Topik Terkait: Niat Iktikaf

  • Siap-siap Iktikaf, Jangan Lupa Perhatikan Adab-adabnya
    Tips
    Rabu, 03 April 2024 - 13:05 WIB
    Menjelang akhir Ramadan, banyak umat Muslim bersiap dan berbondong-bondong melaksanakan iktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Jangan lupa perhatikan adab-adabnya!
  • 11 Adab di Masjid Saat Iktikaf yang Penting Diketahui
    Tips
    Jum'at, 14 April 2023 - 09:04 WIB
    Masjid-masjid akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf. Karena itu, hendaknya seorang muslim yang berada di dalam masjid memperhatikan adab-adabnya.
  • Hati-hati, Inilah Hal-hal yang Membatalkan Iktikaf
    Hikmah
    Minggu, 07 April 2024 - 08:39 WIB
    Hati-hati, ternyata ada hal-hal yang membatalkan Iktikaf yang penting umat muslim ketahui. Jangan sampai iktikaf yang sedang dilakukan menjadi sia-sia.
  • Beberapa Syarat dan Hal-hal yang Membatalkan Iktikaf
    Tips
    Kamis, 28 April 2022 - 23:02 WIB
    Umat muslim perlu mengetahui syarat dan hal-hal yang membatalkan Iktikaf. Iktikaf merupakan amalan dengan berdiam diri di masjid menyibukkan diri beribadah.
  • Pengertian Iktikaf: Arti, Tujuan, Syarat, dan Manfaat
    Tips
    Jum'at, 14 April 2023 - 15:53 WIB
    Dalam iktikaf, kita dapat memperbaiki hubungan dengan sesama muslim yang sedang melakukan iktikaf di tempat yang sama, serta memfokuskan diri pada hal-hal yang lebih penting dalam hidup.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Syarat-syarat bagi Muslimah yang Ingin Iktikaf di Masjid
    Muslimah
    Senin, 25 April 2022 - 15:38 WIB
    Pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kaum muslimin disunnahkan untuk melaksanakan iktikaf, atau berdiam diri di masjid dengan maksud mendekatkan diri hanya kepada Allah Subhanahu wa taala. Bagaimana dengan kaum perempuan?
  • Mencontoh Rasulullah SAW: Menyambut Lailatulqadar dengan Iktikaf
    Tausyiah
    Rabu, 12 April 2023 - 04:00 WIB
    Rasulullah SAW menyambut kedatangan Lailatulqadar dengan iktikaf. Beliau menganjurkan sambil mengamalkan iktikaf di masjid dalam rangka perenungan dan penyucian jiwa.
  • Niat Ganti Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadan, puasa qadha, atau puasa nazar. Syarat ini berdasar pada hadis Nabi Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.
  • Niat Menyambut Bulan Ramadan yang Sering Diamalkan Para Salafus Shalih
    Tausyiah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Niat menyambut bulan Ramadan dengan sungguh-sungguh akan membuat bulan suci menjalankan puasa tidak akan sia-sia. Kaum muslim, hendaknya memiliki niat sempurna seperti yang dilakukan para salafus shalih terdahulu.
  • Bacaan Niat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh
    Tips
    Selasa, 05 April 2022 - 15:33 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadhan sebulan penuh biasanya diamalkan umat muslim yang menganut Mazhab Maliki. Hari ini, Selasa kita sudah memasuki hari ke-3 Ramadhan 1443 H.
  • Masa Iktikaf Telah Tiba, Inilah Adab-adabnya Saat Berada di Dalam Masjid
    Tips
    Sabtu, 23 April 2022 - 10:56 WIB
    Bulan Ramadhan sudah memasuki 10 hari terakhir menjelang Idul Fitri, waktu yang tersisa ini banyak dimanfaatkan umat muslim untuk beriktikaf. Masjid-masjid pun akan penuh dihadiri orang-orang yang beriktikaf tersebut.
  • Niat Puasa Ramadan: Haruskah Setiap Malam atau Sebulan Penuh?
    Tips
    Selasa, 14 Maret 2023 - 23:59 WIB
    Niat merupakan salah satu rukun puasa Ramadan. Niat puasa ini dilakukan paling lambat sebelum terbit Fajar. Pertanyaannya, apakah harus berniat setiap malam atau sebulan penuh?
  • 4 Perkara yang Merusak Niat, Nomor 3 Sering Tak Disadari
    Tausyiah
    Minggu, 09 Januari 2022 - 22:26 WIB
    Pentingnya menjaga niat agar tidak ternodai dengan perkara-perkara yang dibenci Allah. Abah Guru Sekumpul menerangkan ada empat perkara yang bisa merusak niat.
  • Lafaz Niat Iktikaf dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
    Tips
    Minggu, 02 Mei 2021 - 11:30 WIB
    Besok Senin (3/5/2021) adalah hari ke-21 Ramadhan dan merupakan fase 10 hari terakhir Ramadhan. Malam ini umat Islam sudah dapat menghidupkan iktikaf, berikut lafaz niatnya.
  • Niat Salat Tarawih Berjamaah dan Sendiri, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 19 September 2023 - 14:26 WIB
    Niat salat tarawih berjamaah dan sendiri perlu diketahui umat Islam yang akan menjalankan salat sunah tersebut di bulan Ramadan. Berikut adalah niat tarawih berjamaah dan sendiri 2 rakaat 1 kali salam:
  • Bacaan Niat Iktikaf Sebelum Masuk Masjid Lengkap Arab dan Latin
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 17:19 WIB
    Malam ini kita akan memasuki malam 21 Ramadhan 1443 Hijriyah atau dikenal dengan fase 10 hari terakhir Ramadhan. Berikut bacaan niat Iktikaf.
  • Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Berikut Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 07 Juli 2022 - 22:31 WIB
    Bagi umat muslim yang melaksanakan Puasa Tarwiyah besok, Jumat (8 Juli 2022), dianjurkan berniat pada malam ini. Berikut bacaan niat puasa Tarwiyah dan Arafah.
  • Sejarah dan Asal Usul Susunan Lafaz Niat Puasa Ramadan
    Hikmah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 02:53 WIB
    Lafaz niat Puasa Ramadan yang dibaca oleh setiap muslim sebelum menjalankan ibadah puasa wajib ini rupanya memiliki sejarah atau asal usulnya sendiri yang belum banyak diketahui.
  • Bacaan Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah
    Tausyiah
    Selasa, 21 Juli 2020 - 20:06 WIB
    Besok Rabu (22/7/2020) adalah hari pertama bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah. Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam agar berpuasa mulai dari tanggal 1 sampai 9 Dzulhijjah.
  • Bacaan Niat Puasa Asyura, Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 24 Juli 2023 - 14:39 WIB
    Bacaan niat puasa Asyura atau puasa di tanggal 10 Muharram penting diketahui umat muslim. Puasa Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharam.