Topik Terkait: Panjang Umur (halaman 2)

  • Pernikahan Anak-Anak di Bawah Umur Menurut Islam
    Tausyiah
    Minggu, 28 April 2024 - 08:32 WIB
    Kasus dugaan pertunangan anak di Sampang, Madura, sempat menjadi perbincangan warganet dan videonya ramai beredar di media sosial. Lalu, bagaimana sesungguhnya hukum pernikahan anak-anak menurut Islam?
  • Ganti Tahun, Tambah Umur, Tambah Pahala dan Amalan
    Muslimah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 07:50 WIB
    Berganti tahun, maka jatah umur manusia di dunia akan semakin berkurang. Dan manusia terbaik adalah mereka yang mengisi waktu-waktunya dengan amalan yang mengantarkan kepada kebaikan dunia dan akhiratnya.
  • Jejak Panjang Tradisi  Malam 1 Sura, dan Suronan 10 Muharram
    Hikmah
    Rabu, 19 Agustus 2020 - 08:16 WIB
    Bulan Suro adalah bulan terjadinya peperangan antara yang baik dan yang buruk, sebagaimana tampak dalam tragedi pembunuhan Sayyidina Husain bin Ali bin Abi Thalib di Karbala.
  • Kisah Nabi Nuh dan Perempuan yang Ditinggal Mati Putranya
    Hikmah
    Minggu, 28 November 2021 - 22:19 WIB
    Nabiyullah Nuh alaihissalam adalah salah satu Rasul yang dikaruniai umur panjang. Berikut kisah Nabi Nuh dan perempuan yang meratapi kematian anaknya yang berusia 300 tahun.
  • Doa Ketika Berumur 40 Tahun dan Rahasianya
    Tausyiah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 22:56 WIB
    Menjadi tua adalah sunnatullah dan semua orang akan mengalaminya. Bagi yang menginjak usia 40 tahun dianjurkan membaca doa yang diabadikan Al-Quran berikut.
  • cover top ayah
    وَقُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنٰتِ يَغۡضُضۡنَ مِنۡ اَبۡصَارِهِنَّ وَيَحۡفَظۡنَ فُرُوۡجَهُنَّ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنۡهَا‌ وَلۡيَـضۡرِبۡنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوۡبِهِنَّ‌ۖ وَلَا يُبۡدِيۡنَ زِيۡنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اٰبَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اٰبَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآٮِٕهِنَّ اَوۡ اَبۡنَآءِ بُعُوۡلَتِهِنَّ اَوۡ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اِخۡوَانِهِنَّ اَوۡ بَنِىۡۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوۡ نِسَآٮِٕهِنَّ اَوۡ مَا مَلَـكَتۡ اَيۡمَانُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيۡنَ غَيۡرِ اُولِى الۡاِرۡبَةِ مِنَ الرِّجَالِ اَوِ الطِّفۡلِ الَّذِيۡنَ لَمۡ يَظۡهَرُوۡا عَلٰى عَوۡرٰتِ النِّسَآءِ‌ۖ وَلَا يَضۡرِبۡنَ بِاَرۡجُلِهِنَّ لِيُـعۡلَمَ مَا يُخۡفِيۡنَ مِنۡ زِيۡنَتِهِنَّ‌ ؕ وَتُوۡبُوۡۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيۡعًا اَيُّهَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ
    Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.

    (QS. An-Nur Ayat 31)
    cover bottom ayah
  • 12 Keutamaan Sedekah, Nomor Terakhir Bisa Memperpanjang Umur
    Tips
    Jum'at, 03 Maret 2023 - 08:15 WIB
    Salah satu amal shaleh yang sangat dicintai Allah Subhanahu wa taala adalah sedekah. Bahkan Allah SWT menjanjikan pahala dan balasan yang tak terhingga bagi hamba-hambaNya yang rajin bersedekah ini.
  • Ngerinya Dampak Maksiat, Bisa Menghilangkan Rezeki sampai Mengikis Keberkahan Umur
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:25 WIB
    Kerasnya azab dari Allah Subhanahu wa taala akibat maksiat hanya Allah yang mengetahui-Nya. Namun, pengaruh dan bahaya maksiat sudah dapat dirasakan di dunia.
  • 5 Doa untuk Kedua Orang Tua dari yang Pendek hingga Doa Panjang
    Tips
    Senin, 18 September 2023 - 11:03 WIB
    Banyak doa untuk kedua orang tua yang bisa kita amalkan setiap hari. Berdoa untuk mereka, merupakan wujud berbakti yang diperintahkan Allah subhanahu wa taala dalam Al-Quran maupun hadis.
  • Sayyidah Ummu Salamah, Istri Nabi Nan Rupawan dan Berumur Panjang
    Hikmah
    Selasa, 19 Mei 2020 - 03:22 WIB
    Ummu Salamah adalah istri Nabi yang terakhir kali meninggal dunia. Ia diberkahi umur panjang dan mengetahui pembunuhan Hussein bin Ali, sehingga membuatnya pingsan.
  • Persiapan Menjelang Usia 40 Tahun
    Tausyiah
    Kamis, 22 Juli 2021 - 17:59 WIB
    Jika umur manusia diibaratkan kouta dalam modal kehidupan dunia ini, maka rentang usia 40 tahun menandakan garis warning berwarna kuning.
  • Ijazah Amalan Agar Mata Tak Kabur Sampai Tua, Sehat dan Umur Panjang
    Tausyiah
    Kamis, 21 Juli 2022 - 21:48 WIB
    Saya pernah berjumpa dengan seorang kakek berumur lebih dari 90 tahun. Kelebihan beliau masih mengenali setiap orang dengan penglihatan jelas dan tidak pakai kacamata.
  • Bolehkah Muslimah Memakai Celana Panjang? Bagaimana Hukumnya?
    Muslimah
    Sabtu, 28 Mei 2022 - 06:44 WIB
    Bolehkah seorang muslimah memakai celana panjang? Bagaimana hukumnya dalam syariat Islam? Hukum memakai celana penting diketahui karena hal ini berkaitan dengan cara menutup aurat yang berbeda antara kaum laki-laki dan wanita.
  • 7 Keutamaan Sedekah, Dapat Hilangkan Kesulitan hingga Perpanjang Umur
    Hikmah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 11:30 WIB
    Dalam sedekah, terdapat tujuh keutamaan yang patut diketahui umat muslim. Sedekah sendiri merupakan amalan yang sangat dicintai Allah Subhanahu wa taala.
  • 5 Peristiwa Penting di Bulan Syaban, Nomor 5 Penentuan Umur
    Hikmah
    Selasa, 21 Februari 2023 - 14:10 WIB
    Bulan Syaban merupakan salah satu bulan mulia. Sebab dalam bulan ini terkandung sederet peristiwa penting, salah satunya adalah perindahan kiblat dalam sholat.
  • Apakah Orang Tua Menanggung Dosa Anak Kecil?
    Muslimah
    Kamis, 18 Juni 2020 - 15:45 WIB
    Wahai para ibu, pernahkah terbesit di hati kita, bahwa anak kita yang masih kecil, punya perilaku nakal dan suka merugikan orang lain atau temannya bahwa dosanya akan ditanggung para ibu?
  • Di Balik Umur Singkat Umat Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Minggu, 10 Mei 2020 - 02:10 WIB
    Angka harapan hidup orang Indonesia lebih tinggi dibandingkan umat Muhammad. Rasulullah SAW mengabarkan usia kebanyakan umatnya adalah berkisar 60-70 tahun.
  • Mendidik Anak dalam Islam Harus Berdasarkan Tahapan Umur
    Muslimah
    Minggu, 08 Oktober 2023 - 19:16 WIB
    Dalam islam terdapat tuntunan yang jelas bagaimana cara mendidik anak secara Islami berdasarkan umur. Dan di dalam Al-Quran sebenarnya sudah dijelaskan pesan di dalam hadits yang banyak menuturkan mengenai bagaimana cara mendidik anak.
  • Pesan Ustaz Adi Hidayat Bagi yang Berusia 40 Tahun
    Tausyiah
    Kamis, 08 April 2021 - 17:19 WIB
    Dai yang juga Direktur Quantum Akhyar Institut Ustaz Adi Hidayat (UAH) menyampaikan nasihat indah kepada mereka yang berusia 40 tahun saat Tabligh Akbar virtual RS Sari Asih.
  • MUI Imbau Pemerintah dan Umat Islam Bersatu Bantu Korban Kemarau Panjang
    Dunia Islam
    Senin, 04 September 2023 - 14:38 WIB
    Majelis Ulama Indonesia atau MUI mengimbau pemerintah dan masyarakat bersama-sama mengatasi berbagai masalah yang dihadapi masyarakat akibat kemarau panjang tahun ini.
  • Usia 40 Tahun, Umur yang Rawan Bagi Manusia, Begini Penjelasannya?
    Muslimah
    Kamis, 14 Juli 2022 - 08:52 WIB
    Setiap muslim di usia 40 tahun, harus mulai sibuk menjalani hidupnya dengan ibadah, amal shalih, menuntut ilmu, menjaga perilaku, menjaga syahwat, dan meninggalkan ketamakan pada dunia.