Topik Terkait: Musik Rap (halaman 3)

  • Musik sebagai Alat Dakwah Syaikh Maulana Makdum Ibrahim (2)
    Hikmah
    Senin, 04 Januari 2021 - 06:40 WIB
    Dikisahkan Sunan Bonang pernah menaklukkan seorang pemimpin perampok dan anak buahnya hanya mempergunakan tambang dan gending. Dharma dan irama Mocopat.
  • Musik dalam Pandangan Islam, Halal Atau Haram?
    Tausiyah
    Senin, 03 Februari 2020 - 19:05 WIB
    Banyak yang bertanya bagaimana sebenarnya hukum musik menurut pandangan Islam? Berikut penjelasan Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat.
  • Musik sebagai Alat Dakwah Syaikh Maulana Makdum Ibrahim (1)
    Hikmah
    Minggu, 03 Januari 2021 - 11:51 WIB
    Tembang-tembang yang diajarkan Raden Makdum Ibrahim adalah tembang yang berisikan ajaran agama Islam. Tanpa terasa penduduk sudah mempelajari agama Islam dengan senang hati, bukan dengan paksaan.
  • Video Santri Tutup Telinga, Quraish Shihab: Islam Bertemu Seni dalam Jiwa Manusia
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Keistimewaan Wanita Tarim: Tak Kenal Musik, Hari-harinya Adalah Ibadah
    Muslimah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 22:38 WIB
    Wanita-wanita Tarim, Hadhramaut Yaman sering dijuluki bidadarinya bumi. Aurat mereka terjaga dalam balutan jubah-jubah berwarna hitam gelap.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Surat Luqman Ayat 6 Jadi Dalil Musik dan Lagu Haram, Begini Tanggapan Ibnu Hazm
    Tausyiah
    Kamis, 27 Juli 2023 - 11:35 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Masud dan Ibnu Abbas serta sebagian Tabiin, bahwa mereka mengharamkan nyanyian berdasarkan QS Luqqman ayat 6.
  • Pandangan Bijak Ustaz Ahmad Sarwat Soal Hukum Musik
    Tausyiah
    Kamis, 16 September 2021 - 13:39 WIB
    Dalam satu tulisan di akun media sosialnya, Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia Ustaz Ahmad Sarwat Lc menerangkan hukum musik dari beberapa sudut pandang.
  • Hadis yang Jadi Dalil Musik Haram, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 08:08 WIB
    Orang-orang yang memperbolehkan menyanyi mengatakan bahwa hadis tersebut dhaif. Seandainya sahih pasti menjadi hujjah, bahwa ungkapan Nabi Itu adalah batil itu tidak menunjukkan pengharaman.
  • Dalil-Dalil Ulama yang Membolehkan Musik dan Lagu Menurut Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Senin, 07 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Ulama yang membolehkan lagu dan musik bersandar pada dalil-dalil yang dipakai oleh orang-orang yang mengharamkan lagu itu juga. Satu demi satu dali mereka yang mengharamkan telah berguguran.
  • Hukum Musik dan Lagu Boleh, Syaikh Al-Qardhawi: Asal Jangan Berlebihan!
    Tausyiah
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 18:21 WIB
    Musik dan lagu boleh menurut syariat Islam. Hanya saja, Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengingatkan hendaklah nyanyian itu jangan berlebihan sebagaimana juga barang-barang lain yang diperbolehkan.
  • Musik dan Tarian Sebagai Pembantu Kehidupan Keagamaan (1)
    Tausyiah
    Minggu, 14 Juni 2020 - 08:52 WIB
    Imam Ghazali mengatakan orang-orang yang menolak hakikat ekstase para sufi, sebenarnya hanya mengakui kesempitan pikiran dan kedangkalan wawasan mereka saja.
  • 5 Faktor yang Membuat Musik Haram Menurut Imam Al-Ghazali
    Tausyiah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 05:15 WIB
    Imam Al Ghazali menjelaskan beberapa faktor yang mengalihkan dari diperbolehkannya mendengar lagu menjadi tidak. Yakni meliputi lima penyebab sebagai berikut:
  • Dalil Musik Haram dari Perkataan Tabiin, Begini Tanggapan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Kamis, 03 Agustus 2023 - 09:21 WIB
    Mereka yang mengharamkan lagu dan musik berdalil dengan riwayat yang mengatakan, Sesungguhnya nyanyian itu dapat menimbulkan kemunafikan dalam hati.
  • Hukum Menonton Konser dalam Islam
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:24 WIB
    Hukum menonton konser menjadi salah satu hukum yang perlu diketahui oleh umat Islam. Sebab dengan mengetahuinya, menjadikan seorang muslim tidak lagi salah mengartikannya.
  • Musik dan Tarian Sebagai Pembantu Kehidupan Keagamaan (2-Habis)
    Tausyiah
    Senin, 15 Juni 2020 - 06:41 WIB
    Seseorang boleh jadi telah banyak berbicara dan menulis tentang cinta, keimanan, ketakwaan dan sebagainya, tapi sebelum ia sendiri memiliki sifat-sifat ini, semuanya itu tak bermanfaat baginya.
  • Kisah Mualaf Lea South: Ketika Hip-hop Membantunya Menjadi Seorang Muslim
    Dunia Islam
    Rabu, 12 Juli 2023 - 14:24 WIB
    Meskipun awalnya ragu untuk menjadi seorang Muslim, karena saya ingin bersenang-senang selagi masih muda, dia akhirnya memutuskan bahwa dia siap untuk pindah agama.
  • Musik Kian Merajalela, Benarkah Ada Hubungannya dengan Kiamat Sudah Dekat?
    Hikmah
    Kamis, 13 Juli 2023 - 08:56 WIB
    Tanda-tanda kecil kiamat terkadang tampak bersamaan dengan tanda-tanda besar kiamat. Hanya saja, oleh sebagian orang, tanda-tanda ini merupakan sesuatu yang dianggap biasa.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Senang Lagu, Musik dan Suara yang Indah Adalah Fitrah
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:26 WIB
    Syaikh Yusuf al-Qardhawi mengatakan bahwa senang terhadap lagu, musik dan suara yang indah itu hampir merupakan instink manusia dan fitrah yang melekat pada mereka.
  • Syeikh Fikri: 4 Cara Agar Keluar dari Musibah Wabah
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 05:15 WIB
    Dai lulusan Hadramaut Yaman, Syeikh Fikri Thoriq mengingatkan agar umat Islam tidak saling menyalahkan dan tidak berputus asa dari rahmat Allah Taala.
  • Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali Berturut Saat Corona
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 14:46 WIB
    Produk-produk ijtihad Fiqih dan fatwa yang memberi banyak kelonggaran dan keringanan beribadah banyak kita dapatkan di masa Pandemi Covid 19 ini.