Topik Terkait: Nasihat Syekh Ali Jaber (halaman 46)

  • Salah Besar Jika Pejabat...
    Hikmah
    Minggu, 18 Oktober 2020 - 09:00 WIB
    Salah satu musibah di zaman ini adalah ketika masyarakat lebih memuliakan pejabat daripada ulama. Ulama dan orang-orang saleh membawa keberkahan di tengah masyarakat.
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Tausiyah
    Rabu, 25 Desember 2019 - 17:13 WIB
    Ada satu prilaku diskriminatif umat dalam menyikapi sunnah-sunnah Rasulullah SAW.
  • Kisah Keluarga Rasulullah...
    Hikmah
    Kamis, 13 Mei 2021 - 05:01 WIB
    Di saat semua orang berbahagia, di saat semua orang makan yang enak-enak. Keluarga Rasulullah justru bahagia dengan hanya makan gandum yang baunya tercium tak sedap.
  • Isra Mikraj dan Fondasi...
    Tausyiah
    Senin, 20 Februari 2023 - 21:45 WIB
    Isra Mikraj dan Hijrah adalah dua simbolisasi kebangkitan umat. Isra Mikraj adalah simbol kebangkitan individual, sementara Hijrah simbol kebangkitan kolektif (keumatan).
  • Jangan Tinggalkan Perkara...
    Tausyiah
    Senin, 16 Agustus 2021 - 21:34 WIB
    Golongan orang-orang yang beruntung diabadikan dalam Al-Quran maupun lewat lisan Nabi shallallahu alaihi wasallam. Salah satunya tidak meninggalkan perkara ini.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Muhammad SAW Sang Mutiara...
    Tausiyah
    Selasa, 03 Desember 2019 - 16:03 WIB
    Karenanya menauladani Rasulullah SAW dalam melaksanakan ibadah ritual adalah sebuah keharusan.
  • Beginilah Sakaratul...
    Hikmah
    Rabu, 15 Januari 2020 - 05:15 WIB
    Ulama besar kelahiran Khurasan yang dijuluki Al-Faqih, Abu Laits As-Samarqandi (wafat 373 H) mengulas dahsyatnya sakaratul maut dalam Kitab Tanbihul Ghafilin.
  • Perpecahan di Masa Khalifah...
    Hikmah
    Kamis, 21 Januari 2021 - 18:23 WIB
    Perselisihan itu ditunggangi oleh Muawiyah bin Abu Sufvan yang berhasil mengalihkan persoalan dari masalah sistem pembagian harta ghanimah, menjadi menuntut balas atas kematian Khalifah Utsman.
  • Doa Agar Terhindar dari...
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 22:37 WIB
    Berikut doa berlindung dari kematian yang mengerikan. Doa ini dapat dibaca setiap selesai sholat atau kapan saja sebagai salah satu ikhtiar memohon perlindungan kepada Allah.
  • Mudir Ali Sabri: Laki-laki...
    Hikmah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 16:18 WIB
    Semuanya beranggapan bahwa di dunia ini tidak satu pun yang dapat membaca, meminta sekantong besar uang kepada tukang tersebut sebagai penukar penegasan kebenaran otorisasinya.
  • 2 Doa yang Diajarkan...
    Tips
    Minggu, 23 Oktober 2022 - 08:44 WIB
    Rasulullah SAW telah mengajarkan sejumlah doa kepada Ali bin Abi Thalib. Doa tersebut kemudian diajarkan Ali kepada para sahabat yang lain. Berikut ini adalah 2 doa yang diajarkan Nabi Muhammad kepada menantunya itu.
  • Puasa dan Transformasi...
    Tausyiah
    Kamis, 27 Mei 2021 - 14:48 WIB
    Salah satu dilema umat dalam beragama adalah kekeliruan dalam memandang agama itu sendiri. Umat sangat relijius pada waktu atau tempat tertentu. Tapi pada tempat dan waktu lain menjadi manusia berbeda.
  • Puasa itu Pintu Kasih...
    Tausiyah
    Kamis, 09 Mei 2019 - 13:47 WIB
    Bagi seorang mukmin, kita sadari betul bahwa agama ini dari awal hingga akhir, from A to Z, semuanya terbangun di atas rahmatNya.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 18:02 WIB
    Warna hidup manusia itu terbentuk oleh suasana hatinya. Segala gerak-geriknya adalah gambaran dari suasana hati. Puasa hadir dengan keberkahan yang sangat penting.
  • Muhammad Sang Mutiara,...
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 15:14 WIB
    Muhammad SAW memang dilahirkan, dan diutus bukan sekadar membawa risalah samawiyah (heavenly message) atau pesan langit. Beliau pada dirinya perwujudan dari pesan itu.
  • Mengkalkulasi Pahala...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:28 WIB
    Dalam memahami pahala dari Allah, jangan pernah memakai cara hitungan matematis yang saklek. Ketika manusia menghitung secara maka hitungannya jadi: 5+510.
  • Nasihat yang Paling...
    Muslimah
    Senin, 16 November 2020 - 10:12 WIB
    Banyak tetangga kita, teman kita, orang lain yang dia meninggal dunia. Itulah nasihat buat kita agar kita bertaubat kepada Allah, agar kita kembali kepada Allah, agar kita melaksanakan tauhid menjauhkan syirik, melaksanakan sunnah dan menjauhkan bidah.
  • Dendam Karbala: Nasib...
    Dunia Islam
    Selasa, 16 Agustus 2022 - 18:24 WIB
    Nasib Umar bin Saad bin Abi Waqqash amat tragis di akhir hayatnya. Pemimpin pasukan Ubaidillah bin Ziyad ini, tewas bersama anaknya, Hafsh bin Umar bin Saad.
  • Memaknai Keberkahan...
    Tausyiah
    Selasa, 18 April 2023 - 00:55 WIB
    Bulan Ramadan adalah bulan di mana Al-Quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan tentang petunjuk dan sebagai Furqan.
  • Pesan Keluhuran Al-Habib...
    Tausiyah
    Kamis, 12 Desember 2019 - 17:52 WIB
    Yayasan Al-Fachriyah dan Yayasan Al-Hawthah Al-Jindaniyah menggelar perayaan maulid Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa aalihi wa shahbihi wa sallam sekaligus peringatan haul ke-14 Al Habib Novel bin Salim bin Jindan.