Topik Terkait: Menghafal Alquran

  • Fun Theory Dalam Menghafal Alquran
    Tausiyah
    Jum'at, 01 Agustus 2014 - 17:18 WIB
    Murajaah (atau pengulangan hafalan Alquran) bagi kebanyakan orang yang sedang menghafal jadi momok tersendiri. Energi untuk murajaah jauh lebih banyak dibutuhkan, dibanding saat mereka sedang menjalani proses tahfiz (menghafal).
  • Doa Menghafal Alquran
    Tausiyah
    Selasa, 29 Juli 2014 - 20:30 WIB
    Menghafal Alquran berbeda dengan menghafal lainnya, karena dalam menghafal Alquran, tidak diperbolehkan berbeda secara redaksional dalam membacanya. Penghafal Alquran disebut hafiz. Hafiz yang secara kata kerjanya adalah kata hafaza (menjaga alquran).
  • Semangatnya Ibu-Ibu Belajar Membaca dan Menghafal Alquran
    Hikmah
    Jum'at, 16 Juni 2017 - 19:51 WIB
    Sebuah undangan hadir dari ibu-ibu Majelis Taklim Al Ikhlas untuk belajar cara menghafal Alquran dengan metode khas Daarul Qur&rsquoan yaitu&nbspOne Day One Ayat (ODOA).
  • Ustaz Adi Hidayat Beberkan Rahasia Cepat Menghafal Al-Quran
    Tausiyah
    Sabtu, 21 Desember 2019 - 05:20 WIB
    Dai kondang yang juga Direktur Quantum Akhyar Institute, Ustaz Adi Hidayat, membeberkan rahasia dan cara cepat menghafal Al-Quran.
  • Cara Cepat Hafal Surat Al Mulk dan Tips Menghafal Al-Quran
    Tips
    Jum'at, 16 September 2022 - 15:07 WIB
    Cara cepat hafal surat Al Mulk yang terdiri dari 30 ayat adalah dengan cara mengulang-ulang bacaannya. Bahkan dianjurkan untuk selalu murajaah (mengulang) hafalannya baik di siang hari dan malam hari.
  • 4 Keutamaan Orang yang Suka Tilawah Alquran
    Hikmah
    Rabu, 18 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Tilawah memiliki tiga arti yaitu membaca, memahami dan mengamalkan. Ustaz Adi Hidayat menjelaskan ada empat keutamaan bagi mereka yang bisa dan suka tilawah Quran.
  • Cara Menghafal Al-Quran dengan Mudah dan Cepat
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 15:16 WIB
    Cara menghafal Al-Quran dengan mudah dan cepat mesti diawali dengan niat yang tulus. Berikut Cara Menghafal Al-Quran sebagaimana dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat (UAH).
  • 3 Dosa Paling Besar Menurut Alquran
    Tausiyah
    Selasa, 05 November 2019 - 20:53 WIB
    Dalam satu hadits shahih Bukhari-Muslim, sahabat bernama Ibnu Masud RA menyampaikan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang dosa paling besar.
  • Kisah Perempuan yang Selalu Berbicara dengan Bahasa Alquran
    Hikmah
    Rabu, 08 Mei 2019 - 21:27 WIB
    Dalam Kitab Syarah &lsquoUqudullijain karya Syekh Muhammad bin Umar An-Nawawi diceritakan banyak kisah-kisah para Nabi, aulia dan perempuan salehah.
  • Menghafal Aquran Harus Berjamaah
    Tausiyah
    Minggu, 21 Juni 2015 - 09:00 WIB
    Salah satu kunci kesuksesan dalam menghafal Alquran adalah BERJAMAAH. Sebab berjemaah adalah energi peneguh. Dia menguatkan setiap simpulnya dalam berbagai keadaan. Tak ubahnya dalam salat!&nbsp
  • Sejarah Singkat Periwayatan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 24 Desember 2019 - 05:15 WIB
    Syeikh Ahmad At-Tamadi, Ulama Al-Azhar Mesir, mengulas sejarah singkat periwayatan Al-Quran saat mengisi kajian di Masjid Al-Aqsha, Bintaro Jaya Sektor 9, Tangerang Selatan.
  • Keutamaan Menghafal 10 Ayat Surat Al Kahfi
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:51 WIB
    Sebuah hadits menyatakan barangsiapa menghafal 10 ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal. Berikut 10 ayat pertama surat Al Kahfi tersebut.
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Doa-doa Pendek agar Dimudahkan dalam Menghafal Al-Quran
    Tips
    Rabu, 20 Desember 2023 - 12:15 WIB
    Ada beberapa doa pendek yang bisa diamalkan agar mudah menghafal Al-Quran. Berikut 3 doa agar mudah menghafal Al Quran ini yang bisa diamalkan.
  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 15:59 WIB
    Banyak sekali riwayat yang menjelaskan tentang fadhillah membaca dan mempelajari Al-Quran. Berikut 40 Hadis keutamaan Al-Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.
  • Yayasan Muslim Sinarmas Bersinergi dengan ICMI Wakafkan 2.000 Mushaf Alquran
    Dunia Islam
    Minggu, 26 Maret 2023 - 10:08 WIB
    Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan sangat dibutuhkan, apalagi di bulan suci Ramadan. Bertadarus Alquran sambil memaknai arti dan makna dari isi itu.
  • Alasan Mengapa Al-Quran Dibaca dengan Suara Merdu dan Indah
    Hikmah
    Rabu, 01 Desember 2021 - 17:36 WIB
    Membaca Al-Quran dengan irama dan lantunan indah merupakan perkara yang sangat dianjurkan. Berikut alasannya sebagaimana disebutkan dalam banyak riwayat Hadis.
  • Alquran Repetisi
    Tausiyah
    Rabu, 16 Juli 2014 - 19:25 WIB
    Alquran itu berisikan kata-kata dan kalimat-kalimat yang diulang-ulang. Pengulangan itu repetisi. Dan ada ribuan kata dalam Alquran yang diulang puluhan, ratusan bahkan ribuan kali.
  • Sthepen Hawking, Atheis dan Jawaban Ilmiah dari Alquran (2)
    Hikmah
    Selasa, 29 Oktober 2019 - 05:15 WIB
    Boleh jadi, Hawking pada awalnya hanya memiliki kepercayaan secara dogmatis terhadap Kristen, sehingga dia ingin melepaskan dogmatis itu dalam kemurniaan sains dan teknologi secara terpisah dan integral.
  • Dasar Penafsiran Al-Quran, Asbab Al-Nuzul dan Tawil
    Tausyiah
    Jum'at, 05 Mei 2023 - 13:01 WIB
    Terkait Asbab al-nuzul, Quraish Shihab menjelaskan bahwa Al-Quran tidak turun dalam satu masyarakat yang hampa budaya. Sekian banyak ayatnya oleh ulama dinyatakan sebagai harus dipahami dalam konteks sebab nuzul-nya.