Topik Terkait: Pemakaman Jenazah Covid 19

  • Jenazah Pasien Covid-19 Boleh Tak Dimandikan dan Dikafani
    Tausiyah
    Rabu, 01 April 2020 - 01:09 WIB
    Apabila dipandang darurat dan mendesak, jenazah pasien Covis dapat dimakamkan&nbsp tanpa dimandikan dan dikafani
  • Haram Menolak Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19, Ini Dasar Hukumnya
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 11:18 WIB
    Pernahkah kita membayangkan jenazah yang tertolak itu adalah keluarga kita, saudara kita, atau tenaga medis, dokter, perawat yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan virus ini.
  • Tata Cara Sholat Jenazah, Hukum dan Rukun-Rukunnya
    Tips
    Selasa, 03 Agustus 2021 - 05:00 WIB
    Tata cara sholat jenazah secara teknis berbeda dari tata cara sholat pada umumnya, lantaran tak menggunakan gerakan ruku, itidal, dan sujud. Berikut 7 rukun sholat jenazah.
  • Bacaan Doa Salat Jenazah Perempuan Beserta Tata Caranya
    Muslimah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 11:25 WIB
    Bacaan doa salat jenazah perempuan beserta tata caranya ini penting diketahui umat muslim. Dalam ajaran Islam, jenazah harus terlebih dahulu dimandikan dan disalatkan sebelum akhirnya dikebumikan.
  • Cara Memandikan Jenazah Berikut Bacaan Niatnya
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:00 WIB
    Cara memandikan jenazah adalah salah satu kewajiban yang wajib diketahui umut muslim. Berikut tata cara memandikannya dan mensholatkannya.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Jenazah Suprapto Dimakamkan di Pemakaman Baqi Seusai Salat Jumat
    Dunia Islam
    Jum'at, 26 Mei 2023 - 22:54 WIB
    Suprapto Tarlim Kertowijoyo (53), jemaah haji Indonesia asal Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Demak, Jawa Tengah, dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah.
  • Begini Isi Lengkap Fiqih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19 Menurut NU
    Tausiyah
    Rabu, 25 Maret 2020 - 17:58 WIB
    Kedudukan dan perlakuan jenazah korban virus corona sama dengan jenazah muslim pada umumnya, yaitu wajib dimandikan, dikafani, dishalati, dan dimakamkan.
  • Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Haedar Nashir:  Mereka Saudara Kita
    Tausiyah
    Jum'at, 03 April 2020 - 10:10 WIB
    Haedar mengatakan, pasien yang meninggal akibat covid-19 adalah saudara kita yang harus diperlakukan dengan penghormatan yang baik.
  • Siapa yang Berhak Memandikan Jenazah Perempuan?
    Muslimah
    Kamis, 24 September 2020 - 08:37 WIB
    Sebenarnya siapakah yang berhak memandikan jenazah seorang perempuan ini dalam pandangan syariat? Bagaimana pula aturan hukumnya?
  • Perang Covid-19, Haedar Nashir: Apa yang Terjadi dengan Umat Kita?
    Hikmah
    Kamis, 16 Juli 2020 - 14:30 WIB
    Haedar Nashir mengatakan banyaknya panorama corak pandang keagamaan di kalangan umat Islam menyebabkan penyelesaian wabah covid-19 menjadi tidak mudah.
  • Bolehkah Adzan Saat Menguburkan Jenazah? Simak Penjelasan Berikut
    Tausyiah
    Rabu, 30 November 2022 - 14:25 WIB
    Sebagian muslim di Indonesia ada yang mengumandangkan adzan ketika menguburkan jenazah. Bagaimana pandangan syariat terhadap hal ini? Simak penjelasan berikut.
  • Tata Cara Menguburkan Jenazah Sesuai Syariat Islam
    Tips
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:45 WIB
    Umat muslim wajib mengetahui tata cara menguburkan jenazah sesuai syariat islam. Mengurus jenazah muslim hukumnya fardhu kifayah. Berikut tata caranya.
  • Shalat Hadiah Bagi Jenazah, Apa Maksudnya?
    Tips
    Kamis, 17 Juni 2021 - 09:59 WIB
    Alam kubur akan menjadi tempat berikutnya bagi mereka yang sudah meninggal. Di alam inilah, sang mayit akan menerima nikmat dan azab atau siksa kubur sesuai dengan amal perbuatannya selama di dunia.
  • Sahkah Iitikaf di Masjid Rumah untuk Hindari Covid-19?
    Tips
    Sabtu, 02 Mei 2020 - 16:31 WIB
    Melaksanakan ibadah itikaf di ruangan dalam rumah yang dikhususkan untuk salat hukumnya boleh dan sah dilakukan bagi perempuan menurut Imam Abu Hanifah.
  • Jamaah Haji Lakukan Lempar Jumrah dengan Protokol COVID-19
    Dunia Islam
    Selasa, 20 Juli 2021 - 15:23 WIB
    Mengenakan masker, sebagai bagian dari protokol kesehatan COVID-19, para jamaah ambil bagian dalam ritual melempar jumrah dengan sekantung batu yang disterilkan
  • 7 Rukun Sholat Jenazah Lengkap dengan Niat dan Doanya
    Tips
    Selasa, 14 Juni 2022 - 13:53 WIB
    Umat muslim hendaknya mengetahui 7 rukun sholat jenazah lengkap dengan bacaan niat dan doanya. Berdasarkan syariat, sholat jenazah hukumnya fardhu kifayah.
  • Syeikh KH Sirojuddin Ilyas: Doa Bersama Kita Harapkan Jadi Vaksin COVID-19
    Dunia Islam
    Senin, 05 April 2021 - 18:40 WIB
    Menurut Sulthonul Mursyid Syekh KH Sirojudin Ilyas Al-Arif Billah, Doa Bersama dilaksanakan dengan tujuan memohon kepada Allah agar pandemi COVID-19 diangkat dan dicabut dari bumi Indonesia.
  • Lafaz Niat dan Bacaan Doa Ketika Salat Jenazah
    Tausyiah
    Kamis, 10 September 2020 - 17:34 WIB
    Kewajiban umat muslim terhadap muslim lainnya yang meninggal adalah mensalatkannya setelah memandikannya kemudian menguburkannya. Berikut lafaz niat dan doa salat jenazah.
  • Qustul Hindi, Obat Herbal Covid-19 yang Bersumber dari Hadis Nabi
    Hikmah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 14:59 WIB
    Penceramah kondang Ustaz Adi Hidayat pernah mengungkap temuan herbal Covid-19 yang bersumber dari Hadis Nabi Muhammad. Berikut nama herbal yang dimaksud berikut cara mengonsumsinya.
  • Sholat Jenazah Setelah Ashar, Bolehkah?
    Tausyiah
    Rabu, 24 Februari 2021 - 11:57 WIB
    Hadis Nabi menegaskan bahwa salah satu waktu terlarang mendirikan sholat adalah bakda Ashar. Lalu, bagaimana hukum mengerjakan sholat jenazah setelah Ashar, bolehkah?