Topik Terkait: Pansus Haji (halaman 361)

  • Jatuhnya Gubernur Madinah...
    Hikmah
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:08 WIB
    Fathimah berkata, Benar, tolong laporkan kepada Amirul Mukminin kesulitan yang saya alami akibat ulah Ibnu Dhahhak. Dia mengabaikan para ulama, terutama Salim bin Abdullah bin Umar bin Khathab.
  • Ketum MUI Jakpus Ingatkan...
    Dunia Islam
    Senin, 14 Juni 2021 - 10:28 WIB
    Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (Ketum MUI) Jakarta Pusat (Jakpus) KH Robi Fadil Muhammad mengingatkan pentingnya peran ulama di tengah umat saat ini.
  • Keutamaan Sholawat dan...
    Tips
    Rabu, 08 September 2021 - 19:15 WIB
    Keutamaan shalawat dan faedahnya sangat banyak. Karenanya, mengucapkan shalawat untuk Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam merupakan perkara yang disyariatkan agama. Selain itu, umat Islam dilarang menyingkatnya dalam penulisan.
  • Memakai Make up Waterproof,...
    Muslimah
    Kamis, 09 September 2021 - 16:00 WIB
    Wajah sudah di make up memakai waterproof, lantas berwudhu, sah kah wudhunya? Sebagian ulama melarangnya. apa dalil pelarangan makeup yang masuk katagori antiair ini?
  • Mengapa Kita Harus Membaca...
    Tausyiah
    Kamis, 09 September 2021 - 22:03 WIB
    Surah Al-Kahfi adalah surat ke-18 dalam Al-Quran terdiri dari 110 ayat. Mengapa kita harus membaca dan mentadabburi Surat Al-Kahfi setiap Jumat? Ini jawabannya.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Rahasia dan Fadhillah...
    Tips
    Kamis, 09 September 2021 - 18:00 WIB
    Dalam berbagai riwayat Surat Yasin memiliki rahasia dan keutamaan yang agung. Para ulama mengatakan bahwa Yasin dan Thoha adalah nama lain dari Nabi Muhammad.
  • Dandanan Terlarang Bagi...
    Muslimah
    Jum'at, 10 September 2021 - 13:54 WIB
    Berhias dan berdandan bagi seorang wanita muslimah tidak dilarang dalam Islam.Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak ditemukan jenis dandanan yang ternyata tidak sesuai syariat.
  • Masya Allah, Inilah...
    Tausyiah
    Jum'at, 10 September 2021 - 16:51 WIB
    Hakikat pernikahan adalah mencari ridha Allah karena di dalamnya ada ibadah. Berikut fadhillah istri meminta jima duluan sebagaimana dijelaskan dalam Kitab Uqudullijain.
  • Utbah bin Dhazwan: Memilih...
    Hikmah
    Jum'at, 10 September 2021 - 18:18 WIB
    Utbah bin Dhazwan menolak ketika ditunjuk Khalifah Umar menjadi gubernur di Basrah. Tatkala Umar memaksa ia berdoa kepada Allah SWT agar menggagalkan keinginan khalifah itu
  • Abu Nawas Menipu Malaikat...
    Hikmah
    Minggu, 12 September 2021 - 07:56 WIB
    Abu Nawas menipu malaikat Munkar dan Nakir agar terhindar dari pertanyaan di dalam kubur. Siasat ini sudah direncanakan sebelum ia meninggal dunia. Hasilnya?
  • Zina Adalah Dosa Besar,...
    Muslimah
    Minggu, 12 September 2021 - 05:10 WIB
    Perbuatan zina adalah dosa besar. Allah Azza wa Jalla menyebutkan bahwa dosa zina tersebut dikaitkan dengan dosa syirik dan dikaitkan dengan dosa membunuh manusia.
  • Kisah Tobat Sang Pembunuh:...
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 19:12 WIB
    Kisah tobat sang pembunuh 100 orang ini membuat Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan berebut. Malik hendak memasukkan ke neraka, sedangkan Ridwan berniat memasukkan ke Surga.
  • Kisah Syekh Abu Bakar...
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 21:48 WIB
    Jasad Syekh Abu Bakar Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak Tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid Al-Baghdadi ini seakan terus mengalir kepada kita.
  • Kisah Abu Nawas Mencari...
    Hikmah
    Sabtu, 11 September 2021 - 18:31 WIB
    Kisah Abu Nawas mencari jodoh cukup religius, juga menggelitik. Dibilang religius, karena ia rajin berdoa dalam rangka mendapatkan gadis pujaannya. Menggelitik, karena redaksi doa itu tak lazim.
  • Tayamum di Mobil, Syarat...
    Tips
    Selasa, 14 September 2021 - 07:16 WIB
    Tayamum di mobil? Pertanyaan ini selalu muncul taktala kita tengah dalam perjalanan atau bersafar. Bagaimana syariat memandang hal tersebut dan bagaimana pula tata cara tayamunnya?
  • Mengenal Jin Qorin yang...
    Tausyiah
    Selasa, 14 September 2021 - 05:15 WIB
    Jin Qorin belakangan ini menjadi pergunjingan menyusul viralnya video YouTuber yang mengaku dirasuki jin tersebut. Siapa sejatinya jin qorin itu?
  • Inilah Fadhillah Makan...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 16:13 WIB
    Makan bersama di piring besar adalah konsep Nubuwah yang diajarkan Nabi shallallahu alaihi wasallam sejak 15 abad lalu. Inailah fadhilah makan bersama.
  • Santri Tutup Telinga,...
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 17:23 WIB
    Belakangan viral video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin. Banyak pihak yang mengkritik mereka dan bahkan menyebut mereka radikal. Benarkah musik haram?
  • Kesabaran Tak Berbatas,...
    Hikmah
    Rabu, 15 September 2021 - 21:29 WIB
    Kesabaran Nabi Ayyub alaihissalam benar-benar luar biasa dan patut kita teladani. Kisahnya menjadi penghibur bagi orang-orang yang ditimpa ujian dan musibah.
  • Kisah Syekh Al-Baqillani...
    Hikmah
    Kamis, 16 September 2021 - 05:10 WIB
    Kisah debat Syekh Abu Bakar Al-Baqillani dengan Raja Romawi Timur adalah satu dari banyak kisah yang sangat menginpirasi. Kisah ini dapat dijadikan pelajaran berharga.