Topik Terkait: Pacuan Kuda (halaman 126)

  • Peristiwa Penting di...
    Hikmah
    Selasa, 21 September 2021 - 15:16 WIB
    Hari ini kita memasuki pertengahan bulan Shafar 1443 Hijriyah tepatnya tanggal 14 Shafar (21/9/2021). Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Shafar.
  • Istri Nabi Luth Diazab...
    Tausyiah
    Selasa, 21 September 2021 - 22:00 WIB
    Ada satu kisah yang dapat kita jadikan pelajaran berharga yaitu kisah istri Nabi Luth yang mendapat azab dari Allah. Kisah ini diabadikan dalam Al-Quran.
  • Menjaga Rasa Malu
    Muslimah
    Selasa, 21 September 2021 - 18:18 WIB
    Rasa malu dalam diri kaum wanita saat ini sepertinya sudah kian memudar. Bahkan seorang muslimah yang berhijab pun tidak malu-malu lagi untuk pamer auratnya dengan berjoget di sebuah aplikasi gadget, narsis dan lain-lain.
  • Ketika Ibrahim bin Adham...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 08:33 WIB
    Ibrahim seketika menjerit dan tersungkur ke atas tanah. Dari mulutnya terdengar ratapan-ratapan kesedihan. Para pejalan yang lewat berhenti dan berusaha menghiburnya.
  • Agar Hati Tak Memendam...
    Tips
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 07:18 WIB
    Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa sakit hati dengan berbagai rasa yang berbeda-beda. Ada yang langsung lupa alias tidak membekas, ada yang biasa saja dan pasti juga ada rasa sakit yang terus membelenggu jiwanya sepanjang hayat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Manfaat Menghadiahkan...
    Tips
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Manfaat menghadiahkan Al-Fatihah untuk diri sendiri, ternyata cukup banyak. Selain akan mendapatkan pahala karena membacanya, manfaat tersebut diambil dari keutamaan surat Al-fatihah sendiri yang luar biasa.
  • Ketika Hasan al-Basri...
    Hikmah
    Sabtu, 02 Oktober 2021 - 09:10 WIB
    Suatu ketika dua sufi besar Hasan al-Basri dan Rabiah al-Adawiyah bertemu. Keduanya sempat pamer kesaktian (karamah). Dua-duanya mengagumkan. Farid al-Din Attar menceritakan soal itu.
  • Akhir Hindun binti Utbah,...
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 17:55 WIB
    Hindun binti Utbah adalah arsitek pembunuh Hamzah bin Abdul Muthalib. Sejak peristiwa Perang Uhud, ia berjuluk Si Pemakan Hati. Di akhir hayatnya dia menjadi muslimah yang salehah.
  • Kebaikan-kebaikan bagi...
    Tips
    Senin, 04 Oktober 2021 - 15:51 WIB
    Sabar merupakan kunci kebahagiaan seorang hamba, dan orang yang sabar akan memperoleh kebaikan-kebaikan langsung dari Allah Taala. Anjuran bersikap sabar dan keutamaannya banyak dijelaskan dalam Al-Quran dan hadis.
  • Kisah Sufi Jalaluddin...
    Hikmah
    Senin, 04 Oktober 2021 - 16:14 WIB
    Kisah sufi Jalaluddin Rumi ini mengajukan pertanyaan penting:Jika kau memiliki raga, lalu di mana ruhnya? Jika kau memiliki ruh, lalu di mana raganya?
  • Berharap Hadiah Pahala...
    Muslimah
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 06:43 WIB
    Anak dapat memberikan hadiah pahala bagi kedua orang tuanya. Bahkan, pahala dari anak yang shaleh akan terus mengalir saat sudah di alam barzakh kelak.
  • Khasiat Surah Al-Baqarah:...
    Tips
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 05:15 WIB
    Surat Al-Baqarah dalam Al-Quran bisa menjadi penyembuh bagi orang sakit. Selain itu dalam ayat-ayat pada surat Al-Baqarah bisa menjadi penangkal ilmu sihir.
  • KH Hasyim Asyari: Sholat...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 13:03 WIB
    Pendiri Nahdlatul Ulama, KH Hasyim Asyari, melarang ulama mengeluarkan fatwa mengajak dan melakukan sholat Rebo Wekasan. Shalat tersebut tidak ada dasarnya dalam syariat, tegasnya.
  • Doa untuk Menyembuhkan...
    Tips
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 08:22 WIB
    Di antara sebab terbesar sembuhnya seseorang dari sakit adalah dengan berdoa, memohon kepada Allah Taala, Zat Yang Maha Menyembuhkan dari segala macam penyakit.
  • Ketabahan Shafiyyah...
    Hikmah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:04 WIB
    Shafiyyah binti Abdul Muthalib sangat berduka atas syahidnya , Hamzah bin Abdul Muthalib. Ia mencari-cari jasad sang kakak di medan Perang Uhud. Shafiyyah sudah mendengar bahwa Hamzah dimutilasi.
  • Besok, Rebo Wekasan:...
    Tausyiah
    Selasa, 05 Oktober 2021 - 22:06 WIB
    Sebagian orang ahli makrifat mengatakan setiap tahun Allah menurunkan bala yang berjumlah 320.000. Kesemuanya diturunkan pada hari Rabu yang terakhir di bulan Shafar.
  • Amalan Sholat Sunnah...
    Tausyiah
    Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:31 WIB
    Sejumlah ulama menyarankan umat Islam melakukan sholat sunnah untuk menolak balak di hari Rebo Wekasan. Namun saran ini menjadi polemik karena tidak ada dasarnya.
  • Benarkah Niat Ikhlas...
    Muslimah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 12:32 WIB
    Ketika kita melakukan amal ibadah harus berdasarkan niat yang ikhlas karena Allah Taala, tanpa harus mengharapkan pahala.. Benarkan demikian? Lalu, bagaimana bila tetap berharap pahala?
  • Keistimewaan Surat Ibrahim:...
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 10:50 WIB
    Salah satu keistimewaan Surat Ibrahim, bagi orang tua yang mendambakan buah hati yang cerdas dan fasih bisa mengamalkan surat ini. Selain itu, bagi para bos bisa membuat anak buah setia.
  • Ingin Menjadi Istri...
    Muslimah
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 06:31 WIB
    Di antara sifat seorang istri berkarakter surga adalah memiliki sifat hemat dalam hidupnya. Ia tidak pernah boros apalagi komsumtif. Selalu efisien dan sesuai skala prioritas dari penghasilan dan pendapatan suaminya.