggap Rasulullah SAW mengadaptasi ritual-ritual Yahudi untuk kaum sebagai upaya merekrut orang-orang Yahudi agar masuk Islam.
  • Astaghfirullah! 3 Orang...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 17:37 WIB
    Tahukah Anda, ada tiga golongan manusia yang pertama kali diseret ke neraka. Siapakah mereka? Berikut pesan Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang membuat Abu Hurairah menangis.
  • Kriteria Pemimpin dalam...
    Tausyiah
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:50 WIB
    Kriteria pemimpin dalam Islam, tidak terlepas dari akhlak dan perilaku Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, sebagai pemimpin tertinggi umat serta pemimpin terbaik sepanjang masa.
  • Begini Andil Malaikat...
    Tausyiah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 15:53 WIB
    Ada hubungan yang sangat kuat antara malaikat dan anak cucu Adam. Para malaikat ikut campur tangan dalam penciptaan manusia. Mereka juga menjaga manusia saat diciptakan.
  • Mendoakan Anaknya yang...
    Hikmah
    Senin, 03 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Allah SWT menegur Nabi Nuh AS karena mendoakan putranya yang kafir. Sadar akan kekeliruannya, Nabi Nuh menyesal. Beliau lantas menangis selama 300 tahun
  • Kisah Sayyidah Aisyah...
    Hikmah
    Jum'at, 19 Agustus 2022 - 09:41 WIB
    Kisah Sayyidah Aisyah ra kehilangan kalung berbuntut fitnah. Orang-orang munafik menebarkan kisah bohong atas diri istri Nabi Muhammad SAW itu. Beliau dituduh selingkuh dengan Shafwan
  • Kisah Pertentangan Ketika...
    Hikmah
    Senin, 07 September 2020 - 13:26 WIB
    Masalahnya, Umar orangnya keras dan kasar. Ini pula yang membuat banyak orang bijak tidak suka berhubungan dengan dia, padahal orang-orang bijak itu yang menjadi pembantu-pembantu dekat Khalifah.
  • Mengenal Makhluk Mitologi...
    Dunia Islam
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 18:23 WIB
    Seringkali makhluk mitologi dikaitkan dengan kisah-kisah tertentu, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Namun, dalam Islam sebenarnya ada makhluk mitologi dalam kisah yang bermakna dibaliknya.
  • 8 Ciri Pemimpin Zalim...
    Tips
    Jum'at, 26 Januari 2024 - 17:16 WIB
    Setidaknya ada 8 Ciri Pemimpin Zalim dalam Islam. Namun sebelum kita menyebut kedelapan ciri itu, sebaiknya kita bahas dulu definisi pemimpin dan zalim.
  • Pasca-Terbunuhnya Utsman...
    Hikmah
    Kamis, 14 Januari 2021 - 08:17 WIB
    Pasca-terbunuhnya Khalifah Utsman bin Affan justru muncul krisis politik yang sifatnya lebih gawat, yang menuntut penanggulangan secara tepat dan bijaksana.
  • Siapakah Orang Pertama...
    Dunia Islam
    Jum'at, 20 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Umat muslim jangan sekali-kali melupakan sejarah peradaban Islam dimulai dari turunnya wahyu pertama. Inilah sosok orang pertama yang masuk Islam setelah turunnya wahyu.