Topik Terkait: Pahala Berkurban

  • Dalil-dalil Tentang Pentingnya Berkurban
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 09:31 WIB
    Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Harai Raya Iduladha adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama dari kalangan Malikiyah, Syafiiyah, dan Hanabilah, hukum berkurban merupakan sunnah.
  • Dalil-dalil Pentingnya Berkurban dalam Al-Quran dan Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Minggu, 25 Juni 2023 - 08:18 WIB
    Kurban atau berkurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Iduladha. Ibadah kurban adalah menyembelih hewan kurban. Mayoritas ulama menghukuminya sebagai sunnah.
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu, Wajib Atau Sunnah?
    Tausyiah
    Senin, 06 Juni 2022 - 14:45 WIB
    Tak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah. Bagaimana sebenarnya hukum berkurban bagi yang mampu? Wajib atau sunnah?
  • Hukum Berkurban Bagi yang Mampu Menurut 4 Mazhab
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 10:25 WIB
    Mayoritas ulama 4 mazhab sepakat bahwa hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad, yaitu ibadah yang sangat dianjurkan kepada seorang muslim yang memiliki kemampuan secara finansial.
  • Bolehkah Seorang Istri Berkurban Sendiri Menggantikan Posisi Suami?
    Muslimah
    Kamis, 09 Juni 2022 - 11:30 WIB
    Banyak contoh seorang istri yang mampu berkurban karena berdikari secara ekonomi, sementara, di saat yang sama, suami tidak berpenghasilan cukup. Bolehkah istri melaksanakan kurban menggantikan posisi suami ?
  • Pahala Kurban : Sebanyak Bulu Hewan yang Dikurbankan
    Tips
    Rabu, 06 Juli 2022 - 18:30 WIB
    Pahala berkurban di antaranya adalah mendapatkan pahala sebanyak bulu hewan yang dikurbankan. Oleh karena itu, menyembelih hewan kurban pada hari Idul Adha dan hari-hari tasyriq merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.
  • Peringatan Rasulullah Bagi Orang Mampu Tapi Tak Mau Berkurban
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juni 2022 - 14:48 WIB
    Bagi orang yang tidak berkurban saat memiliki kelapangan rezeki mendapat ancaman serius sebagaimana disabdakan Nabi Muhammad shollallohu alaihi wasallam.
  • Mengkalkulasi Pahala Amal Saleh, Jangan Pakai Hitungan Matematika
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 14:28 WIB
    Dalam memahami pahala dari Allah, jangan pernah memakai cara hitungan matematis yang saklek. Ketika manusia menghitung secara maka hitungannya jadi: 5+510.
  • Adakah Pahala Sholat Isyraq Bagi Kaum Wanita?
    Muslimah
    Senin, 22 November 2021 - 10:25 WIB
    Ada yang menyebutkan, bila wanita yang sholat subuh di rumah kemudian berdzikir, membaca Al-Quran sampai terbit matahari dan ditutup dengan sholat 2 rokaat (sholat Syuruq / awal waktu Dhuha) akan mendapat keutamaan pahala haji dan umroh sempurna.
  • Berkurban dengan Berutang Hukumnya Boleh Tapi dengan Satu Catatan
    Tausyiah
    Rabu, 21 Juni 2023 - 07:05 WIB
    Mayoritas ulama berpendapat hukum berkurban adalah Sunnah Muakkad atau sangat dianjurkan. Lalu, bolehkah berkurban dengan berutang? Jawabannya boleh tapi dengan satu catatan.
  • Sisihkan Rezeki, Ini Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha
    Tausyiah
    Jum'at, 28 Mei 2021 - 14:24 WIB
    Di antara umat muslim mungkin ada yang belum mengetahui keutamaan berkurban. Padahal berkurban memiliki fadhillah besar di Hari Idul-Adha. Berikut keutamaannya.
  • Saatnya Menghamburkan Harta untuk Borong Pahala
    Muslimah
    Kamis, 15 April 2021 - 13:33 WIB
    Memiliki banyak harta tentu semua orang menginginkannya. Harta pun memiliki banyak manfaat dari aspek dunia atau pun aspek agama. Nah, dengan harta pun kita bisa memborong pahala.
  • Mutiara Hadis: Niat Berbuat Baik Saja Diganjar Pahala
    Tausyiah
    Senin, 16 Oktober 2023 - 20:18 WIB
    Hadis satu ini cukup populer di kalangan penuntut ilmu. Betapa luasnya rahmat Allah dan kasih sayang-Nya. Berniat melakukan kebaikan saja walau tidak dikerjakan diganjar dengan satu kebaikan.
  • Bolehkah Berkurban untuk Orang Lain?
    Tips
    Rabu, 29 Juni 2022 - 06:45 WIB
    Salah satu pembelajaran tentang kerelaan dan berbagi di momen kurban ialah dengan berkurban untuk orang lain. Pertanyaannya, bolehkah berkurban untuk orang lain?
  • 6 Perilaku yang Merusak Pahala Amal, Nomor 5 Suka Panjang Angan-angan
    Tausyiah
    Selasa, 13 September 2022 - 10:52 WIB
    Pahala amal perbuatan seorang hamba ternyata bisa hilang atau rusak, bahkan bisa dinilai dosa oleh Allah subhanahu wataala karena perilaku-perilaku tertentu. Apa saja perilaku yang merusak pahala amal tersebut?
  • Mengharapkan Pahala dari Setiap Aktivitas
    Muslimah
    Jum'at, 25 September 2020 - 06:50 WIB
  • 5 Perkara yang Menghanguskan Pahala Puasa, Nomor Terakhir Bersumpah Palsu
    Tips
    Sabtu, 25 Maret 2023 - 14:10 WIB
    Ternyata ada perkara-perkara yang bisa menghanguskan pahala puasa. Perkara tersebut perlu diketahui setiap muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan saat ini
  • Pahala Puasa Asyura dan Keutamaannya
    Tips
    Selasa, 09 Agustus 2022 - 12:34 WIB
    Pahala puasa Asyura bisa menghapus dosa-dosa kita selama setahun yang telah lalu, dan puasa sunnah ini juga dikatakan sebagai puasa terbaik setelah puasa Ramadhan. Kenapa demikian? Apa dalilnya?
  • Agar Pahala Ramadhan Tetap Mengalir, Walau Sedang Haid
    Tausyiah
    Senin, 04 Mei 2020 - 03:30 WIB
    Ada delapan jenis ibadah yang dilarang bagi perempuan yang sedang haid atau nifas. Namun, masih banyak ibadah lain yang bisa dilakukan perempuan haid di kala Ramadhan.
  • Begini Cara Mendapatkan Pahala Sholat Semalam Suntuk
    Tips
    Kamis, 28 April 2022 - 13:00 WIB
    Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia dan penuh berkah. Disebut penuh berkah karena setiap amal orang yang berpuasa maka dilipatgandakan pahalanya