Topik Terkait: Oscar (halaman 41)

  • Selamat Idul Fitri,...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 09:00 WIB
    Hari ini umat Islam di seluruh dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1441 Hijriyah. Disebut hari kemenangan karena kaum muslimin telah berjuang mengekang nafsu selama sebulan penuh.
  • Idul Fitri, Bukan Sekadar...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 05:51 WIB
    Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa berniat tidak puasa pada saat hari Idul Fitri pahalanya seperti orang yang sedang puasa di hari-hari yang tidak dilarang.
  • Puasa Syawal, Pahalanya...
    Tausyiah
    Minggu, 24 Mei 2020 - 08:00 WIB
    Puasa Syawal adalah puasa 6 hari di bulan Syawal. Puasa ini hukukmnya sunnah. Puasa Syawal biasanya dilakukan segera setelah hari raya Idul Fitri.
  • Masih Percaya Mitos...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 05:00 WIB
    Kata Syawal berkaitan dengan fenomena orang Arab yang enggan menikah pada bulan tersebut. Mereka beranggapan menikah pada bulan Syawal dapat membuat sial.
  • Cemburu Berat Istri-Istri...
    Hikmah
    Senin, 25 Mei 2020 - 15:16 WIB
    Ibu Mariyah keturunan Romawi. Mariyah mewarisi kecantikan Sang Bunda sehingga memiliki kulit yang putih, berparas cantik, berpengetahuan luas, dan berambut ikal.
  • cover top ayah
    وَحُشِرَ لِسُلَيۡمٰنَ جُنُوۡدُهٗ مِنَ الۡجِنِّ وَالۡاِنۡسِ وَالطَّيۡرِ فَهُمۡ يُوۡزَعُوۡنَ (١٧) حَتّٰٓى اِذَاۤ اَتَوۡا عَلٰى وَادِ النَّمۡلِۙ قَالَتۡ نَمۡلَةٌ يّٰۤاَيُّهَا النَّمۡلُ ادۡخُلُوۡا مَسٰكِنَكُمۡ‌ۚ لَا يَحۡطِمَنَّكُمۡ سُلَيۡمٰنُ وَجُنُوۡدُهٗۙ وَهُمۡ لَا يَشۡعُرُوۡنَ‏ (١٨) فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنۡ قَوۡلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًـا تَرۡضٰٮهُ وَاَدۡخِلۡنِىۡ بِرَحۡمَتِكَ فِىۡ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيۡنَ (١٩)
    Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib. Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih.

    (QS. An-Naml Ayat 17-19)
    cover bottom ayah
  • Nasihat Buya Yahya di...
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 21:57 WIB
    Bulan Ramadhan boleh berlalu, namun semangat untuk beribadah jangan sampai mengendur. Umat Islam harus berusaha istiqamah sebagai wujud syukur kepada Allah Taala.
  • Konspirasi Abu Nawas...
    Hikmah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 10:05 WIB
    Ini kali Abu Nawas merancang pembunuhan terhadap menteri zalim. Ia berkonspirasi dengan anak muda pemilik lembu dan seorang joki. Berhasilkah rencana itu?
  • Bacaan Niat Puasa 6...
    Tausyiah
    Senin, 25 Mei 2020 - 17:20 WIB
    Saat ini kita memasuki hari ke-2 bulan Syawal 1441 Hjriyah. Ada satu amalan yang ditekankan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam (SAW) di bulan ini.
  • Ayat-Ayat Khamr: Di...
    Tausyiah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 16:53 WIB
    Al-Hasan bin Abdullah bin Sahal bin Sad Abu Hilal as-Askary mengungkap fakta unik, sudah ada orang yang mengharamkan miras sebelum Islam datang.
  • Beda Pendapat Tentang...
    Hikmah
    Selasa, 26 Mei 2020 - 15:07 WIB
    Penulis sejarah berbeda pendapat tentang Raihanah binti Zaid. Ada yang berpendapat dia hamba sahaya, namun tak sedikit yang berpendapat dia adalah istri Rasulullah.
  • Perang Khaibar (1):...
    Hikmah
    Rabu, 27 Mei 2020 - 06:29 WIB
    Rasul berkata: Khaibar binasa. Apabila kami sampai di halaman golongan ini, maka pagi itu amat buruk buat mereka yang telah diberi peringatan itu.
  • Kuah Berbalas Makjun:...
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 03:40 WIB
    Dulu baginda memberi hamba kuahnya, sekarang hamba memberi baginda isinya, ujar Abu Nawas sembari menyebut biaya merahasiakan kejadian ini seratus dinar.
  • Mengobati Penyakit Ananiah...
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 04:07 WIB
    Ananiah atau sikap yang egois, mementingkan diri sendiri, berbahaya sebab bisa berkembang jadi penyakit hati lainnya seperti takabur, bakhil, hasad dan lainnya.
  • Ada Kaitan Komet dengan...
    Hikmah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 16:00 WIB
    Dalam literatur falakiyah klasik, komet disebut sebagai najm dhu dhuaba atau kawkab dhu dhuaba. Dalam bentuk pendek disebut dhuaib atau dhanab.
  • Mukmin yang Membaca...
    Tausyiah
    Minggu, 17 Mei 2020 - 18:03 WIB
    Beruntunglah mereka yang istiqamah membaca Al-Quran dan mempelajarinya karena kelak akan mendapatkan syafaat di Hari Kiamat nanti.
  • Istri Rasulullah: Sayyidah...
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 15:10 WIB
    Kedermawannanya telah dikenal, bahkan sebelum beliau memeluk Islam. Sebelum menikah dengan Rasulullah, Sayyidah Zainab sudah digelari Ummul Masakin.
  • Prof Sonny: Taawun Salah...
    Tips
    Senin, 18 Mei 2020 - 16:45 WIB
    Predikat takwa yang ingin diraih adalah takwa berjamaah, suatu keadaan yang berkelanjutan, bukan sekadar hari ini bertakwa, kemudian besok tidak lagi.
  • 10 Malam Terakhir Ramadhan,...
    Tausyiah
    Senin, 18 Mei 2020 - 17:46 WIB
    Keutamaan berdoa di bulan Ramadhan tidak perlu diragukan lagi karena semua hari-harinya adalah makbul, apalagi di pengujung 10 hari terakhir Ramadhan.
  • Hari Raya Idul Fitri,...
    Tausyiah
    Rabu, 20 Mei 2020 - 07:07 WIB
    Meski Idul Fitri dirayakan di tengah pandemi Covid-19, momentum 1 Syawal 1441 H seyogianya tidak mengurangi makna hari kemenangan sebagai ekspresi rasa syukur atas keagungan Allah SWT.
  • Perempuan Haid Bisa...
    Tips
    Selasa, 19 Mei 2020 - 20:37 WIB
    Malam ini kita memasuki malam ke-27 Ramadhan, malam yang disepakati para ulama akan turunnya Lailatul Qadar. Apa amalan yang bisa dikerjakan perempuan yang sedang haid?