Topik Terkait: Naik Turunnya Iman

  • Inilah Cara Mendeteksi Naik Turunnya Iman
    Muslimah
    Rabu, 26 Mei 2021 - 13:19 WIB
    Seiring bergulirnya waktu dengan berbagai subhat dan syahwat yang menerpa, seringkali kadar keimanan mengalami pasang surut. Nah, bagaimana cara mendeteksi iman kita ini, apakah sedang naik atau malah turun?
  • Berikut Rukun Iman dan Islam Penjelasan Lengkap
    Tips
    Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:46 WIB
    Rukun Iman dan Islam penjelasan lengkap diperlukan sebagai panduan bagi setiap muslim. Rukun iman ada 6, sedangkan rukun Islam ada 5. Rukun iman pertama adalah iman kepada Allah.
  • Iman Manusia Naik Turun, Ini Doa yang Diajarkan Rasulullah
    Tips
    Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:57 WIB
    Bila Anda tiba-tiba merasa lemah iman itu adalah hal yang wajar, tetapi jangan dibiarkan berlarut. Berikut doa yang diajarakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
  • Yuk, Amalkan 4 Kiat Ini Agar Iman Terus Bertambah
    Tips
    Senin, 06 Juni 2022 - 16:31 WIB
    Sudah fitrahnya, keimanan atau iman manusia itu selalu pasang surut, bisa naik bisa juga turun atau menyusut. Lantas bagaimana caranya agar iman ini bisa bertambah dan semakin kokoh di hati?
  • 5 Tingkatan Iman dalam Islam, Nomor Terakhir Paling Istimewa di Sisi Allah
    Tausyiah
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 17:11 WIB
    Seorang muslim yang mukallaf (orang yang telah baligh dikenai beban syariat) wajib mempelajari dan mengamalkan hukum-hukum Islam. Berikut lima tingkatan iman dalam Islam.
  • Sejarah Perang dalam Islam dan Turunnya Perintah Jihad kepada Rasulullah SAW
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 05:10 WIB
    Perang dalam Islam bukanlah hal yang diada-adakan oleh Rasulullah SAW melainkan ada sebab musababnya. Berikut sejarah perang dalam Islam dan turunnya perintah jihad.
  • 3 Perkara Ini Jika Dimiliki Seseorang, Ia Merasakan Manisnya Iman
    Tausyiah
    Kamis, 19 November 2020 - 20:48 WIB
    Nikmatnya ibadah, nikmatnya shaum (puasa), nikmatnya shalat, nikmatnya zikir, hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang senang untuk dekat kepada Allah Taala.
  • Kisah Turunnya Nabi Isa As di Akhir Zaman dalam Hadis Rasulullah SAW
    Hikmah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 10:06 WIB
    Kisah turunnya Nabi Isa alaihissalam di akhir zaman atau menjelang hari kiamat, disebutkan dalam beberapa hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Kisah Ummu Kultsum binti Uqbah, Berhijrah Demi Iman
    Muslimah
    Sabtu, 06 Maret 2021 - 15:56 WIB
    Kata hijrah beberapa tahun terakhir menjadi kata yang sangat populer di Indonesia. Tentang hijrah ini, ada salah satu contoh terbaik dari seorang shahabiyah yakni Ummu Kultsum binti Uqbah.
  • Hadis Arbain: Rukun Islam, Iman dan Ihsan
    Tips
    Selasa, 14 November 2023 - 12:33 WIB
    Iman itu adalah) Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari akhir serta engkau beriman kepada takdir baik dan buruk
  • Prinsip-Prinsip Ahlus Sunnah wal Jama’ah tentang Iman
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 16:52 WIB
    Di antara prinsip-prinsip Ahlus Sunnah wal Jamaah adalah bahwasanya iman itu perkataan, perbuatan, dan keyakinan yang bisa bertambah dengan ketaatan dan bisa berkurang dengan kemaksiatan.
  • Apakah Takdir Merupakan Rukun Iman? Quraish Shihab: Al-Quran dan Hadis Tidak Mengatakan Begitu
    Tausyiah
    Rabu, 03 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan bahwa dari sudut pandang studi Al-Quran, kewajiban mempercayai adanya takdir tidak secara otomatis menyatakannya sebagai satu di antara rukun iman yang enam.
  • Mengapa Perlu Melakukan Muhasabah Iman? Ini penjelasannya
    Tausyiah
    Kamis, 30 Juni 2022 - 12:46 WIB
    Iman adalah aset terpenting bagi seorang muslim. Sebab dengan iman, seseorang akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akhirat serta keselamatan dari segala keburukan dan azab Allah.
  • Dalil-dalil Tentang Sifat Malu Sebagian dari Iman
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 12:29 WIB
    Banyak dalil tentang sifat malu sebagian dari iman yang disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Bahkan, Rasulullah menyebutkan malu adalah akhlak Islam.
  • Tanda Kesempurnaan Iman : Mencintai dan Membenci Karena Allah
    Muslimah
    Sabtu, 24 April 2021 - 12:56 WIB
    Memberikan cinta atau membenci sesuatu semestinya hanyalah karena Allah Subhanhu wa taala. Jika benci dan cinta sudah karena Allah, maka itulah tanda kesempurnaan iman.
  • Inilah Wujud Beriman kepada Kitab-kitab Allah Taala
    Hikmah
    Rabu, 24 Mei 2023 - 17:03 WIB
    Salah satu dari rukun iman dalam Islam adalah iman kepada kitab Allah. Bagaimana sebenarnya perwujudan dari iman kepada kitab Allah subhanahu wa taala ini?
  • Doa Agar Selamat Ketika Naik Kapal Laut Atau Perahu
    Tausyiah
    Senin, 11 September 2023 - 22:36 WIB
    Doa agar selamat ketika menaiki kapal laut atau perahu ini disebutkan dalam Al-Quran. Doa ini bisa dijadikan amalan ketika kita naik kendaraan laut atau berlayar di lautan.
  • Ikhlas Sebagai Kunci Kekuatan Iman
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 08:31 WIB
    Iman adalah keyakinan dengan hati, ikrar dengan lisan, dan amalan dengan seluruh anggota badan, bertambah dengan ketaatan kepada Allah Subhanahu wa Taala dan ikhlas adalah perkara terpenting dalam amalan hati, yang sangat erat hubungannya dengan iman.
  • Kinilah Saatnya Menyambut Turunnya Malam Seribu Bulan
    Tausyiah
    Rabu, 05 Mei 2021 - 16:52 WIB
    Hikmah disembunyikannya adalah untuk memberikan semangat kepada kaum muslimin untuk mengerahkan semangat dalam beribadah, berdoa dan zikir pada sepuluh malam terakhir seluruhnya.
  • Penguatan Iman untuk Meningkatkan Imun
    Muslimah
    Rabu, 19 Mei 2021 - 10:28 WIB
    Iman seorang muslim senantiasa membutuhkan pembaharuan terus menerus dari waktu ke waktu. Karena iman sangat berpengaruh pada kehidupannya yang terus berlangsung.